Festival Iraw Tengkayu Kota Tarakan Kalimantan Utara 2015 Tahun Ini Tampil Beda

Festival Iraw Tengkayu Kota Tarakan Kalimantan Utara  2015 Tahun Ini Tampil Beda. Festival Iraw Tengkayu merupakan sebuah budaya masyarakat Suku Tidung di Kota Tarakan. Festival Iraw Tengkayu merupakan upacara tradisional  dan perlombaan yang diadakan setiap dua tahun sekali yang kebetulan bertepatan dengan Hari Jadi Kota Tarakan (Milad Kota Tarakan). Pasti Anda belum tahu bukan, apa sejarahnya kenapa Iraw Tengkayu menjadi sebuah budaya yang perlu dilestarikan? Baikla, penulis akan menjelaskan secara detil mengenai sejarah Iraw Tengkayu. Iraw Tengkayu merupakan budaya turun-temurun yang dilakukan oleh masyarakat suku Tidung, Tarakan Kalimantan Utara. Iraw Tengkayu sendiri mempunyai dua arti kata yang diambil dari bahas Tidung. Iraw berarti perayaan atau pesta, sedangkan tengkayu adalah pulau kecily yang dikelilingi oleh laut, yaitu pulau Tarakan.



Festival Iraw Tengkayu ini berintikan pada penurunan Padaw 7 Dulung. Padau dalam Bahasa Indonesia berarti perahu. 7 Dulung berarti tujuh tiang yang tertancap di atas perahu yang berhiaskan warna khas Suku Tidung, yaitu kuning, hijau, dan merah. Padaw 7 Dulung memiliki tiga haluan. Haluan pada bagian tengah dibuat tiga tingkat, sementara dua haluan lainnya yang ada di kanan dan kiri perahunya dibentuk menjadi dua tingkat. Jika dihitung dari masing-masing haluan adalah ada 7 tingkat. Angka 7 ini memiliki makna filosofi yang dalam. 7 mengisyaratkan 7 hari dalam seminggu yang dilambangkan sebagai kehidupan masyarakat dalam mencari penghidupan 7 hari dalam seminggu yang terus berulang.


Padaw 7 Dulung ini diangkat oleh para pemuda, dan warna perahunya dicat dengan bauran tiga warna yaitu kuning, hijau, dan merah. Warna kuning melambangkan kehormatan, dan di atasnya ada satu tiang yang melambangkan tentang Keesaan Tuhan yang Maha Esa. Pada bagian tengah Padaw 7 Dulung ada lima tiang yang melambangkan shalat 5 waktu dalam sehari semalam yang dilakukan oleh Umat Islam.

Festival Iraw Tengkayu ini diadakan dengan berbagai acara, diantaranya; expo, pameran, bazar, pentas seni dan budaya, lomba indie band (lomba cipta lagu), dan sebagainya. Biasanya acara pesta rakyat ini akan diselenggarankan hingga malam puncaknya tepat pada pergantian tahun baru. Kemeriahannya terasa lebih lengkap dengan adanya bintang tamu dari ibu kota yaitu para artis yang akan memeriahkan acara pesta rakyat pada tahun ini.

Baca juga: Festival Budaya Kaltara 2015 Disemarakkan oleh Artis Ibu Kota Hot

Mari kita dukung dan meriahkan Festival Iraw Tengkayu dengan hal-hal positif dengan membangun budaya lokal kota Tarakan. Serta saling menjaga dan cinta damailah bumi paguntaka.

Kami bangga menjadi warga Kota Tarakan, Kami Bangga menjadi warga Kalimantan Utara.

Itulah info mengenai Festival Iraw Tengkayu Kota Tarakan Kalimantan Utara 2015 Tahun Ini Tampil Beda. Semoga punya kebermanfaatan dan bisa menjadi salah satu destinasi yang menguntungkan bagi bumi paguntaka.

1 Response to "Festival Iraw Tengkayu Kota Tarakan Kalimantan Utara 2015 Tahun Ini Tampil Beda "

  1. Artikelnya bagus, ijin share di http://ksmtour.com yaa.. Terima kasih

    ReplyDelete

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !