Tips Agar Anak Mudah Hafal Qur’an dengan Otak Kanan

Tips Agar Anak Mudah Hafal Qur’an. Teramat sulit bagi sebagian orang untuk menyuruh anaknya untuk menghafal Al-Qur’an. Bahkan merasa tidak yakin dan impossible bisa menghafal Al-Qur’an yang begitu tebal. Semua orangtua pasti mengingingkan sosok seorang anak yang shalih dan shalihah. Yang berbakti kepada ibu bapaknya. Penghafal Al-Qur’an memiliki manfaat yang begitu banyak, salah satunya ketika di akhirat kelak, ia bisa mengangkat dan menyelamatkan sepuluh keluarganya dari sisksa api neraka. Berikut ada beberapa tips agar anak mudah menghafal Al-Qur'an.

Hafal Qur'an dengan Otak Kanan - Images wikipedia.org

Tips Agar Anak Mudah Hafal Qur’an dengan Otak Kanan. 


1.    Berniatlah Kepada Allah Agar Anak Anda Mampu Untuk Menghafal Al-Qur’an 

Niatkan kepada Allah agar kelak anak Anda bisa menghafal Al-Qur’an. Memiliki anak penghafal Qur’an merupakan kebanggaan setiap orangtua.  Amat sulit sekali orangtua mendidik dan membimbing anak-anaknya agar mudah untuk menghafal Al-Qur’an. Oleh karena itu, berniatlah dan bergiatlah Anda untuk senantiasa membimbing anak Anda dalam menghafal Al-Qur’an. Dengan niat yang sungguh-sungguh maka Insya Allah untuk memiliki seorang anak penghafal Al-Qur’an akan segera terwujudkan.

2.    Biasakan Anak mendengarkan Bacaan Al-Qur’an Sejak dalam Kandungan

Ketika Kandungan istri Anda sudah berumur empat bulan atau lima bulan maka sering-seringlah Anda memperdengarkan bacaan ayat suci Al-Qur’an. Karena pada kondisi seperti ini bayi yang ada dalam kandungan sudah peka terhadap rangsangan. Ia sudah bisa mendengar apa yang dikatakan kedua orangtunya. Oleh karena itu, sering-seringlah membaca Al-Qur’an ketika kondisi umur kandungan Anda sudah berumur empat atau lima bulan. Sehingga bacaan Al-Qur’an yang And baca dapat terekam dalam ingatan anak Anda.

3.    Rancanglah rumah Anda dengan suasana Berbasis Al-Qur’an 

Merancang rumah menjadi sebuah surga adalah sesuatu yang mudah. Al-baiti Jannati (rumahku surgaku). Rancanglah rumah Anda dengan suasana Al-Qur’an sehingga ketika anak Anda telah lahir nanti, suasana yang pertama ia lihat adalah suasana Al-Qur’an. Karena seorang anak amat mudah sekali merekam segala apa yang ia lihat dan ia dengar. Dengan merancang rumah Anda dengan desain Al-Qur’an maka anak akan lebih mudah untuk menghafal Al-Qur’an.

4.    Ajarkan Anak mengenal huruf Al-Qur’an denga Otak Kanan

Mengajarkan anak dengan memperkenalkan bacaan Al-Qur’an dengan menggunakan otak kanan malah akan membuat seorang anak mudah untuk menghafal Al-Qur’an. Metode menghafal Al-Qur’an dengan otak kanan dapat berupa mendengarkan lantunan ayat Al-Qur’an dengan media seperti, earphone atau headseat atau juga dengan mendengarkan bacaan Al-Qur’an dengan Qur’an digital. Hal ini dapat membantu anak sekaligus mempermudah anak dalam menghafal Al-Qur’an.

Baca juga: Tips Ampuh Menghafal Cepat dengan Otak Kanan

5.    Jauhkan Anak dari Pengaruh Lingkungan yang Tidak Baik

Lingkungan adalah permasalahan terbesar terhadap tumbuhkembang seorang anak. Lingkungan adalah factor terbesar seorang anak menjadi baik dan buruk. Jika ia berada di lingkungan yang baik maka anak juga akan baik,. Akan tetapi jika anak berada di lingkungan yang buruk maka anak juga akan buruk, apalagi tidak ada kontrol dari kedua orangtuanya. Maka dari itu, pantaulah perkembangan anak Anda ketika ia berada di luar rumah. Jika seorang anak sudah terbentuk dengan lingkungan yang qur’ani maka anak juga akan mudah menjadi seorang penghafal Al-Qur’an.

6.    Berikan Reward kepada Anak Ketika ia Mampu menghafal Al-Qur’an

Memberikan penghargaan kepada anak merupakan kebanggan tersendiri bagi anak Anda. Anak senantiasa membutuhkan kasih sayang dan perhatian orangtuanya. Ketika Anda menyuruh anak Anda untuk menghafal Al-Qur’an, maka ketika ia telah menghafal Al-Qur’an maka Anda harus memberikannya sebuah penghargaan (reward). Sehingga anak dapat menjadi lebih percaya diri dan termotivasi untuk terus menghafal.

7.    Tes Secara Berkala Hafalan Al-Qur’an Anak Anda.

Keika anak Anda sudah menghafal surat atau juz yang terdapat dalam Al-Qur’an maka Anda harus sering-sering mengetes hafalan Qur’annya. Sehingga dengan muraj’ah bacaan Qur’an yang berkala dapat membantu meningkatkan hafal Qur’an anak Anda. Sehingg Anda mengetahui sudah sejauhmana hafalan Qur’an anak Anda.

Itulah beberapa Tips Agar Anak Mudah Menghafal Qur’an dengan Otak Kanan. Semoga bermanfaat bagi Anda yang menginginkan anak Anda mudah untuk menghafal Al-Qur’an. 

0 Response to "Tips Agar Anak Mudah Hafal Qur’an dengan Otak Kanan"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !