Cara Jitu dan Ampuh Mengetahui Perbedaan Batu Akik yang Asli atau Palsu

Cara Jitu dan Ampuh Mengetahui Perbedaan Batu Akik yang Asli atau Palsu Seiring perkembangan dunia batu akhir-akhir ini, batu seakan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi para penggiat batu akik. Batu akik semakin membahana di mana-mana. Bahkan baru-baru ini banyak diadakan kontes batu akik di seluruh daerah di Indonesia hingga Mancanegara. Kontes batu akik ini tidak jarang diikuti oleh orang-orang berduit, seperti para pengusaha dan para pejabat negara. Konon, kontes batu akik ini berhadiah hingga puluhan juta rupiah. Kegemaran para pecinta dan penggiat batu ini seakan menjadikan mereka naik daun khususnya di bidang bisnis batu. Bahkan penghasilan para penggiat batu ini jika dikalkulasikan sehari bisa sampai mencapai sekitar 2-5 jutaan perhari. Namun, semakin tinggi pangsa pasar batu akik ini semakin tinggi pula tingkat kecurangan yang dilakukan oleh pengusaha batu akik. Nah, penulis punya Cara Jitu  dan Ampuh Mengetahui Perbedaan Batu Akik yang Asli atau Palsu.


Batu Akik Asli atau Palsu, Bagaimana Cara Mengetahuinya?

1. Kenali dan Pahami Jenis-Jenis Batu

Memahami jenis batu merupakan pekerjaan yang membosankan dan menjenuhkan. Karena jenis batu amatlah beranekaragam jenis dan bentuknya. Akan tetapi, bagi penggiat dan pecinta batu hal menjenuhkan itu tidak berpengaruh sama sekali. Sebab, bagi yang hobi mengoleksi batu hendaknya mampu memahami apa saja jenis-jenis batu yang hendak atau ingin dicarinya. Batu akik telah membooming bahkan ke Mancanegara. Hal ini dipelopori oleh pemberian oleh-oleh atau kado dari Mantan Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Presiden Amerika Serikat yakni Barrack Obama. Batu yang diberikan oleh SBY kepada Obama adalah batu jenis Bacan bewarna hitam. Batu ini hanya terdapat di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal inilah yang menyebabkan terkenalnya batu Indonesia di Mancanegara.

2. Mengajak Orang yang Ahli Terhadap Batu

Ketika Anda ingin membeli batu hendaknya Anda membawa salah seorang kerabat atau teman yang mengerti dan ahli terhadap batu. Kenapa? Karena pada saat sekarang banyak oknum yang tidak bertanggung jawab menghalalkan segala cara untuk dapat meraup uang yang banyak. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya beredar jenis batu yang tidak mengandung nilai sama sekali. Hal inilah yang harus Anda perhatikan ketika Anda ingin membeli batu akik. Jangan sampai Anda tertipu dengan keindahan warna batu, bisa jadi itu adalah batu yang sudah dipoles, bukan batu natural atau sering disebut dengan fiber atau batu sintetis.

3. Jangan Terburu-Buru Membeli

Pada saat Anda ingin membeli batu akik, janganlah terburu-buru. Periksalah secara  teliti mengenai batu yang akan Anda beli. Pastikanlah batu itu asli bukan palsu. Karena telah banyak batu-batu yang beredar kini bukanlah jenis batu bongkahan asli dari pecahan batu akan tetapi merupakan batu kerikil yang tidak memiliki nilai keindahan. Batu sekarang bisa diolah menjadi batu yang indah dan unik meskipun bahan dasarnya itu berasal dari kerikil biasa. Jadi, bagi Anda para pecinta batu, jangan terburu-buru untuk membeli batu yang Anda inginkan sebelum Anda mengkroscek keasliannya.


4. Teliti dengan Baik Karena Batu Akik Asli atau Palsu Bisa dilihat Kasat Mata

Biasanya ada perbedaan mendasar antara batu asli dengan batu palsu. Terkadang batu asli nampak serat yang kasar dan alami (bukan dibuat-buat). Serat batu inilah yang bisa Anda gunakan untuk dapat membedakan mana batu asli atau palsu. Kalau batu palsu biasanya terlihat dari serat batu yang licin, licinya batu ini bukan atas pengolahan melainkan sudah seperti itu dari mulanya. Bahkan saat ini banyak jenis batu yang bukan berasal dari batu yang unik melainkan batu yang terbentuk dari unsur tanah.


5. Kenali Serat Batu

Apa itu serat batu? Dan apa kegunaan serta batu bagi para pembeli? Serat batu adalah sebuah garis kasar yang muncul di atas permukaan batu. Serat inilah yang mampu membedakan mana batu akik asli dan mana batu akik palsu. Batu akik asli meskipun diolah dengan semaksimal mungin warnanya tidak cepat sirna dan memudar. Sedangkan jikalau batu akik palsu ini biasanya seiring bertambahnya waktu warna batu itu akan semakin memudar tak berwarna. Jadi, jika Anda ingin membeli batu maka lihat terlebih dahulu apakah batu yang akan Anda beli itu mengandung serat atau tidak.

6. Siapkan Alat berupa senter, Kaca Pembesar dan lainnya

Sebelum Anda ingin membeli batu hendaknya Anda mempersiapkan beberapa alat yang dapat membantu Anda nanti ketika Anda akan membeli batu. Ada pun peralatan yang harus Anda siapkan dan Anda bawa adalah senter, kaca pembesar dan lain sebagainya. Hal ini amat perlu karena di tempat penjualan batu tidak menutup kemungkinan akan terjadi pembohongan dan penipuan. Sebab, semakin tinggi permintaan pembeli maka semakin tinggi pula tingkat kecurangan. Maka dari itu, persiapkan peralatan Anda untuk menghindari tindak penipuan batu akik.

7. Pergi ke Laboratorium Gamologi Untuk Cek Keaslian

Jika Anda masih ragu terhadap batu yang telah Anda beli, maka Anda bisa mengunjungi laboratorium gamologi yang khusus memeriksa bebatuan atau fosil. Hal ini semakin memperjelas dan mengecek keaslian batu yang baru saja Anda beli. Ketika Anda telah mengetahui batu itu adalah asli atau palsu Anda memiliki bukti untuk menuntut apa yang seharusnya menjadi hak Anda. Jika tidak, Anda berhak untuk melaporkannya ke pihak yang berwajib.


Inilah beberapa penjelasan mengenai Cara Jitu dan Ampuh Mengetahui Perbedaan Batu Akik yang Asli atau Palsu. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi Anda para penggiat dan pecinta batu. Silakan baca: Color Run 2015 di Tarakan Kalimantan Utara Ternyata Mengikis Kearifan Budaya Lokal, 7 Keistimewaan Kota Tarakan, 7 Pemuda Pembawa Perubahan Dunia Versi Michael Hart, dan Batu Akik Kalimantan Utara Digemari Hingga ke Mancanegara.

0 Response to "Cara Jitu dan Ampuh Mengetahui Perbedaan Batu Akik yang Asli atau Palsu"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !