5 Keistimewaan Provinsi Kalimantan Utara

5 Keistimewaan Provinsi Kalimantan Utara.  Kalimantan Utara merupakan hasil pemekaran dari Kalimantan Timur. Potensi Kalimantan Utara terbentuk tidak lepas dari perjuangan para pemikir dan pemerhati Kalimantan Utara. Kalimantan Utara merupakan provinsi termuda di Indonesia. Provinsi Kalimantan Utara menjadi suatu provinsi terpisah dari Kalimantan Timur sudah diajukan sejak tahun 2000-an. Dengan melalui proses yang panjang akhirnya Provinsi Kalimantan Utara resmi memisahkan diri dari Kalimantan Timur pada tanggal 25 Oktober 2012. 

Kalimantan Utara terdiri dari empat kabupaten dan satu kota di antaranya, Kabupaten Bulungan sebagai Ibu Kota Provinsi Kalimantan Utara, Kota Tarakan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan, dan Kabupaten Tana Tidung. Kalimantan Utara adalah sebuah provinsi yang kaya akan keindahan alamnya serta menjadi pusat destinasi wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Kalimantan Utara memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh provinsi lain yang ada di Indonesia.


5 Keistimewaan Provinsi Kalimantan Utara

Provinsi Termuda di Indonesia

Provinsi Kalimantan Utara merupakan provinsi termuda di Indonesia dari pemekaran Provinsi Kalimantan Timur. Kalimantan Utara adalah salah satu provinsi yang berkembang bukan hanya dari sektor pembangun akan tetapi sektor perdagangan, kelautan, dan prekonomian. Kalimantan Utara merupakan provinsi yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya mansusia. Hal ini dibuktikan dari cepatnya pertumbuhan dan pembangunan provinsi Kalimantan Utara.

Provinsi Dengan Kekayaan Alam yang Kaya dan Melimpah

 Provinsi Kalimantan Utara adalah provinsi yang masyarakatnya heterogen. Kekayaan dan sumber daya alamnya amat kaya. Tergantung bagaimana sumber daya manusianya yang mengelolanya. Mulai dari pertanian, kelautan (tambak), serta perdagangan. Hasil dari sumber daya alam yang bisa kita lihat adalah daya jual ikan dan udang yang sudah bisa menembus perdagangan internasional hingga ke daerah tetangga seperti, Malaysia, Singapura, Jepang, Taiwan, Thailand, dan negara eropa. Hasil ekspor tersebut membawa pengaruh baik bagi negara di mata negara lain.

Kaya Akan Kearifan Lokal

Provinsi Kalimantan Utara selain daerah yang kaya sumber daya alam juga sebagai  daerah yang kaya akan kearifan lokal. Kearifan lokal suatu daerah memiliki peran penting tersendiri bagi kemajuan sebuah daerah. Daerah Kalimantan Utara terdiri dari lima daerah yang memiliki kearifan lokal yang beraneka ragam mulai dari pesta perkawinan, adat pantang larang, dan kearifan lokal terhadap alam sekitar. Kalimantan Utara merupakan daerah yang kaya akan hutan mangrove. Kearifan lokal masyarakat kaltara adalah menjaga ekosistem hutan mangrove tempat monyet bekantan hidup. Bekantan merupakan jenis monyet yang sangat dilindungi oleh pemerintah.

Memiliki Sumber Daya Manusia Yang Unggul

Masyarakat Provinsi Kalimantan Utara adalah provinsi yang sedang berkembang. Perkembangannya dapat dilihat dari mapannya finansial daerah Kalimantan Utara. Masyarakatnya yang beranekaragam jenis dan sukunya saling bahu-membahu untuk turut serta dalam membangun Provinsi Kaltara menjadi provinsi yang maju dan mapan.

Pusat Destinasi Wisatawan 

Provinsi Kalimantan Utara merupakan sebuah provinsi muda yang suatu saat nanti akan menjadi destinasi wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Perkembangan Provinsi Kaltara didukung oleh letak geografis kedaerah yang strategis. Kekayaan alam daerah ini dengan keanekaragaman tempat wisata membuat para wisatawan selalu berkunjung kedaerah ini.  Provinsi Kalimantan Utara memiliki tempat wisata yang nyaman dan indah. beberapa di antaranya adalah: Pantai Amal, hutan mangrove, Air terjun, panorma laut yang indah, hutan yang asri, dan wisata traveling yang mengasyikkan.

Memiliki Keindahan dan Panorama Eksotik

Kalimantan Utara memiliki keindahan alam yang indah dan eksotik. Keindahannya terlihat ketika Anda berada di ketinggian dan melihat dari atas keindahan hutan yang terbentang luas, kekhasan laut yang biru merona, serta keasrian alam semesta yang membuat Anda tidak ingin bergegas pergi meninggalkan Kalimantan Utara. 

Trade Centre

Selain kaya akan keindahan alamnya, Kalimantan Utara juga merupakan trade centre yang menghubungkan sistem perdagangan dari satu daerah ke daerah lainnya. Perdagangan di Kalimantan Utara mengalami peningkatan yang sangat drastis. Hal ini dibuktikan tingginya tingkat ekspor rumput laut hingga ke luar negeri. Trafik perdagangan rumput laut dan udang menjadikan Kalimantan Utara Unggul dibidang perdagangan pasar bebas dunia.

Inilah sekilas warta berita tentang 5 Keistimewaan Provinsi Kalimantan Utara. Semoga Bermanfaat dan bisa menjadi rujukan referensi Anda dalam mengetahui Provinsi Kalimantan Utara. Kami Bangga Menjadi Masyarakat Kalimantan Utara. Silakan kunjungi artikel kami lainnya: 7 Keistimewaan Kota Tarakan, Rahasia Meraih Sukses di Ussia Muda, Tips Cara Cepat Kelar Skripsi, dan Tips Lulus Ujian Nasional.