Tips Lulus Ujian Nasional


Tips Lulus Ujian Nasional
UN-wikipedia.org Tips Lulus Ujian Nasional
Sebentar lagi Ujian Nasional (UN) akan digelar di seluruh sekolah di Indonesia.  Apakah Anda sudah mempersiapkan diri untuk menyambut UN di tahun ini? Jangan takut, yakinkan diri Anda kalau Anda mampu dan layak untuk lulus dengan predikat terbaik di Ujian Nasional tahun ini. Di mana-mana banyak yang phobia ketika UN telah tiba. Bahkan ada yang pingsan mendadak ketika ujian sedang berlangsung dikarenakan grogi dan takut tidak lulus di Ujian Nasional. Dan ironisnya lagi ada yang rela bunuh diri ketika dinyatakan tidak lulus ujian nasional. Anda jangan khawatir, sebab UN yang sekarang bukanlah sebagai penentu kelulusan melainkan sebagai barometer atau tolak ukur untuk peningkatan mutu pendidikan. Akan tetapi, Ujian Nasional amatlah penting guna peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Pasti Anda ingin tahu bukan bagaimana Tips Lulus Ujian Nasional.

Tips Lulus Ujian Nasional


1.            Sersan (serius tapi santai)

Sersan adalah kepanjangan dari serius tapi santai. Keseriusan dalam belajar amatlah dibutuhkan. Akan tetapi, belajar jangan dijadikan momok yang menakutkan. Jadi, perlu bagi Anda untuk dapat merelaksasi diri supaya otak tidak keram, saraf tidak putus, dan stress tidak melanda diri Anda. Jadi upayakan belajar sedikit demi sedikit yang penting rutin dilakukan. Dan belajarlah senyaman mungkin sehingga Anda tidak merasa terbebani oleh pelajaran yang sedang Anda pelajari.

2.            Manajemen Waktu dalam Belajar

Waktu perlu dikelola dengan baik dan bijak. Terkadang seseorang amat sulit untuk dapat mengatur waktunya seperti yang diharapkan. Upayakan dalam sehari untuk belajar apa yang telah kita dapatkan disekolah. Jadi ketika ujian tiba kita tidak lagi belajar eksta keras untuk memahami setiap mata pelajaran yang ada. Belajarlah sedikit tapi rutin daripada belajar sebanyak-banyaknya dan mengorbankan waktu tidur dan istrirahat Anda  di malam hari. Kebiasan seperti itu bukan malah membuat Anda menjadi paham melainkan apa yang Anda pelajari tidak ada artinya dan tidak ada gunanya, malah bisa berakibat fatal pada kondisi kesehatan tubuh Anda nantinya.

3.            Hindari Belajar Sistem SKS

Terkadang seseorang rela menunda-nunda belajarnya untuk sesuatu yang tidak penting. Seperti, bermain, jalan-jalan, dan berbelanja menghambur-hamburkan uang dengan shoping di mall. Hal ini jika dilakukan terus menerus akan menjadi kebiasaan buruk yang merugikan diri Anda sendiri. Padahal kewajibannya sebagai seorang pelajar adalah belajar untuk menopang masa depannya kelak. Bahkan belajar sepanjang hayat adalah sebuah kewajiban. Ketika ujian telah tiba, seseorang rela mengurangi waktu tidurnya untuk belajar full sehari semalam. Hal ini dikenal dengan istilah belajar dengan SISTEM KEBUT SEMALAM (SKS). Belajar dengan model seperti itu tentunya tidaklah baik untuk Anda. Sebab, waktu istirahat yang seyogyanya Anda gunakan untuk tidur di malam hari malah sebaliknya Anda gunakan untuk bergadang demi menyambut ujian esok hari. Justru bukannya Anda menjadi paham melainkan Anda akan mengantuk ketika di kelas. Maka dari itu, hindarilah belajar dengan sistem seperti itu. Demi kebaikan diri Anda sendiri.

4.            Nikmati Jam Tambahan Pelajaran (bimbel)

Biasanya sekolah menyediakan bimbingan belajar (bimbel) untuk memantapkan persiapan peserta didik dalam ujian nanti. Nah, bimbel ini memang menyita waktu Anda. Akan tetapi, bimbel ini juga memiliki nilai plus bagi Anda karena dengan adanya jam tambahan di sekolah yang disediakan sekolah secara gratis Anda akan lebih siap menyambut ujian nasional nantinya. Jika Anda ikut bimbel di luar sekolah biasa menghabiskan recehan Anda. Biasanya bimbel di luar sekolah butuh biaya yang sangat mahal. Maka, nikmatilah bimbel yang diadakan disekolah, mumpung gratis dan tidak meronggoh gocek Anda.


5.            Jangan Remehkan Ujian Try Out

Keuntungan lainnya selain bimbel, setiap bulan terakhir seluruh sekolah biasanya mengadakan tes try out dan tes daya serap. Tes ini juga penting, sebab soal yang di try outkan adalah simulasi dari soal-soal ujian nasional. Setidaknya Anda sudah mendapatkan gambaran bagaimana ujian nasional yang sesungguhnya. Jadi, persiapan Anda akan lebih matang dalam menyabut ujian nasional. Jadi, jangan anggap remeh ujian try out dan tes daya serap yang diadakan disekolah Anda.

6.            Belajar Kelompok di Rumah

Untuk menopang diri Anda agar lebih mapan dalam menyambut ujian nasional, maka Anda bisa melakukannya dengan membuat tim belajar kelompok bersama teman-teman. Hal ini juga cukup membantu Anda dalam mengerjakan ujian nanti. Sebab, kadar kemampuan Anda dengan teman Anda pastinya berbeda-beda. Ada yang cepat dalam memahami setiap pelajaran dan ada pula yang lamban dalam memahami pelajaran. Maka belajar kelompok penting guna menolong teman-teman Anda yang kurang mampu dalam memahami pelajaran. Membantu teman itu kebaikan. Kebaikan itu bernilai pahala kawan.


7.            Berdoalah

Ketika usaha sudah Anda lakukan sebaik dan semaksimal mungkin. Kegiatan yang terakhir adalah doa. Berdoa bukanlah senjata cadangan kawan, tapi berdoa itu adalah senjata Andalan. Usaha maksimal sudah kita lakukan tinggal persetujuan dari Tuhan saja yang kita tunggu. Dan semoga kawan semua bisa lulus yah di ujian nasional tahun ini. Aaamiin.

Terima kasih sudah membaca tulisan ini semoga bermanfaat bagi Anda semua. Dan jangan lupa membaca tulisan kami lainnya: Tips Agar Cepat Kelar Skripsi.

0 Response to "Tips Lulus Ujian Nasional"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !