Cara Mudah Bersedekah Melalui HP

Sedekah Transfer HP - Images wikimedia.org

Cara Mudah Bersedekah Melalui HP. Cara mudah bersedekah menggunakan hand phone (HP) merupakan cara bersedekah yang paling cerdas. Terkadang banyak orang bersedekah hanya untuk pamer (riya) dengan tujuan ingin dipuji oleh manusia lainnya. Menyebut namanya beserta gelarnya yang berderet seolah-olah kekayaannya tidak akan habis dimakan tujuh turunan. Hal ini sering kita jumpai dilingkungan sekitar kita. Perilaku seperti ini tidaklah baik menurut norma atau aturan Islam. Pasti Anda bingungkan, mengapa tema tulisan kali ini aneh dan nyeleneh. Emang bisa apa bersedekah melalui HP. Jawabannya jelas bisa teman-teman. Maksudnya bersedekah melalui HP adalah, dengan meminta daftar layanan zakat yang ada di kota Anda masing-masing atau boleh juga di luar daerah Anda, kemudian minta nomor rekening resmi tempat penyaluran zakat tersebut. Tinggal transfer deh….Gampang bukan……Dengan begitu kita akan jauh dari sifat pamer (riya) teman-teman, kerahasiaan sedekah kita telah dirahasiakan oleh tempat penyaluran zakat. Dan usaha kita untuk berbagi terhadap sesama bisa kita tunaikan kawan.


Berikut adalah beberapa cara mudah bersedekah menggunakan HP:


Kunjungi Tempat Layanan Penyaluran Zakat (Baznas)

Langkah pertama yang Anda lakukan adalah dengan mengunjungi tempat layanan penyaluran zakat di kota Anda. Terkadang banyak rumah-rumah zakat, infaq, dan sedekah yang menyediakan tempat penyaluran secara illegal. Hal ini sudah menjadi rahasia umum. Menggunakan berbagai cara untuk meraup keuntungan yang besar dengan menjual nama Baznas. Maka, perlu bagi Anda mengkroscek terlebih dahulu apakah tempat layanan zakat ini legal atau illegal. Anggap saja itu bagian dari silaturahmi dan kepedulian Anda pada orang lain yang ada disekitar Anda.

Pelajari Track Recordnya


Langkah kedua adalah pelajari track record lembaga zakat tersebut. Sudah berapa zakat, infaq atau sedekah yang telah disalurkan selama satu tahun ini. Jika track recordnya bagus dan benar, maka barulah Anda bisa menjadi donatur pada lembaga atau layanan zakat tersebut.

Bacalah Visi Misi Baznas


Setiap lembaga atau layanan sosial kemasyarakatan pasti memiliki visi dan misi yang riil. Mintalah visi dan misi lembaga zakat itu, dan bacalah visi misinya. Apakah visi misinya sudah benar atau tidak. Jika kebenaran visi misi itu tidak sesuai dengan track record lembaga tersebut, sebaiknya periksa terlebih dulu dan tindaklanjuti, khawatirnya lembaga zakat tersebut berarti lembaga tersebut bukan lembaga resmi atau bisa jadi 'lembaga zakat abal-abal.'


Mintalah Rekening Resmi 


Setelah memeriksa secara detil tentang lembaga zakat tersebut dan diyakini kebenarannya, barulah Anda meminta nomor rekening bank resmi yang dimiliki lembaga zakat tersebut. 


Transfer Sedekah/Zakat Anda Sesuai Selera


Setelah rekeningnnya sudah ada ditangan Anda. Maka tergantung Anda lagi, berapa besaran zakat atau sedekah yang akan Anda sumbangkan atau bayarkan. Semuanya sesuai selera Anda kawan.


Semoga Sedekah Anda Menjadi Amal Jariyah


Harapan kita bersama semoga amal ibadah zakat atau sedekah Anda dihitung pahala oleh Allah Swt dan dilipatgandakan sebagai amal jariyah yang senantiasa mengalir. Aaamiin.

Semoga beberapa cara mudah bersedekah melalui HP ini bisa membantu Anda dalam berzakat atau bersedekah. Dan semoga sedekah Anda diterima di sisi-Nya




2 Responses to "Cara Mudah Bersedekah Melalui HP"

  1. ponsel juga memudahkan kita untuk bersedekah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, itulah seharusnya dilakukan, menjadi smartphone sebagai ladang amal, bukan malah diperbudak teknologi...

      Delete

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !