Tema Musabaqah Makalah Al-Qur’an (MMQ) Tingkat Provinsi Kalimantan Utara 2015

Tema Musabaqah Makalah Al-Qur’an (MMQ) 2015. Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) baik di tingkat kelurahan, kecamatan, kota/kabupaten, dan tingkat Provinsi Kalimantan Utara telah digelar. Semua daerah turut serta meramaikan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ). Seiring perkembangan zaman yang terus bergulir , setiap orang juga harus mampu melek teknologi yang senantiasa berkembang setiap saat. Namun, yang satu ini tidak bisa dihilangkan dari budaya kita, yaitu penggunaan dan pemanfaatan mesin tik portable yang klasik dan unik. Saking uniknya, perlombaan dalam MTQ pun dikemas sedemikian rupa guna melestarikan mesin tik ini dalam sebuah cabang lomba yang bernama Musabaqah Menulis Makalah Al-Qur'an (M2KQ) yang kemudian berganti nama lagi menjadi Musabaqah Makalah Ilmiah Al-Qur'an (M2IQ), dan baru-baru ini berganti lagi menjadi Musabaqah Makalah Al-Qur'an (M2Q). 


MTQ-MMQ - Images pagunpost.com


Perubahan tersebut ditengarai oleh kebijakan pusat yang selalu berubah-ubah. Musabaqah Malah Al-Qur'an (M2Q) merupakan cabang lomba dalam MTQ yang memiliki tingkat kesulitan yang paling tinggi dari cabang-cabang lainnya. Sebab, penulisan makalah ini menggunakan mesin tik portable meskipun zaman sekarang ini telah banyak perkembangan IT yang tersedia seperti, laptop, gadget, I phone dan lain sebagainya. Kenapa dalam penulisa M2Q tidak diperkenankan menggunakan laptop dan sejenisnya? Karena dalam penulisan ini bertujuan untuk mencetak penulis-penulis yang mampu mengekplorasi pikirannya ke dalam tulisan yang mendalam. Jika penulisannya menggunakan laptop, keaslian tulisan sudah tidak bisa dipertanggungjawabkan lagi. 

Oleh karena itu, Menulis Makalah Al-Qur'an (M2Q) tidak sembarangan, perlu pengembangan tulisan yang sarat akan kajian-kajian Al-Qur'an dan tafsir. Sehingga tulisan ini berbeda dari tulisan dalam penulisan makalah ilmiah murni. Musabaqah Makalah Al-Qur'an adalah bentuk tulisan ilmiah yang bersifat narasi dan populer. Populer di sini artinya, tulisan tersebut dapat diketahui dan dipahami oleh orang awam atau masyarakat.

Baca juga: Kiat-kiat Jitu Jago Menulis Karya Tulis Ilmiah Alquran

Dalam membuat Makalah Al-qur'an yang harus diperhatikan adalah kesesuaian judul yang Anda buat dengan tema besar. Kemudian koherensi tulisan yang Anda tulis hendaknya saling sambung-menyambung sehingga pesan tulisan dapat tersampaikan.

Musabaqah Makalah Al-Qur'an tahun ini hanya sampai pada tingkat provinsi saja. Sebab, pada tahun ganjil hanya berupa STQ bukan MTQ. Pada tahun 2015 ini ada dua tema besar yang akan dijadikan patokan dalam membuat judul makalah Al-Qur'an. Berikut adalah tema yang akan digunakan:


 TEMA STQ-M2Q Tahun 2015:


1. Nasionalisme dalam Konsep Islam

Nasionalisme dalam Konsep Islam merupakan sebuah kepedulian atau cinta tanah air. Dalam Islam memang nasionalisme ini memiliki perbedaan pendapat para ulama. Namun, Konsep Nasionalisme menurut Konsep Islam perlu untuk Anda hadirkan dalam tema atau judul yang Anda tulis. Dalam Islam Nasionalisme lebih identik terhadap pembelaan terhadap kebenaran dalam konsep Jihad. Nah, makna jihad sekarang telah mengalami pergeseran dari fungsi jihad yang sebenarnya. Banyak orang yang menyalahgunakan makna jihad itu sendiri. Oleh karena itu, tugas Anda nantinya mampu meluruskan kembali makna dan fungsi jihad yang sebenarnya. Jihad bukan hanya dipandang dengan kita mengangkat senjata atau pedang untuk berperang. Melainkan jihad bisa ditempuh dengan mengharumkan nama baik nusa, bangsa, dan agama. Misalnya, dengan menuntut ilmu, mengikuti perlombaan sains dan sea games yang bisa mendongkrak nama negara bisa dipandang oleh negara lain. Atau dalam hal ini adalah dengan jihad melalui dakwah. Dakwah bisa berupa lisan dan tulisan. Nah, mengikuti Musabaqah Makalah Al-Qur'an khususnya bidang M2Q dengan tulisan yang Anda tuangkan Anda sudah berdakwah, apalagi jika tulisan Anda bisa dipublikasikan ke khalayak ramai atau publik.


2. Keluarga dan Pembentukan Karakter Anak Bangsa 

Tema yang kedua adalah mengenai Keluarga dan Pembentukan Karakter Anak Bsangsa. Degradasi atau kemorosotan moral dewasa ini sudah tergolong atau berstatus awas. Kenapa demikian? Karena perkembangan teknologi yang berkembang pesat tidak mampu dibentung oleh masyarakat masa kini. Sehingga, bisa kita lihat, sejak kecil orangtuanya sudah berani membekali anaknya dengan media teknologi tanpa adanya kontrol dan pengawasan yang berkala pada anak-anak mereka. Sehingga, anak-anak zaman searang sudah mengenal apa namanya pacaran, dewasa sebelum waktunya, dan tidak jarang terjadi pembangkangan anak terhadap orangtuanya. Hal ini perlu pertimbangan orangtua secara serius. Sebab, ketika pola asuh terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak tidak baik maka, jangan salahkan anak Anda jika ketika ia besar sikapnya tidak seperti yang Anda inginkan.


Itulah sekilas info mengenai tema besar pada STQ-M2Q tahun 2015. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi rujukan Anda dalam membuat makalah Al-Qur'an yang berkualitas. 

0 Response to "Tema Musabaqah Makalah Al-Qur’an (MMQ) Tingkat Provinsi Kalimantan Utara 2015"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !