Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu

Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu. Mengkudu memiliki nama latin Morinda Citrofilia dan termasuk dalam famili Rubiaceae. Buah mengkudu memiliki sebutan atau nama yang beragam diantaranya Pace, Kemudu, Kudu (Jawa), Cangkudu (Sunda), Kodhuk (Madura), Wengkudu (Bali), dan masih banyak lagi penyebutannya menurut daerah-daerah yang ada di Indonesia. Buah mengkudu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah mengkudu memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Karena buah ini memiliki kandungan senyawa Terpenoid, Zat Anti Bakteri, Asam Arkobat, Scopeletin, Zat Anti Kanker, Xereonine, serta memeiliki nutrisi lengkap bagi keperluan tubuh manusia.


Berikut adalah beberapa Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu:


Melancarkan Peredaran Darah

Buah mengkudu merupakan buah yang yang mampu melancarkan peredaran dan menjaga sistem kerja jantung. Kandungan zat di dalamnya mampu membersihkan darah kotor dalam tubuh, dan penyempitan dan penyumbatan pada pembuluh darah dapat teratasi dengan baik. Sehingga peredaran darah pun menjadi lancar. 


Membunuh Bakteri Berbahaya dalam Tubuh

Buah mengkudu telah melakukan uji penelitian dari berbagai laboratorium. Terdapat dalam buah mengkudu terkandung zat anti bakteri yang mampu mencegah cepatnya pertumbuhan bakteri serta membunuh bakteri yang ada dalam tubuh. Zat anti bakteri ini memberikan perlindungan dan memperkuat daya tahan tubuh kita sehingga bakteri yang masuk sulit untuk menembus sistem imun. 


Memiliki Zat Anti Terhadap Serangan Kanker

Penyakit yang paling ditakuti oleh sebagian besar orang adalah kanker. Kanker ibarat sebuah virus yang sangat ganas. Saking ganasnya, ketika sel kanker ini diangkat maka sel tersebut akan tumbuh lagi dan membentuk sel kanker baru. Menurut penelitian yang diteliti para peneliti Taiwan, bahkan sel kanker ini hanya bisa dibunuh melalui bahan alam yang mengandung zat anti kanker. Nah, dari berbagai herbal alami dari alam yang mengandung zat anti kanker ini hanya terdapat pada buah mengkudu. Dalam buah mengkudu terkandung zat anti kanker yang mampu melindungi dan membunuh sel-sel kanker dalam tubuh.

Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain sebagai obat yang mampu membendung tubuh dari serangan virus-virus berbahaya, buah mengkudu juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh (imuniologi). Ketika daya tahan tubuh kita memiliki tingkat daya tahan yang tinggi maka virus yang akan masuk dalam tubuh akan menjauh dengan sendirinya, sebab, konsumsi buah mengkudu yang kita minum dengan cara membuat jus mampu untuk meningkatkan daya tahan tubuh hingga 7 kali lipat.


Membantu Mengatasi Peradangan dan Alergi

Buah mengkudu juga mampu mengatasi peradangan dan alergi. Kandungan zat Xereoninenya mampu mengatasi peradangan dan alergi yang disebabkan dari berbagai gejala, baik yang disebabkan oleh makanan maupun cuaca yang menyebabkan terjadinya peradangan yang disebabkan bakteri atau kuman.


Mengatasi Hipertensi

Salah satu manfaat dari buah mengkudu adalah mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi). Hipertensi ini sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan terbukanya segala penyakit dalam tubuh. Bahkan sampai penyakit mematikan nomor satu di dunia, seperti jantung koroner, stroke, diabetes, gagal ginjal, dan kerusakan hati. Namun, jika Anda rutin mengkonsumsi buah ini secara teratur akan membawa dampak baik untuk kesehatan tubuh.


Menyembuhkan Batuk

Kandungan yang terdapat dalam buah mengkudu juga mampu meredakan dan menyembuhkan batuk.  Batuk jika dibiarkan berlarut-larut bisa menyebabkan kerusakan pada paru-paru. Paru-paru dipenuhi dengan dahak yang menyebabkan pernafasan terganggu dan kurangnya pasokan oksigen sehingga tidak jarang orang yang mengalami hal tersebut pingsan tiba-tiba, bahkan bisa mengeluarkan batuk darah. Oleh karena itu, konsumsilah buah mengkudu secara rutin dua kali sehari. Proses pembuatannya bisa dibuat jus sehingga proses penyerapan dalam tubuh dapat terserap dengan baik.


Mengobati Sakit Kuning (Hepatitis)

Buah mengkudu ini juga berfungsi sebagai obat penyakit kuning (hepatitis). Hepatitis adalah peradangan pada hati karena toxin, seperti kimia, atau obat ataupun agen penyebab infeksi. Hepatitis yang berlangsung dari enam bulan disebut hepatitis akut atau kronis. Hepatitis bisa disebabkan karena virus, terutama dari salah satu dari kelima virus hepatitis, yaitu A, B, C, D, E. Hepatitis bisa terjadi karena virus lainnya seperti mononucleosis infeksiosa, demam kuning dan infeksi sitomegalovirus. Penyebab hepatitis non virus adalah alcohol dan obat-obatan. Salah satu obat yang mujarab untuk menyembuhkan penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi secara teratur sari buah mengkudu. Karena buah mengkudu berfungsi sebagai anti virus yang mampu menangkal virus dalam tubuh.


Mengobati Sakit Perut

Ketika perut mengalami kontraksi dan peradangan, hal ini disebabkan oleh virus atau bakteri yang menyerang lambung. Perut merupakan sarangnya penyakit, sebab pola makan yang kurang baik mampu meanmpung semua kuman atau bakteri dalam perut. Misalkan, ketika hendak makan maka cucilah tangan Anda terlebih dahulu. Sebab, tangan merupakan sarangnya kuman yang menghubungkannya untuk masuk ke dalam perut. Maka dari itu, buah mengkudu juga bermafaat untuk membunuh virus yang ada dalam perut.

Mengobati Demam dan Masuk Angin

Ketika Anda merasa kondisi tubuh kurang fit, dan serasa mau demam, maka alternative yang baik sebagai pilihan utama Anda adalah dengan mengkonsumsi sari bauh mengkudu. Sejatinya buah ini mampu untuk mengusir masuk angin dan meredakan demam. 


Mengatasi Kulit Bersisik

Buah mengkudu adalah buah seribu macam penyakit, salah satunya adalah mengenai masalah kulit. Kulit bersisik terkadang bisa saja menyerang siapa saja. Hal ini membuat kulit terasa kasar dan tidak mengenakkan. Maka, solusi yang tepat untuk dapat mengatasi masalah kulit bersisik ini yaitu dengan mengkonsumsi sari buah mengkudu. Buah mengkudu mampu mengatasi permasalahan kulit bersisik yang disebabkan karena virus atau bakteri jahat.

Inilah ulasan singkat dan sederhana yang kami hadirkan untuk Anda. Semoga bisa bermanfaat dan dapat menjadi bahan rujukan Anda terhadap segala permasalahan yang sedang Anda alami. 

0 Response to "Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !