Tahukah Anda Jika MEA Adalah Penyebab Tutupnya Perusahaan Raksasa di Indonesia

Tahukah Anda Jika MEA Adalah Penyebab Tutupnya Perusahaan Raksasa di Indonesia. Tutupnya Perusahaan Asing di Indonesia baru-baru ini disinyalir adanya pengaruh telah diresmikannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di Indonesia. Mengapa perusahaan yang dulunnya Digdaya dan jaya di Indonesia bisa tutup secara cepat dan tiba-tiba. Hal ini tentunya dikarenakan adanya pemberlakuan MEA yang baru-baru saja diresmikan oleh seluruh negara yang terintegrasi di wilayah ASEAN, seperti Malaysia, Singapura, Thailad, Korea, Vietnam, Filipina, Indonesia, dan lain sebagainya. Dengan tutpnya perusahaan besar yang telah lama berdiri di Indonesia ini akan berdampak pada banyaknya masyarakat yang kehilangan pekerjaan (Pemutusan Hubungan Kerja/PHK). Maka dari itu, perlu bagi pemerintah memperhatikan solusi apa yang harus dilakukan dengan PHK massal yang kini terjadi di Indonesia.

Tutupnya Perusahaan Asing di Indonesia - Youtube.Com

Menurut informasi yang Pagunpost.Com dapatkan mengenai tutupnya perusahaan asing ini akan berdampak pada hilangnya pekerjaan 2.500 orang pekerja. Melihat dari data ini lumayan banyak masyarakat yang hilang pekerjaan akibat tutupnya perusahaan asing tersebut. Selain tutupnya perusahaan PT.Toshiba, PT.Panasonic, dan PT.Ford juga ada perusahaan asing lainnya yang ikut-ikutan tutup seperti PT. Samoin dan PT. Starlink milik Korea Selatan. Penyebab tutupnya perusahaan besar ini dilatarbelakangi oleh sepinya pasar dan penurunan daya beli masyarakat terhadap produk industri elektronik sehingga ini berdampak pada melambatnya pasar global. Persaingan di bidang industri elektronik sudah cukup ketat, siapa yang tidak mampu untuk bersaing melawan arus pasar maka siap-siaplah untuk hengkang dan gulung tikar.


Hal senada juga disampaikan oleh Said Iqbal selaku Presiden Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) ada ribuan pekerja yang di PHK akibat tutupnya perusahaan raksasa di Indonesia, dan  ada sekitar 1.700 anggota KSPI di PT. Panasonic dan 970 anggota KSPI di PT. Toshiba. Hal ini pun tidak hanya terjadi pada perusahaan besar, bahkan menurunya minat dan daya beli pasar juga berpengaruh pada pengusaha kecil di Indonesia. Faktanya banyak perusahaan kecil sampai gulung tikar karena sepinya pembeli. Hal ini jika dibiarkan terus-menerus akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional bahkan internasional. Oleh sebab itu, perlu bagi pemerintah dan pihak terkait menangani permasalahan ini dengan serius dan mencari jalan keluar yang terbaik agar pertumbuhan perekonomian negara bisa stabil dan lebih baik lagi.

Lantas, bagaimana kah nasib para pekerja yang telah di PHK dan dengan PHK besar-besaran seperti ini justru akan lebih memperburuk kondisi bangsa ini. Bisa kita lihat berapa banyak pengangguran yang ada di negeri ini, berapa banyak lulusan perguruan tinggi yang keluar, berapa tinggi tingkat kemiskinan di negeri ini.Sementara daya serap tenaga kerja tidak sesuai dengan angka pengangguran yang ada.

Nah, Bagaimanakah solusi yang bisa dilakukan untuk bisa melawan arus global yang sangat ketat ini khususnya di bidang perekonomian. Disinilah diperlukan kreativitas dari para pengusaha dan pembisnis baik pengusaha kecil maupun pengusaha besar. Kreativitas adalah salah satu solusi demi terbentuknya perekonomian negara yang lebih baik. Dengan kreativitas sesuatu yang dulunya bukan apa-apa bahkan tak bernilai, dengan sentuhan tangan sang kreatif akan membuahkan nilai yang tak terhingga. Contohnya Mendulang bahan-bahan bekas menjadi sesuatu yang unik serta menyulap sampah menjadi rupiah bahkan akan menghasilkan pundi-pundi dollar.


Indonesia masih membutuhkan tangan-tangan kreatif dan inovatif. Berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai sumber tentang berapa persentase masyarakat Indonesia yang terjun ke dunia bisnis atau entrepreneur hanyalah kurang dari satu persen saja. Orang Indonesia hanya mengambiil jalan aman dengan bekerja menjadi Pegawai Negeri Sipil. Seharusnya dengan krisis pasar global yang sekarang dialami oleh Indonesia, dibutuhkan para entrepreneur muda yang mampu bersaing dengan para entrepreneur asing sehingga prekonomian Indonesia bisa sederajat dengan prekonomian dunia. Jadilah seorang pemain bukan penonton. Mari menuju Indonesia Emas 2020 dengan menciptakan ribuan entrepreneur sukses dan handal diberbagai bidang. Yang Muda Karya Raya.

Itulah seputar informasi mengenai Tahukah Anda jika MEA adalah Penyebab Tutupnya Perusahaan Raksasa di Indonesia. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda para pembaca yang budiman. Jangan lupa membaca tulisan kami lainnya.

0 Response to "Tahukah Anda Jika MEA Adalah Penyebab Tutupnya Perusahaan Raksasa di Indonesia"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !