Tips Agar Cepat Kelar Skripsi

Salam Mahasiswa!
Menyelesaikan tugas akhir atau skripsi merupakan dambaan setiap mahasiswa sebagai bukti kredibilitasnya sebagai seorang mahasiswa. Banyak mahasiswa yang berkutat pada skripsi yang hanya mutar pada bab itu-itu saja bahkan ada yang belum mengerti arah dari skripsi yang akan ia buat. Setiap konsultasi bukan solusi yang didapat malahan mendapatkan makian dan cacian dari dosen pembimbing. Hingga terlewat beberapa dekade semester, bahkan sudah menjadi mahasiswa yang kadaluarsa di kampus. Tentunya sobat tidak mau kan berlama-lama dikampus dengan rutinitas yang begitu-begitu saja dan membosankan. Berikut ini akan saya paparkan beberapa Tips Agar Cepat Kelar Skripsi.


Tips Agar Cepat Kelar Skripsi


1.          Rencanakan sejak dini

Skripsi Mode-wikipedia.org
Rencana (planning) dalam pekerjaan apa saja amatlah dibutuhkan. Dengan adanya perencanaan tentang apa yang akan kita lakukan, maka segala bentuk pekerjaan kita memiliki arah dan tujuan yang jelas. Begitu juga dengan tugas akhir yang sudah menjadi pekerjaan mahasiswa tingkat atas. Penyusunan skripsi hendaknya diawali dengan menyusun rencana dalam bentuk kerangka yang disebut dengan proposal penelitian dalam sebuah outline atau dapat pula dengan menggunakan maindmap untuk lebih memudahkan kita dalam menyusun kerangka awal pembuatan skripsi. Perencanaan penyusunan skripsi ini pada dasarnya sudah dapat kita susun ketika kita berada di semester tiga atau empat. Kenapa kita harus menyusun skripsi sejak dini? Dengan sudah tersusunnya kerangka skripsi maka kita akan mudah dalam menyusun skripsi untuk tahap selanjutnya. Kebanyakan mahasiswa menyusun skripsi ketika sudah mendekati semester akhir. Hasilnya skripsi yang ia susun mengalami penentangan dari dosen pembimbing karena bahasa yang disajikan dalam bentuk tulisan tidak cukup matang untuk di jadikan bahan penelitian. Maka, sebagai seorang mahasiswa kita perlu cerdas menyikapi berbagai persoalan tentang pembuatan skripsi ini. Jangan menganggap remeh penyusunan skripsi, buktinya banyak mahasiswa yang menunda sidangnya ataupun bahkan ada yang mundur teratur ketika berhadapan dengan skripsi. Jadi, kerjakan skripsi Anda mulai dini sehingga ketika sudah semester akhir Anda sudah tidak pusing lagi memikirkan skripsi dan Anda sudah bisa santai ketika teman-teman Anda pada sibuk mengerjakan skripsi dan mengejar-ngejar dosen pembimbingnya.


2.          Cari dan temukan permasalahan yang hendak diangkat

Menyusun sebuah skripsi yang berkualitas amat sulit didapatkan di berbagai universitas. Kebanyakan mereka mengadopsi skripsi orang lain kemudian memodifikasinya dengan mengembangkan pola pikirnya berdasarkan alur pikirannya.  Maka dari itu, perlu bagi kita mencari permasalahan yang lagi up to date atau terbaru bahkan kalau bisa temukan permasalahan yang belum pernah diangkat oleh orang lain. Sehingga kesan keaslian skripsi Anda bisa dipertanggungjawabkan. Ketika Anda sudah menemukan permasalahannya, maka Anda akan mencaritahu di mana letak dan duduk perkaranya. 

3.          Buat Rumusan Masalah

Ketika Anda telah menemukan permasalahannya. Maka yang selanjutnya Anda lakukan adalah membuat rumusan masalah dari topik permasalahan yang Anda ingin angkat. Perumusan masalah ini bisa berupa pertanyaan (apakah, mengapa, bagaimana, sejauhmana, berapa, dan siapakah, dan lain-lain) dan bisa juga berbentuk pernyataan. Rumusan masalah boleh lebih dari satu rumusan masalah, boleh dua, tiga, sampai lima rumusan. Rumusan masalah penting dalam sebuah penyusunan skripsi atau karya  tulis ilmiah. Karena dari rumusan masalah itu seseorang akan mengetahui  ke mana arah tulisan ini akan disampaikan.


4.          Identifikasi Masalah

Tahapan selanjutnya adalah identifikasi masalah. Ketika rumusan masalah sudah disusun. Maka ada baiknya anda memilih satu dari sekian banyaknya rumusan masalah itu untuk lebih mengarahkan rumusan masalah Anda pada judul yang Anda akan angkat. Pilih rumusan masalah yang lebih mengena dengan judul skripsinya Anda. Dan sesuai dengan permasalahan apa yang Anda akan jadikan sentral untuk  skripsi Anda. Sehingga, skripsi yang Anda susun tidak terlalu lebar pembahasannya, dan lebih tepat sasaran. 

5.          Cari data primer dan skunder

Ketika Anda ingin menyusun sebuah skripsi yang berkualitas, maka Anda harus menyiapkan sumber rujukan atau sumber bacaan yang mendukung pembuatan skripsi Anda. Pencarian ini dapat ditempuh dengan dua cara yaitu bisa berupa pencarian data bentuk primer maupun sekunder. Data primer adalah data yang pokok sesuai dengan skripsi yang Anda angkat, misalnya buku-buku yang relevan sesuai genre tulisan yang akan Anda susun. Sedangkan data sekuender adalah data pendukung lainnya seperti lampiran-lampiran yang mendukung kuatnya tulisan yang Anda sajikan.

6.          Bacalah referensi yang relevan dengan judul skripsi Anda

Setelah referensi baik primer dan sekuender telah terpenuhi. Maka yang Anda harus lakukan adalah membaca. Mengapa membaca itu penting? Karena Anda tidak akan mampu untuk menyusun skripsi Anda jika tidak membaca sumber data yang Anda gunakan. Baik kuatnya data kualitatif (kepustakaan) maupun kuantitatif yang akan Anda gunakan nantinya. Membaca adalah jendela dunia. Bacalah buku-buku yang akan Anda gunakan dalam penyusunan skripsi Anda sehingga skripsi Anda sarat akan kualitas isi yang membuat dosen pembimbing Anda senang ketika membaca tulisan Anda. 


7.          Tulislah skripsi Anda diawali dari hal yang Anda senangi

Menulis sebaiknya dilakukan dari hal-hal terkecil yang Anda senangi. Ketika Anda senang maka tulisan yang Anda tuliskan akan memberikan kesan tersendiri pada diri Anda. Jadi, janganlah menulis sesuatu yang berat, mulailah dari menulis sesuatu yang ringan dan membuat Anda tidak pusing tujuh keliling. Sedikit-demi sedikit tulisan Anda akan menjadi bukit yang kaya akan tulisan berkualitas. Memulai menyusun skripsi terlebih dahulu dapat dimulai dari menulis tentang halaman persembahan, kata pengantar, dan tentang profil diri Anda. Biasanya ketika Anda menulis hal-hal yang Anda senangi pasti kehadiran hati dalam menulis akan muncul. Sehingga tulisan terkadang terkesan penuh dengan keluasan kata dan makna. Jadi, jangan memikirkan tulisan Anda akan seperti apa wujudnya nanti, tapi tulislah dari hal-hal yang Anda senangi.

8.          Jika otak Anda buntu, refreshinglah dengan keluar rumah

Menulis memang seperti naik gunung. Perlu kerja ekstra untuk dapat sampai ke puncak gunung. Akan tetapi prosesnya akan terasa indah ketika kita jalani dengan ikhlas. Begitu pula dengan menulis skripsi. Menulis skripsi memang butuh perjuangan. Dari berbagai hambatan yang bersumber dari diri sendiri, seperti, sifat malas, tidak punya ide, dan otak keram sekalipun itulah perjuangan. Bahkan hambatan ini juga bisa muncul dari factor eksternal seperti dosen yang killer, idealis, mau benar sendiri, otoriter, bahkan sampai pada cacian dan makian hingga naskah proposal skripsi kita di coret-coret terus. Tetaplah bersabar. Itu bagian dari ujian. Janganlah berputus asa kawan. Ketika tidak ada ide untuk menulis keluarlah sejenak dari rumah. Refresh otak dengan berjalan-jalan menghirup udara segar, boleh jadi nanti Anda akan menemukan ide ketika Anda sedang berada di luar rumah. Jadi, tetap semangat kawan.!

9.          Kunjungi sebanyak mungkin toko buku

Ketika otak Anda buntu dan keram seakan mau meledak. Silakan  tutup laptop Anda. Hentikan kegiatan menulis skripsi Anda. Keluarlah dan pergilah ke toko buku terdekat di kota Anda. Dengan kunjungan Anda ke toko buku, siapa tahu akan membuka pikiran Anda, merilekskan otak Anda yang keram tadi menjadi lebih enjoy. Cari buku yang sesuai dengan tema skripsi Anda kemudian bacalah buku itu dengan santai. Dengan begitu ide yang tadinya buntu akan mengalir deras seperti keran air yang terbuka lebar dan mengalir deras. 

10.    Tulislah skripsi Anda sekarang juga!

Terakhir yang Anda lakukan adalah tulislah apa yang ada di otak Anda. Jangan sungkan-sungkan tulis saja. Jangan memikirkan sistematika dan retorikanya. Yang penting tulis saja dulu. Mengedit tulisan ketika menulis itu hukumnya haram! Setelah semua tulisan Anda kelar, barulah Anda mengedit ulang tulisan Anda kembali. Dengan begitu Anda akan tahu apa yang seharusnya Anda perbaiki dengan tulisan Anda itu. Jadi, jangan tunggu lama-lama lagi tulislah sekarang juga.!

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang lagi pusing mengerjakan skripsi yang tak kunjung kelar. Yang otaknya keram dan geram dengan dosen pembimbing yang mencoret-coret skripsi Anda. Jangan putus asa, gunakan trik jitu Anda untuk meluluhkan hati dosen permbimbing Anda dengan kata-kata yang Anda tuliskan dalam skripsi Anda yang berkualitas.

0 Response to "Tips Agar Cepat Kelar Skripsi"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !