7 Keajaiban dan Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan

7 Keajaiban dan Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan. Bulan suci ramadhan merupakan bulan di mana seluruh umat muslim melakukan puasa. Puasa ramadhan ini merupakan perintah Allah Swt kepada seluruh kaum yang beriman dan bertakwa. Ketakwaan itulah yang menjadi tujuan dari pelaksanaan ibadah puasa, karena penilaian ibadah puasa bukanlah manusia yang menilainya melainkan Allah Swt yang langsung menilainya. Turunnya perintah untuk melakukan ibadah puasa agar manusia dapat bersih dari segala nafsu duniawi. Bahkan untuk dapat berlomba-lomba dalam kebaikan khususnya di bulan puasa ini Allah Swt menjanjikan akan melipatgandakan pahala bagi orang yang melaksanakannya dengan berbagai keajaiban-keajaiban di dalamnya. Berikut adalah 7 Keajaiban Puasa di Bulan Ramadhan:


7 Keajaiban Puasa di Bulan Ramadhan
7 Keajaiban Puasa di Bulan Ramadhan

Ramadhan Bulan yang Penuh Ampunan

Bulan suci ramadhan adalah bulan di mana Allah Swt Tuhan yang Maha Esa memberikan seluruh ampunan bagi hamba-hambanya yang beriman dan bertakwa. Memang pada dasarnya puasa merupakan ritual menahan diri dari makan dan minum serta menahan nafsu. Namun, di dalam puasa terkandung sebuah momentum untuk dapat mendekatkan diri di hadapan Allah Swt. Kedekatan tersebut akan terlihat ketika orang muslim tersebut melakukan ibadah puasa dan shalat taraweh. Puasa di bulan ramadhan adalah ajang lomba untuk dapat meraih ampunan Allah Swt. Dengan kita melakukan ibadah puasa di bulan ramadhan, maka kita akan mendapatkan posisi takwa di sisi-Nya. Sebagaimana firmannya dalam surah Al-Baqarah ayat 183: "Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu menjadi orang-orang yang bertakwa." Tidak ada salahnya untuk mengajak anak sejak dini belajar puasa (baca: Tips Ampuh Berpuasa Bagi Anak Kecil Sampai Berbuka)

Puasa di Bulan Ramadhan Terapi Diet yang Luar Biasa


Puasa di bulan ramadhan merupakan kewajiban bagi orang Islam. Puasa bukan hanyaa ibadah keagamaan, melainkan juga sebagai terapi bagi kesehatan dan pengobatan tertua sepanjang sejarah peradaban manusia. Bahkan bukan hanya orang muslim yang menggunakan puasa sebagai terapi kesehatan.Orang kalangan di luar agama Islam juga telah menggunakan puasa sebagai terapi pengobatan. Hal ini dapat dibuktikan dari sebuah penelitian di Oxford University mengenai keajaiban puasa. Ternyata menurut penelitian, puasa ternyata dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh, serta membersihkan segala kotoran yang telah lama mengendap dalam tubuh. Lemak dan racun yang selama ini mengendap hanya dapat dibersihkan dan dihilangkan hanya dengan melakukan ritual puasa.

Baca: Bau Mulut Saat Puasa? Atasi dengan ini

Puasa Meningkatkan Pengeluaran Racun Dalam Tubuh


Pada hakikatnya, puasa memang bukan kegiatan menahan makan dan minum serta nafsu semata. Puasa memiliki rahasia yang tidak semua orang mengetahuinya, Rahasia dan keajaiban bagi orang yang berpuasa adalah terkeluarnya racun jahat dalam tubuh melalui proses dektosifikasi. Dektosifikasi adalah proses untuk mengeluarkan racun atau zat-zat yang tidak berguna dan merugikan kesehatan, pengeluaran racun itu akan dimulai pada tiga hari puasa, saat tubuh berada pada autolysis. Autolysis adalah proses tubuh mencerna sel-sel sendiri. Di dalam kearifan tubuh, tubuh akan secara selektif menyingkirkan sel-sel dan jaringan yang berlebih, sakit, rusak, tua, atau mati.

Puasa Nutrisi Bagi Kesehatan Otak dan Jiwa


Puasa tidak hanya menahan diri dari lapar dan haus, melainkan sebagai nutrisi bagi kesehatan otak dan jiwa. Bagi orang yang sering berpuasa, maka otaknya akan menjadi sehat dan jiwanya akan menjadi tenang. Kesehataan otak dan ketengan jiwa inilah yang selalu diinginkan oleh setiap orang. Dengan puasa ketenangan jiwa dapat dengan mudah kita raih, dengan puasa pula kecemerlangan otak dapat kita dapatkan. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa puasa terapi bagi kesehatan.


Ramadhan Wahana Peningkatan Iman dan Takwa


Berpuasa di bulan ramadhan merupakan wadah meraih predikat iman dan takwa di sisi Allah Swt. Banyak orang yang beriman yang melakukan ibadah puasa di bulan ramadhan, akan tetapi, hanya segelintir orang yang akan meraih predikat takwa. Hal ini bisa kita lihat ketika memasuki sepuluh hari pertama masjid-masjid di seluruh belahan dunia seluruhnya melakukan ibadah shalat taraweh. Akan tetapi, ketika memasuki hari ke lima belas, ketakwaan mereka mulai pudar dengan giuran nuansa dan panorama duniawi.


Puasa Obat Penyakit Lambung (Magh)


Puasa ternyata terapi dan obat sakit magh? Apakah benar puasa dapat menyembuhkan penyakit magh? Jawabannya adalah benar. Dengan berpuasa kita dapat sembuh dari penyakit lambung. Mengapa orang yang berpuasa sembuh dari penyakit lambung padahal tidak ada makanan yang masuk dalam tubuhnya, apakah itu mungkin? Tentu saja mungkin. Ketika berpuasa perut kita beristirahat dari segala makanan yang masuk ke dalam perut. Dengan begitu penyakit magh yang disebabkan oleh kelebihan makan atau radang bisa terobati dengan terapi puasa.


Bulan Ramadhan, Bulan yang Penuh Berkah

Bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan. Karena pada bulan ramadhan seluruh pintu kejahatan ditutup dan pintu kebaikan dibuka selebar-lebarmya. Keberkahan bukan hanya dinikmati dari nikmatnya beribadah akan tetapi juga nikmatnya berbagi rezeki. Padahal pada bulan ramadhan pengeluaran membengkak, namun rezeki terus akan mengalir. Itulah keajaiban bulan ramadhan yang kebanyakan orang tidak menyadarinya.

Baca juga: Rahasia Tetap Fit dan Bugar Saat Berpuasa

Jangan lupa simak 10 Keajabikan Puasa Ramadhan dibawah ini:


Itulah 7 Keajaiban Puasa di Bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pengetahuan bagi Anda dalam melaksanakan puasa ramadhan pada tahun ini. Semoga amal ibadah puasa kita tahun ini meraih berkah dan magfirah. Aamiin.