Khasiat dan Manfaat Daun Kumis Kucing


Tumbuhan Kumis Kucing - Images wikipedia.org

Khasiat dan Manfaat Daun Kumis Kucing. Kumis kucing atau dikenal dalam bahasa latinnya Otrhosiphon Grandiflarus adalah tumbuhan semak yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, terutama negara-negara beriklim tropis. Keunggulan dan khasiat kumis kucing dibandingkan tanaman obat lainnya adalah adanya kandungan minyak atsisi, saponin, sapofonin, sinensetin, mioinositol, zat semak dan kalium. Berbagai penelitian tentang khasiat kumis kucing ini menurut para pakar adalah obat yang tidak mengandung efek samping.

Berikut ada beberapa khasiat dan manfaat daun kumis kucing:


Mengobati Sakit Pinggang


Daun kumis kucing memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Mengobati sakit pinggang yang sering disebabkan karena kecapean dalam bekerja dan mengangkat beban berat. Rebus daun kumis kucing dengan air mendidih. Kemudian minum segelas air rebusan kumis kucing dua kali sehari. Dijamin sakit pinggang yang Anda derita akan segera hilang.

Melancarkan Air Kemih


Selain sebagai obat bagi sakit pinggang, tumbuhan kumis kucing juga sebagai obat untuk melancarkan air kemih. Membersihkan air kehih dan melancarkan pencernaan. Sehingga mencegah dari berbagai penyakit yang disebabkan karena pembuangan air kemih tidak lancar.


Menghancurkan Batu Ginjal


Daun kumis kucing juga bermanfaat untuk mencegah dari terjadinya pembentukan batu ginjal. Rebusan daun kumis kucing jika dikonsumsi secara teratur mampu menghancurkan dan meleburkan batu ginjal yang timbul diakibatkan karena proses pencernaan tidak lancar atau bisa juga disebabkan sistem kerja ginjal tidak berfungsi secara efektif. Dengan rutin mengkonsumsi daun kumis kucing mampu membantu kinerja ginjal menjadi lebih baik. 

Mengobati diabetes


Selain itu, daun kumis kucing juga mampu untuk membantu mencegah dan menyembuhkan kencing manis (diabetes). Rebusan kumis kucing ini jika rutin di minum kandungan kaliumnya mampu untuk mencegah dan melindungan tubuh dari berlebihnya kadar gula dalam tubuh sehingga mampu untuk menetralisisir dan mencegah terjadinya kencing manis (diabetes).


Mengobati keputihan


Kumis kucing juga ternyata mampu untuk mengobati keputihan yang sering dialami wanita. Kandungan zat yang terdapat dalam kumis kucing ini mencegah terbentuknya keputihan pada kesehatan orangan vital wanita. Yang mana keputihan ini bisa menyebabkan pemicu terbentuknya kanker serviks atau mium sehingga sulit untuk memiliki keturunan.

Mengobati masuk angin


Rebusan daun kumis kucing yang diseduh secara hangat mampu untuk mengeluarkan masuk angin. Minumlah secangkir rebusan kumis kucing ketika Anda sedang masuk angin, kandungan zatnya mampu untuk merangsang dan mengeluarkan angin dengan cepat.

Semoga tulisan sederhana ini mampu memberikan solusi untuk Anda dalam mengatasi berbagai permasalahan kesehatan Anda. 

0 Response to "Khasiat dan Manfaat Daun Kumis Kucing"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !