Tips Cara Ampuh Berpuasa Bagi Anak Kecil Tahan Sampai Berbuka

Bagi sebagian besar orangtua tentunya berharap anaknya dapat latihan berpuasa sejak dini. Dalam melatih anak Anda berpuasa sejak dini biasanya gampang-gampang susah. Apalagi jika anak Anda masih berumur 5-7 tahun, pasti sebagian besar orangtua memiliki kekhawatiran terhadap kesehatan anaknya. Padahal, melatih seorang anak untuk berpuasa itu baik lho...Agar nantinya ketika ia tumbuh besar akan terbiasa dengan puasa. Pasti Anda berpendapat bisa kah anak yang masih berumur 5-7 tahun berpuasa? Saya jawab tegas, tentu saja bisa! Intinya terletak pada Anda ayah dan bundanya. Seorang anak lebih cepat melihat secara langsung dan mencontoh tindak-tanduk yang dilakukan ayah dan bundanya. Maka, yang seharusnya Anda tanamkan pada anak Anda adalah keteladanan dan contoh yang baik serta memberikan maind set yang baik pada diri anak Anda tentang pentingnya berpuasa apalagi pada bulan ramadhan.

Ilistrasi Seorang Anak Berpuasa

Namun, terkadang orangtua lebih memilih jalur aman, yaitu membiarkan anak tidak berpuasa dengan berbagai alasan yang beraneka ragam. Sebenarnya untuk dapat menstimulus anak agar mau berpuasa bersama-sama kita amatlah mudah. Berikut penulis hadirkan tipsnya untuk Anda para orangtua cerdas dan hebat.

Tips Cara Ampuh Berpuasa Bagi Anak Kecil Tahan Sampai Berbuka

Tanamkan Mind Set Kepada Anak Bahwa Puasa Itu Menyenangkan

Puasa bagi seorang anak kecil, apalagi anak itu masih berumur 5-7 tahun merupakan sesuatu yang menganehkan buat anak. Yang mana anak suka makan kemudian diajak untuk berhenti makan untuk berpuasa. Tentunya hal ini menjadi pekerjaan rumah para orangtua dalam melatih anak-anaknya untuk berpuasa. Namun, puasa itu akan terasa ringan meskipun untuk sepantaran anak kecil sekalipun jika kita sebagai orangtua mampu memberikan pemahaman mengenai pentingnya puasa dan dampak yang akan kita terima ketika kita berpuasa. Salah satu caranya dengan memberikan pemahaman kalau puasa itu menyenangkan. Kemudian ajak Anak Anda untuk sahur bersama-sama. Dengan melihat kedua orangtuanya berpuasa dengan senyum gembira maka anak juga akan terstimulus untuk melakukan puasa.

Baca Juga: 30 Keutamaan Shalat Tarawih


Berikan Motivasi Pada Anak Kalau Puasa Itu Melatih Kesabaran

Seorang anak terkadang memiliki kemampuan jika kita sebagai orangtua mampu memberikan motivasi dan penghargaan yang besar kepada anak. Dengan senantiasa memberikan motivasi kepada anak dan memberikannya keoptimisan dalam berpuasa maka anak Anda mampu untuk berpuasa bersama Anda. Motivasi berpuasa kepada anak bisa Anda lakukan dengan bahasa-bahasa pembangkit jiwa, seperti motivasi kalau berpuasa itu melatih kesabaran diri.atau Orang puasa adalah orang sabar, orang sabar disayang Allah. Sehingga anak akan merasa yakin kalau puasa dapat mendekatkannya kepada Allah, Tuhan Sang Maha Pencipta.

Latihanan Berpuasa dengan Metode Puasa Setengah Hari

Puasa bagi sebagian anak kecil tentunya berat, namun jika kita membiasakan anak kita dan melatihnya untuk berpuasa tentunya tidak akan sesulit yang Anda bayangkan. Salah satu caranya untuk tahap awal adalah dengan melatihnya berpuasa dengan metode puasa setengah hari. Memang sih, terkadang kita harus ekstra memberikan motivasi kepada anak agar mau berpuasa sejak dini. Tentunya peranan terbesar terletak pada ayah dan bundanya dalam memberikan pengertian kepada anaknya. Metode puasa setengah hari ini lebih efektif dalam melatih anak Anda untuk dapat mengenal puasa sejak dini sebagai tahap awal untuk berpuasa.

Berikan Apresiasi Berupa Hadiah Jika Anak Mampu Puasa Full

Anak akan merasa dihargai jika perbuatannya dapat dihargai oleh oranglain, terlebih lagi kedua orangtuanya. Untuk dapat menghargai anak, maka berilah ia hadiah ketika anak mampu untuk berpuasa. Pemberian hadiah ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan minat anak Anda. Jika ia seorang perempuan, tentunya hadiahnya berkaitan dengan nuansa feminim, seperti memberikan hadiah berupa boneka, baju, peralatan masak-masakan, dan lain sebagainya. Dan jika ia seorang anak laki-laki maka hadiah yang diberikan bisa berupa mainan-mainan motor, mobil-mobilan, speaker bola musik islami atau surah-surah pendek, dan lain sebagainya. Namun, dalam memberikan hadiah ini pilihlah sesuai dengan apa yang anak Anda inginkan, dan tentunya sesuai dengan kebutuhan kantong Anda tentunya hehehehe.

Artikel Terkait: 7 Keajaiban Puasa Ramadhan

Berdoalah Supaya Puasa Anak Anda bisa Kontinyu Setiap Hari

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah berdoa kepada Allah Tuhan yang Maha Kuasa agar anak Anda diberikan kemampuan untuk dapat berpuasa seharian. Usaha-usaha telah Anda lakukan, setelah itu mintalah pertolongan Allah agar anak Anda diberikan kesanggupan dalam menjalankan puasanya. Karena tanpa doa usaha Anda sia-sia, begitu juga sebaliknya berdoa tanpa usaha juga sia-sia. Karena yang memberikan kita kesanggupan dalam menjalankan puasa adalah Allah Swt, Tuhan yang Maha Kuasa.

Itulah beberapa Tips Cara Ampuh Berpuasa Bagi Anak Kecil Tahan Sampai Berbuka. Semoga bermanfaat buat Anda para orangtua yang menginginkan anak-anaknya dapat berpuasa sejak dini.




2 Responses to "Tips Cara Ampuh Berpuasa Bagi Anak Kecil Tahan Sampai Berbuka"

  1. anak harus dilatih berpuasa, agar saat dewasa tidak kaget

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya anak harus dirayu agar mau berpuasa

      Delete

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !