30 Keutamaan Shalat Tarawih

30 Keutamaan Shalat Tarawih. Shalat tarawih merupakan shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari pada bulan ramadhan. Shalat tarawih dikerjakan setelah mengerjakan shalat isya empat rakaat. Adapun rakaat shalat tarawih dapat dikerjakan sebanyak 20 rakaat dan tiga rakaat witir sebagai aktivitas penutup shalat tarawih. Namun, bisa juga dikerjakan 8 rakaat dan ditutup tiga rakaat witir. Akan tetapi, untuk meraih kesempurnaan dan keutamaan shalat tarawih sebaiknya mengerjakan shalat tarawih sebanyak 23 rakaat. Tapi kenyataannya dilapangan ternyata banyak orang yang memilih melaksanakan shalat tarawih 11 rakaat ketimbang shalat  tarawih sebanyak 23 rakaat. Itulah manusia, senang mengerjakan perbuatan yang sedikit dan meninggalkan yang banyak pahalanya. Seandainya mereka tahu betapa banyak keutamaan shalat tarawih, pastinya mereka akan mendatangi shalat tarawih meskipun dengan merangkak. Karena barang siapa yang mampu melaksanakan shalat tarawih sebanyak 23 rakaat maka ia akan meraih keutamaan shalat tarawih. Sebagaimana telah disabdakan oleh Rasulullah Saw, yang diriwayatkan oleh Saidina Ali Ra, yang tertuang dalam kitab durratun nashihin hal 18-19.

Ilustrasi Shalat Tarawih
Malam Pertama: Dihapuskan dosanya seperti ketika ia dilahirkan

Ketika Anda mampu melaksanakan shalat tarawih pada malam pertama maka pahala yang Anda peroleh adalah meraih pengampunan dari Allah Swt, dan dosa yang terdahulu dihapuskan selayaknya seorang bayi yang baru dilahirkan ke muka bumi ini.

Malam Kedua: Diampuni dosa dirinya dan kedua oorangtuanya

Shalat tarawih pada malam kedua memiliki keutamaan yaitu meraih pengampunan dari Allah Swt atas dirinya dan juga atas kedua orangtuanya. Alangkah beruntungnya bagi mereka yang senantiasa melaksanakan shalat tarawih secara berjamaah di masjid dengan mengerjakannya secara kontinyu. 

Malam Ketiga: Diangkatnya amal dan dosanya yang telah lalu diampuni Allah Swt

Pada malam ketiga, barang siapa yang shalat tarawih maka Allah Swt akan mengangkat amal ibadahnya dan menghapuskan dosanya yang telah lalu. Pada malam ketiga ini adalah malam pengangkatan seluruh amal ibadah kita dan penghapusan seluruh dosa kita di masa lalu.


Malam Keempat: Memperoleh pahala seperti pahala membaca kitab Taurat, Zabur, Injil, dan Al-Qur'an

Alangkah beruntungnya seseorang yang rutin melaksanakan shalat tarawih tiap malam, baginya akan mendapat pahala yang besar seperti pahalanya orang yang membaca kita Taurat, Zabur, Injil, dan Al-Qur'an. Bayangkan saja, membaca satu kitab saja sudah diberikan pahala yang besar apalagi dmendapatdengan pahala membaca empat kitab.

Malam Kelima: Pahalanya seperti pahala shalat di Masjidil haram, Masjid Madinah, dan Masjidil Aqsa

Ketika kita mampu mendirikan shalat tarawih pada malam keempat maka Allah Swt akan memberikan dengan pahala yang besar layaknya pahala seseorang yang sedang shalat di masjidil haram, masjid madinah, dan masjidil aqsa.


Malam Keenam: Diberikan pahala Thawaf di Baitul Makmur dan Dimintakan ampun baginya oleh setiap batu

Pada malam keenam ini, barang siapa yang mampu melaksanakannya dengan penuh pengharapan penuh kepada Allah Swt dan niat ikhlas melaksanakannya maka, Allah Swt akan memberikannya pahala thawaf di baitul makmur dan seluruh batu yang ada mendoakan pengampunan atasnya.


Malam Ketujuh: Diberikan pahala yang diperoleh Nabi Musa As

Pada malam ketujuh ini, ketika kita mampu menunaikannya maka sesungguhnya Allah Swt, akan memberikan pahala seperti pahala yang pernah Allah Swt berikan kepada Nabi Musa As yang menolong dari kejahatan Fir'aun dan Hammam. 

Malam Kedelapan: Diberikan pahala seperti pahala yang diberikan pada Nabi Ibrahim As

Ketika kita mampu melaksanakan shalat tarawih pada malam kedelapan maka Allah Swt akan memberikan pahala seperti pahala yang diberikan kepada Nabi Ibrahim As.

Malam Kesembilan: Seperti Pahalanya Nabi Muhammad Saw

Alangkah beruntungnya bagi seorang yang mampu shalat tarawih pada malam kesembilan ini, karena barang siapa yang mampu melaksanakan shalat tarawih pada malam kesembilan, maka Allah Swt akan memberikan pahala seperti pahalanya Nabi Muhammad Saw.

Malam Kesepuluh: Diberikan rezeki dan kebaikan di dunia dan akhirat

Ketika kita mampu melaksanakan ibadah shalat tarawih pada malam kesepuluh, maka sesungguhnya Allah Swt akan membalasnya dengan memberikan rezeki dan kebaikan di dunia dan akhirat.

Malam Kesebelas: Pahalanya seperti ia terlahir kembali dari rahim ibunya

Pada malam kesebelas ini sesungguhnya ketika kita mampu untuk melaksanakan shalat tarawih secara berjamaah maka Allah Swt, akan memberikan pahala seerti ia terlahir kembali dari rahim ibunya. Bersih dari noda dan dosa.

Malam Keduabelas: Pada hari kiamat nanti wajahnya berseri-seri seperti bulan purnama

Ketika kita mampu mengerjakan shalat tarawih pada malam keduabelas ini, maka Allah Swt akan memberikan pahala pada hari kiamat nanti ia akan keluar dengan wajah yang berseri-seri layaknya cahaya bulan purnama.

Malam Ketigabelas: Pada hari kiamat nanti ia diselamatkan dari kejahatan 

Tentunya Anda ingin bukan menjadin salah seorang hamba yang memperoleh keselamatan pada hari kiamat nanti. Ketika Anda mampu melaksanakan shalat tarawih pada malam ketigabelas, maka Allah Swt akan menyelamatkan kita dari bentuk kejahatan pada hari kiamat.

Malam Keempatbelas: Dibebaskan dari hisab

Ketika Anda mampu melaksanakan shalat tarawih pada malam keempat belas maka para malaikat akan menyaksikan bahwa sesungguhnya orang tersebut akan dibebaskan dari perkara hisab.

Malam Kelimabelas: Para malaikat akan bershalawat kepadanya

Sesungguhnya barang siapa yang mampu melaksanakan shalat tarawih pada malam kelimabelas maka seluruh malaikat akan bershalawat kepadanya.

Malam Keenambelas: Dibebaskan dari Siksa Neraka dan dimasukkan ke dalam Surga

Pada saat kita mampu untuk menunaikan ibadah shalat tarawih pada malam keenambelas, maka kita akan meraih pembebasan dari siksa apai neraka dan akan dimasukkan ke dalam surga.

Malam Ketujuhbelas:  Diberikan pahala seperti pahala para nabi

Sesungguhnya ketika kita mampu untuk melaksanakan shalat tarawih pada malam ketujuhbelas maka, kita akan diberikan pahala seperti pahalanya para nabi.

Malam Kedelapanbelas: Allah Swt meridhai dirinya dan kedua orangtuanya

Barang siapa yang mampu untuk melaksanakan shalat tarawih pada malam kedelapanbelas maka sesungguhnya Allah Swt akan meridhainya dan juga kedua orangtuanya baik di dunia maupun di akhirat.

Malam Kesembilanbelas: Allah Swt akan mengangkatnya ke surga firdaus

Barang siapa yang mampu melaksanakan shalat tarawih pada malam kesembilanbelas maka Allah Swt akan mengangkatnya ke surga firdaus. 

Malam Keduapuluh: Diberikan pahala syuhada dan orang shalih

Ketika kita mampu untuk melaksanakan shalat tarawih pada malam keduapuluh, maka Allah Swt akan memberikan pahala seperti pahalanya para syuhada dan orang-orang shalih.

Malam Keduapuluhsatu: Dibuatkan istana disurga dengan cahaya

Barang siapa yang mampu menunaikan shalat tarawih pada malam keduapuluhsatu, maka Allah Swt akan memberikannya istana disyurga yang bahannya adalah cahaya.

Malam Keduapuluhdua: Diselamatkan dari kesulitan dan kesusahan

Ketika kita mampu melaksanakan shalat tarawih pada malam keduapuluhdua maka Allah Swt akan memberikan keselamatan dari kesulitan dan kesusahan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Malam Keduapuluhtiga: Allah Swt membangunkannya sebuah kota di surga

Barang siapa yang mampu melaksanakan shalat tarawih pada malam keduapuluhtiga maka Allah Swt akan membangunkannya sebuah kota di surga.

Malam Keduapuluhempat: Permintaannya dikabulkan oleh Allah Swt

Ketika kita mampu melaksanakan shalat tarawih pada malam keduapuluh empat maka Allah Swt akan mengabulkan segala permintaan kita.

Malam Keduapuluhlima: Allah Swt mengangkatnya dari siksa kubur

Barang siapa yang mampu melaksanakan shalat tarawih pada malam keduapuluh lima maka Allah Swt akan mengangkatnya dari siksa kubur.

Malam Keduapuluhenam: Allah Swt memberikan pahala selama empat puluh tahun

Brang siapa yang menunaikan shalat tarawih pada malam keduapuluh enam maka Allah Swt akan memberikan pahala selama empat puluh tahun.

Malam Keduapuluhtujuh: Mampu melewati jembatan shiratal mustaqim secepat kilat menyambar

Barang siapa yang mampu melaksanakan shalat tarawih pada malam keduapuluhtujuh maka Allah Swt akan memberikannya kemampuan untuk dapat menyeberangi atau melewati jembatan shiratal mustaqim secepat kilat menyambar.

Malam Keduapuluhdelapan: Diberikan seribu derajad di surga

Barang siapa yang mampu menunaikan shalat tarawih pada malam keduapuluh delapan maka Allah Swt akan memberikan seribu derajad di surga.

Malam Keduapuluhsembilan: Diberikan pahala seribu haji yang makbul

Barang siapa yang mampu melaksanakan shalat tarawih pada malam keduapuluhsembilan maka Allah Swt akan memberikannya pahala seperti pahala seribu haji yang makbul.

Malam Ketigapuluh: Diberikan kedudukan spesial di sisi Allah Swt

Allah Swt berfirman: "Hai hamba-Ku, makanlah buah-buahan di dalam surga dan mandilah engkau dengan air salsabil, minumlah dari telaga kautsar, Aku Tuhanmu, engkau hamba-Ku."

Meskipun ada yang bilang keutamaan diatas adalah hadist palsu, namun setidaknya dapat dijadikan semangat bagi umat muslim untuk tetap istiqomah dalam menjalankan Sholat Tarawih.

Selanjutnya baca 7 Keajaiban Bulan Ramadhan

Itulah 30 Keutamaan Shalat Tarawih yang kebanyak orang belum mengetahuinya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa membuat kita lebih semangat lagi dalam menunaikan shalat tarawih secara berjamaah di masjid. Inilah yang bisa penulis bagikan kepada pembaca setia blog pagunpos.com, semoga artikel ini bisa membawa manfaat buat kita semua. Aamiin.

2 Responses to "30 Keutamaan Shalat Tarawih"

  1. ada hadistnya tidak bang? SubhanAlloh sholat tarawih punya sejuta manfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak hadist shohih tentang keutamaan sholat tarawih

      Delete

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !