7 Keistimewaan Kota Tarakan Yang Wajib Kalian Ketahui

7 Keistimewaan Kota Tarakan. Kota Tarakan Kaltim merupakan kota terbesar yang berkembang dan maju di Kalimantan Utara. Kota Tarakan memiliki luas wilayah 250,80 km² dan berpenduduk sekitar 239.787 jiwa. Tarakan menurut data yang diluncurkan oleh pusat penelitian kota terkaya  se-Indonesia menempati posisi peringakat kota terkaya ke-17 di Indonesia. Kota Tarakan dikenal juga sebagai kota terbersih yang berhasil meraih adipura tiga kali berturut-turut. Kota Tarakan dikenal sebagai Kota Paguntaka dengan semboyan KOTA BAIS.

Kata BAIS merupakan singkatan dari Bersih, Aman, Indah, dan Sejahtera. Kota Tarakan juga salah satu kota yang maju dan berstatus kota madya dari beberapa daerah yang ada di Kalimantan Utara seperti, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, dan Kabupaten Tana Tidung. Kota Tarakan memiliki beberapa keistimewaan dari kota atau  kabupaten lainnya.


7 Keistimewaan Kota Tarakan - Images wikipedia.org

Berikut merupakan 7 Keistimewaan Kota Tarakan:


Tarakan Adalah Kota BAIS
Kota Tarakan adalah kota yang bersih, aman, indah, dan sejahtera atau sering disingkat dalam padanan kata yang memiliki filosofi kedaerahan yang kental yaitu BAIS. Bais merupakan bahasa dari Suku Tidung yang bermakna baik atau bagus. Kebersihan Kota Tarakan memang tidak diragukan lagi, karena pernah mendapatkan Adipura tiga kali berturut-turut. Keamanan Kota Tarakan juga sangat kondusif bagi para wisatawan atau tourism yang ingin berkunjung. Buktinya, setiap wisatawan atau pun para pendatang di kota ini mendapatkan perlakuan yang sama. Keindahan Kota Tarakan juga membuat orang yang baru pertama kali menginjakkan kaki di kota ini terkagum-kagum melihat panorama kota yang memiliki tata kota yang menyerupai SINGAPURA. Kesejahteraan warga yang bertempat tinggal di kota ini juga sejahtera, mau penduduk asli atau pun pendatang semua merasakan kesejahteraan di kota ini, dengan berbagai sumber mata pencaharian yang begitu banyak, baik dari para pekerjka kantoran negeri maupun swasta, pedagang, nelayan, pengusaha rumput laut yang sekarang sedang digandrungi oleh banyak para nelayan.
Tarakan Kota Pusat Perdagangan
Kota Tarakan juga sebagai kota pusat perdagangan, baik eksport maupun import. Sebab kota ini memeiliki tempat yang sangat strategis dibandingkan daerah-daerah lain disekitarnya. Bahkan daerah ini sangat dekat dengan kota tetangga seperti, Malaysia, Singapura, Brunei, dan lainnya. Sehingga kota ini mengalami perkembangan di sektor perdagangan yang cukup tinggi yang mampu mendongkrak devisa APBD dan APBN.


Tarakan Little Singapore
Kota Tarakan memiliki letak geografis daerah dan tata kota yang menyerupai Negara Singapura. Saking indahnya kota ini sehingga dijuluki sebagai The Little Singapore atau Singapura Kecil. Keindahan kota ini menggambarkan keharmonisan masyarakat yang menjunjung tinggi keamanan dan kebersihan daerah ini. Pembangunan merata di mana-mana, Sarana pendidikan sudah mengalami perubahan yang cukup baik. Memiliki beberapa sekolah yang sudah bertaraf Internasional, memiliki beberapa Universitas yang baik. Oleh karena itu, masyarakat yang berada di sekitar Kota Tarakan banyak merantau ke kota ini untuk menimba ilmu.



Tarakan Kota Transit

Kota Tarakan juga dikenal dengan kota transit. Bgaimana tidak, hanya kota ini yang memiliki sarana transportasi yang memadai. Salah satunya, Bandara Internasional  Juwata Tarakan. Pesawat yang hilir mudik dari bandara ini menunjukkan kesiapan kota ini. Di sisi lain, biro perjalanan laut, hanya bisa masuk di kota Tarakan, sebab salah satu kota yang memiliki pelabuhan kapal besar. Sehingga masyarakat bisa melakukan perjalanannya dengan nyaman.

Tarakan Pusat Pembangunan
Kota Tarakan jika kita liat dari atas, nampak bahwa pembangunan kota ini sudah baik. Buktinya Pembangunan degung pencakar langit sudah banyak berdiri di kota ini. Di antaranya, tersedianya hotel-hotel yang beranekaragam bentuk dan harganya. mulai dari bintang satu sampai bintang lima. Hal, ini penting ketika para tourism berdatangan di kota ini, tentunya mereka akan membutuhkan tempat beristirahat atau tempat tinggal. Serta meratanya pembangunan sekolah dari kota hingga ke pelosok daerah yang ada di Kota Tarakan.



Tarakan Kota Ragam Budaya
Tarakan juga kota yang penuh ragagm budaya. Buktinya, ketika peringatan hari jadi atau hut Kota Tarakan. Pesta rakyat yang sering dilakukan dalam perlombaan pentas seni dalam peringatan Iraw Tengkayu. Keragaman budaya juga dihadirkan. Mulai dari pentas seni dan budaya masyarakat suku tidung, bugis, jawa, toraja, batak, bahkan china dengan barongsainya. Semua berlangsung harmonis.


Tarakan Penuh Kearifan Lokal
Kota Tarakan juga kaya akan kearifan lokal. Hal ini dibuktikan dengan keragaman masyarakat kota tarakan. Dalam hal perkawinan, bisa kita lihat kearifan lokal berbagai masyarakat muncul. Tidak sampai di situ, hal ini juga sering kita jumpai yaitu pelarangan atau adat pantang larang yang diberlakukan oleh masing-masing suku yang ada di kota Tarakan.
Penasaran pemandangan kota tarakan? tonton video berikut ini:


Inilah 7 Keistimewaan Kota Tarakan. Semoga Bisa Bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa share ke sosial media untuk semakin bangga dengan Tarakan.