Pembukaan MTQ Kecamatan Tarakan Timur Ke- 13_Peserta Cabang M2Q Minim

Pembukaan MTQ Kecamatan Tarakan Timur Ke- 13_ Peserta Cabang M2Q Minim. Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kecamatan Tarakan Timur Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara malam tadi telah resmi dibuka. Acara dimulai pukul 08.00 hingga berakhir pada pukul 10.00. Kafilah dari Tarakan Timur yang berasal dari 7 kelurahan yang tersebar di wilayah Tarakan Timur secara totalitas berjumlah  sekitar 133 orang. Kelurahan Lingkas Ujung 20 peserta, Kelurahan Gunung Lingkas, 19 peserta, Kelurahan Mamburungan 29 peserta, Kelurahan Pantai Amal 22 Peserta, Kelurahan Kampung Empat 20 peserta, Kelurahan Kampung 6 18 peserta, dan Kelurahan Mamburungan Timur 12 perserta.

MTQ Kec. Tartim - Images pagunpost.com
Masing-masing dari cabang lomba ini masih banyak formasi yang tidak terisi penuh dari masing-masing kelurahan. Hal ini terlihat pada cabang lomba Musabaqah Makalah Al-Qur'an (M2Q). Dari tujuh kelurahan yang ada di Kecamatan Tarakan Timur hanya ada 6 peserta yang terdaftar dalam cabang lomba M2Q diantaranya berasal dari Kelurahan Mamburungan dua peserta, Kampung 4 satu peserta, Pantai amal dua peserta, dan kampung 6 satu peserta. Mengapa peserta M2Q tidak sebanyak yang diharapkan? Karena hal ini disinyalir masih banyak masyarakat yang  kurang mengetahui keberadaan cabang lomba baru ini.

Acara MTQ yang baru saja di buka  tanggal 6 Maret 2015 seharusnya sudah berlangsung pada bulan Februari yang lalu. Mundurnya MTQ disyinyalir karena beberapa faktor salah satu diantaranya berbenturan dengan Ujian Tengah Smester (UTS) yang diadakan di sekolah. Maka daripada itu, pemerintah dan pihak terkait mengundur pengadaan MTQ guna kepentingan peserta yang masih menempuh jenjang pendidikan.

Adapun tema besar MTQ-M2Q pada tahun ini beracuan pada tema yang diterbitkan oleh Pusat Pengembangan Tilawatil Qur'an Provinsi Kalimantan Timur yaitu:

1. Nasionalisme dalam Konsep Islam
2. Keluarga dan Membangun Karakter Anak Bangsa

Pada tahun 2012-2013 yang lalu Kelurahan Mamburungan telah berhasil mempertahankan kejuaraannya namun ketika peserta MTQ banyak yang pensiun alias batas umur telah kadaluarsa, maka prestasi gemilang Mamburungan pun padam. Begitu pula di tingkat Kota Tarakan. Tarakan Timur pada tahun 2012-2013 masih tetap bertahan pada posisi juara umum, namun ketika tahun 2014 lalu Tarakan Timur berada pada posisi kedua.

Semoga pada tahun 2015 ini Tarakan Timur mampu untuk merebut kembali kejuaraan yang telah direbut oleh Tarakan Tengah tahun lalu. Sehingga Kafilah dari Tarakan Timur bisa berhelat dan lebih semangat untuk dapat sekuat tenaga meraih kejuaran di tingkat Provinsi Kalimantan Utara. Nah, pada tahun ini sebenarnya Kalimantan Utara sudah seyogyanya melaksanakan MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Utara namun berhubung belum ada Pengurus LPTQ Provinsi Kaltara maka pada tahun ini Kalimantan Utara masih bergabung dengan Provinsi Kalimantan Timur.

Inilah sekilas info mengenai dunia MTQ  Semoga bermanfaat dan sebagai sarana berbagi berita dan informasi seputar dunia per-MTQ-an. Silakan kunjungi artikel lainya di www.pagunpost.com.

0 Response to "Pembukaan MTQ Kecamatan Tarakan Timur Ke- 13_Peserta Cabang M2Q Minim"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !