7 Trik dan Tips Jitu Lulus Ujian Nasional dengan Sistem CAT 2015 - PAGUNPOST -->

7 Trik dan Tips Jitu Lulus Ujian Nasional dengan Sistem CAT 2015

7 Trik dan Tips Jitu Lulus Ujian Nasional dengan Sistem CAT 2015. Siapa sih yang tidak mau Lulus Ujian Nasional? Pasti semua siswa yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional melalui media internet (Media CAT) menginginkan Lulus dengan Nilai terbaik. Seiring perkembangan informasi dan teknologi yang berkembang pesat, maka pendidikan pun telah menempuh jalur ini. Menggunakan media internet untuk melakukan Ujian Nasional pada tahun 2015. Semakin canggih media informatika dan teknologi semakin canggih pula media yang ditawarkan. Media Computer Assisted  Test (CAT) ini amat membantu dan mempermudah kebutuhan pendidikan. 

Sama halnya ketika media CAT ini dipakai pada tes Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 2013-2014 lalu. Dengan adanya simulasi CAT justru lebih mempermudah Anda dalam menyelesaikan soal-soal yang telah diberikan dan hasilnya akurat tanpa ada rekayasa, karena nilai akan keluar secara langsung, ketimbang dengan menggunakan metode manual berupa lembar LJK. Nah, pada tahun kali ini Kementerian Pendidikan juga telah melaunching-kan media Ujian Nasional dalam bentuk Ujian Sistem CAT pada tanggal 13 April 2015 pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK). Namun, dalam pelaksanaan tes Ujian Nasional berupa media CAT tidaklah mudah seperti apa yang Anda bayangkan. Hal ini akan menjadi sulit jika Anda tidak tahu Trik dan Tips Jitu Lulus Ujian Nasional.




Cara Lulus Ujian Komputer (CAT)


1. Kenali Terlebih Dahulu Apa Itu Sistem CAT

Masyarakat Indonesia pada umumnya dan civitas pendidikan pada umumnya yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional (UN) 2015 mendapatkan kabar gembira. Pasalnya UN pada tahun ini yang juga telah disampaikan oleh Kemendikbud akan menggunakan sistem ujian online atau menggunakan media internet dalam menjawab soal-soal ujian. Hal ini tentunya lebih mempermudah pemerintah dalam mensukseskan Sistem Pendidikan Nasional. Dengan adanya media berupa Computer Assisted Test (CAT) akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dan keunggulan dari sistem CAT ini adalah adanya relevansi dan kejujuran dalam mengerjakan soal. Sebab, sistem CAT langsung mengeluarkan hasil nilai yang telah dikerjakan oleh masing-masing siswa, sehingga meminimalisir adanya ketidakjujuran dalam UN.


2. Pahami Sistem Kerja CAT

Sistem Computer Assisted Test (CAT) merupakan metode seleksi yang digunakan berupa software dengan menggunakan alat bantu komputer yang telah distandarkan. Tujuan pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini menggunakan sistem CAT adalah untuk mempercepat proses pemerikasaan dan laporan hasil ujian dengan menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional. Banyak sekali keunggulan yang bisa didapat dari sistem penggunaan media CAT ini diantaranya: peseta tes dapat mendaftarkan melalui internet, peserta tes dapat memperoleh nilai secara langsung, komputer telah menyediakan seluruh materi pelajaran yang akan diujiankan, penilaian dilakukan secara objektif, dan peserta ujian dapat mengakses dengan mudah terhadap pencapaian hasil skor yang telah diperoleh.


3. Seringlah Berlatih Menggunakan Media Simulasi CAT

Ala bisa karena biasa. Jargon ini sudah masyur terdengar ditelinga kita. Agar Anda dapat mudah menyelesaikan sistem paket soal yang telah disediakan oleh sistem CAT, maka sering-seringlah Anda berlatih menggunakan media simulasi CAT. Tujuannya untuk membiasakan diri pada soal-soal yang nantinya akan ditampilkan oleh sistem CAT pada saat pelasanaan Ujian Nasional (UN). Simulasi sistem CAT ini dapat membantu Anda dalam mengenal bentuk-bentuk soal yang akan keluar nantinya, sehingga Anda tidak akan kaku dan terkejut lagi ketika berhadapan dengan sistem CAT ini.
Baca juga: Cara Mengetahui Potensi Diri

4. Bacalah dan Pahami Soal yang Ada Pada CAT

Membaca adalah cakrawala dunia. Tanpa membaca Anda tidak akan mampu untuk mengerjakan apa saja tugas atau ujian Anda. Maka dari itu, seringlag membaca meskipun sedikit tapi sering, daripada belajar full sehaian kemudian esok harinya tidak atau sama halnya dengan Sistem Kebut Semalam (SKS). Pola belajar seperti ini bukan membuat Anda menjadi paham malah justru akan membuat Anda lemes dan tidak semangat dalam mengerjakan soal ujian disebabkan Anda mengantuk tidak tidur semalaman. Oleh karena itu, baca dan pahami soal-soal yang ada pada sistem CAT.



5. Gunakan Buku Bantu Soal-Soal UN Terbaru

Alternatif pembelajaran lainnya adalah gunakanlah buku bantu yang menyediakan paket soal UN terbaru dengan cara meminjam atau membeli buku-buku relevan dengan UN. Hal ini bisa membantu Anda agar lebih mudah untuk mengerjakan soal-soal yang ada pada sistem CAT. Dalam mempelajari buku panduan UN pilihlah kata kunci (key word) yang sesuai atau terupdate atau terbaru. Sehingga Anda tidak ketinggalan informasi mengenai perubahan soal ujian. Serta sering-seringlah mencari informasi terbaru mengenai pelaksanaan Ujian Nasional yang menggunakan media CAT.

6. Konsultasikan Kesulitan Anda Pada Guru

Belajar sendiri itu baik, tapi yang terbaik adalah belajar kelompok bersama teman-teman yang memiliki kompetensi mumpuni terhadap pelajaran yang akan di UN-kan nantinya. Metode belajar bersama ini memiliki keunggulan yang lebih, ketika kita menghadapi permasalahan di mata pelajaran tertentu, dengan adanya teman yang mampu maka kita bisa bertukar pikiran terhadap apa yang tidak kita pahami. Dan hal yang terpenting adalah konsultasikanlah kesulitan Anda kepada guru yang kompeten di bidangnya masing-masing. Sehingga pada saat UN nanti, Anda lebih terbantu dalam menyelesaikan Ujian  Nasional yang berbasis pada internet itu.



7. Berdoalah Agar Anda Lulus Ujian Nasional

Terik terakhir adalah berdoalah. Berdoa amat penting, karena tanpa pertolongan-Nya kelulusan tidak akan pernah hingga dalam diri Anda. Doa bukanlah senjata cadangan, tapi doa adalah senjata andalan. Ketika usaha di atas tadi sudah Anda lakukan, maka jurus terakhir yang Anda lakukan adalah berdoa agar nantinya di Ujian Nasional Anda dipermudah, diberikan kepahaman, dan lulus dengan predikat terbaik. Aaamiin. UN Komputer Assisted Test (CAT), Siapa takut???

Itulah sebuah paparan sederhana mengenai 7 Trik dan Tips Jitu Lulus Ujian Nasional dengan Sistem CAT, semoga cara lulus ujian komputer ini bermanfaat.

0 Response to "7 Trik dan Tips Jitu Lulus Ujian Nasional dengan Sistem CAT 2015"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan/masukan, silakan tulis di kolom komentar.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel