7 Pola Hidup Sehat dan Benar


Kebanyakan orang tidak sadar terhadap apa yang ia kerjakan selama ini. Ada beberapa kebiasaan buruk yang selalu dilakukan oleh orang kebanyakan. Mereka tidak tahu bahwa apa yang sering ia lakukan itu telah membawa dampak yang buruk bagi dirinya. Bahkan kebiasaan buruk ini bisa berakibat fatal bahkan bisa menyebabkan kematian. Kebiasan ini secara tidak kita sadari sering sekali kita lakukan.

7 Pola Hidup Sehat dan Benar
Pola Hidup Sehat - Images wikipedia.org
7 Pola Hidup Sehat dan Benar

1.     Minum lebih banyak air putih dipagi hari, malam lebih sedikit.

Meminum air putih amat penting bagi asupan tubuh. Mengkonsumsi air putih setiap harinya minimal 8 gelas dalam sehari atau setara dengan 1.5 liter. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa meminum air putih hendaknya mengikuti rambu-rambu yang benar. Ketika di siang hari yang mana aktivitas yang padat membuat kita kehilangan kalori yang menyebabkan dehidrasi. Maka perlu baginya meminum air putih minimal 8 gelas. Namun, ketika malam telah tiba, yang mana tubuh sedang dalam kondisi beristirhat maka mengkonsumsi air putih pun hendaknya minimal dua gelas, satu gelas ketika hendak tidur di malam hari dan satu gelas lagi ketika terbangun di pagi hari.

2.     Jawablah telepon menggunakan telinga sebelah kiri

Ketika telepon genggam kita bergetar dan bordering, tanpa sadar kita mengangkat telepon itu dengan menggunakan telinga kanan. Ketika kita menggunakan telinga kanan sinyal radiasi akan meningkat hingga 100 kali lipat. Hal ini akan menyebabkan pusing, mata berkunang-kunang, kontraksi saraf di kepala, dan bahkan hingga menyebabkan stroke hingga kematian. Maka, solusinya adalah ketika Anda sedang menelpon maka sebaiknya gunakan telinga kiri ketika Anda sedang telponan.

3.     Jangan minum obat dengar air dingin

Ketika sakit, kebiasaan buruk yang sering kita lakukan adalah meminum obat dengan menggunakan air dingin. Dengan mengkonsumis obat menggunakan air putih dingin akan menyebabkan lambatnya pelarutan pada obat tersebut. Sehingga ketika obat itu lambat untuk larut, maka ia akan meninggalkan ampas, dan ampas ini akan hinggap ke saluran ginjal yang bisa berakibat pada rusaknya organ ginjal dalam tubuh. Maka disarankan bagi kita untuk dapat meminum obat dengan menggunakan air putih hangat, sehingga proses pelarutannya bisa lebih cepat dan dapat diserap oleh tubuh.


4.     Jangan makan-makanan berat setelah jam 10 malam

Mengkonsumsi makanan yang sehat merupakan komponen terpenting bagi tubuh. Asupan protein bagi tubuh hendaknya harus terpenuhi untuk dapat menopang suplemen yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber kekuatan (sistem imun). Memakan makanan berat ketika jam larut malam merupakan kebiasaan buruk yang terkadang sering diindahkan. Ketika kita makan makanan berat di malam hari, maka akan terjadi penumpukan lemak jenuh di dalam tubuh yang bisa mengakibatkan munculnya berbagai penyakit. Seperti, ginjal, liver, jantung dan saluran pencernaan. Karena ketika kita mengkonsumsi makanan berat di malam hari, yang mana pada saat malam hari kita sedang beristirahat, aktivitas yang kita lakukan tidak menimbulkan banyak gerakan sehingga pembakaran kalori tubuh tidak harmonis. Oleh karena itu, hindari makan di malam hari. Sebaiknya makanlah sekitar pukul 05.00 sampai dengan pukul 07.00 malam. Sehingga proses pelarutan dan pembakaran kalori dalam tubuh dapat berjalan harmonis dan seimbang.

5.     Jam tidur yang paling baik jam 10 mlm sampai jam 5 pagi.

Beristirahat di malam hari merupakan bentuk kepedulian kita terhadap kesehatan tubuh. Yang mana waktu sehat tidur di malam hari adalah sebaganyak 8 jam yang di mulai dari jam 10 malam hingga jam 05 pagi. Sehingga ketika bangun kita dalam kondisi yang bugar (fresh), sehingga pekerjaan pun akan dilakukan dengan optimal.

6.     Jangan terlalu cepat berbaring setelah meminum obat.

Ketika setelah meminum obat, sebaiknya jangan langsung merebahkan diri untuk berbaring. Sebab, obat yang kita minum belum masuk secara sempurna ke dalam perut melalui usus, maka hendaknya ketika kita meminum obat tunggulah beberapa saat sampai obat yang kita minum sudah diserap oleh tubuh secara sempurna.

7.     Ketika battery hp tinggal satu jangan angkat telpon karena radiasi meningkat hingga 100 kali

Terakhir adalah hal buruk yang sering disepelekan oleh seseorang adalah mengangkat telepon ketika battery hp dalam kondisi low (baterai habis). Hal ini dapat menyebabkan radiasi yang luar biasa bahkan sampai mencapai radiasi hingga 100 kali lipat. Dengan radiasi yang meningkat seperti itu, akan berdampak pada gangguan terhadap sistem motorik otak. Yang mana di dalam otak mengandung banyak struktur saraf yang sangat peka terhadap rangsangan radiasi. Sehingga hal ini dapat berakibat fatal pada otak. Maka, hal yang perlu Anda lakukan adalah; cas lah hand phone Anda terlebih dahulu hingga penuh, atau ketika menggunakan hp sebaiknya Anda menggunakan headset untuk mencegah radiasi. Perhatian!: jangan gunakan hand phone ketika kondisi hand phone sedang terisi atau dicharger.


0 Response to "7 Pola Hidup Sehat dan Benar"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !