Cacingan? Inilah Bahaya Cacingan Pada Anak dan Orang Dewasa

Bahaya Cacingan Pada Anak dan Orang Dewasa Cacingan pada anak dan orang dewasa merupakan penyakit yang sering kali diremehkan. Cacingan merupakan salah satu penyakit yang sering (baca: penyakit yang dialami bayi baru lahir) terjadi pada anak-anak meskipun tidak menutup kemungkinan orang dewasa mengalaminya. Mengapa pada anak-anak? Karena anak-anak masih berada pada dunia bermain yang pada umumnya tidak memedulikan kebersihan saat bermain. Banyak orang tua yang belum menyadari bahwa cacingan termasuk ke dalam penyakit berbahaya dalam jangka waktu yang lama. 

Cacingan? Inilah Bahaya Cacingan Pada Anak dan Orang Dewasa
Cacingan? Inilah Bahaya Cacingan Pada Anak dan Orang Dewasa


Pada jenis cacing yang umum masuk ke dalam tubuh anak dan orang dewasa adalah cacing ascaris lumbricoides. Cacing ini mendiami pada saluran pencernaan sehingga nutrisi dari makanan yang masuk tidak bisa dicerna secara maksimal. Hal inilah yang sering kali menjadi ciri khas anak cacingan yaitu sulit untuk menaikkan berat badan dan juga nafsu makan yang menurun. Cacing masuk ke dalam tubuh manusia melalui beberapa cara, adapun cara yang paling sering adalah masuk melalui makanan dan juga telapak kaki. 

Pada makanan-makanan yang setengah matang atau mentah akan berpotensi terdapat cacing yang membahayakan. Sedangkan cara lewat telapak kaki yaitu melalui celah-celah atau pori-pori kaki saat kaki tidak menggunakan alas. Pada petani dan peternak rawan terkena cacingan ini.


Jenis Cacing dan Bahayanya

Cacing yang mengganggu tubuh manusi mempunyai beberapa jenis yang tentunya membawa penyakit yang berbeda pula. Mulai dari cacing yang berpotensi pada penyakit umum hingga cacing yang bisa menyebabkan penyakit kronis. Berikut ini beberapa jenis cacing yang harus dikenali agar terhindar dari bahaya cacingan pada anak dan orang dewasa.


#1. Cacing gelang

Cacing gelang
Cacing gelang

Cacing gelang merupakan jenis terbesar pada jenis cacing yang berada dalam tubuh manusia. Bentuk cacing ini menyerupai cacing tanah. Cacing ini menyebabkan peradangan pada tempat yang digunakan untuk didiaminya. Cacing gelang sering ditemukan di usus besar meskipun terkadang bertempat di paru-paru dan saluran pernafasan. Penyakit yang disebabkan oleh cacing ini adalah asma, radang, dan batuk yang parah.

#2. Cacing kremi

cacing kremi
cacing kremi

Cacing kremi berbentuk kecil-kecil berwarna putih dan menyebabkan rasa gatal yang luar biasa pada daerah sekitaran anus bagi laki-laki dan vulva bagi perempuan. Cacing ini dapat mengganggu kinerja usus dalam mencerna makanan sehingga tak jarang jika keberadaannya bisa ditemukan di feses yang akan dikeluarkan. Cacing ini bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui mainan anak-anak, tempat tidur, dan ruangan-ruangan yang jarang dibersihkan.

#3. Cacing pita

cacing pita
cacing pita

Cacing pita atau taenia adalah salah satu cacing paling berbahaya dan sering masuk ke dalam tubuh manusia. Cacing pita berbentuk seperti pita yang memanjang di sekitar usus. Cacing pita dapat menimbulkan infeksi yang parah pada organ tubuh seperti hati, jantung, dan juga otot-otot tubuh. Hal fatal yang disebabkan oleh cacing pita adalah ketika cacing tersebut menyerang daerah saraf otak sehingga akan terjadi kerusakan pada otak.


Cara Mencegah Cacingan

Kunci dari mencegah masuknya cacing ke dalam tubuh adalah dengan selalu menjaga kebersihan diri dan kebersihan ruangan dalam lingkungan. Apalagi cacing-cacing ini bisa bertelur dimana saja sehingga kemungkinan untuk masuk ke dalam tubuh semakin besar. Berikut ini beberapa langkah untuk mencegah cacingan.


  • Makan makanan yang telah dimasak dengan sempurna, khususnya pada daging sapi atau daging babi. Daging mentah merupakan tempat favorit bagi tumbuh kembangnya cacing sehingga dengan memasaknya dengan sempurna akan membunuh cacing-cacing tersebut sebelum masuk ke dalam tubuh.
  • Selalu memakai alas kaki, sebagaimana dijelaskan bahwa cacing bisa masuk ke dalam tubuh melalui telapak kaki sehingga penggunaan alas kaki pada tanah-tanah basah akan melindungi dari cacing.
  • Mencuci tangan sebelum makan dan jika perlu menggunakan antiseptik.
  • Mengkonsumsi obat cacing secara rutin sebagaimana aturan pemerintah yang mewajibkan untuk minum obat cacing demi menghindari bahaya cacingan pada anak dan orang dewasa.

Baca: Langkah Sederhana Menjaga Kesehatan Bayi


Itulah pemaparan singkat tentang cacingan yang bisa saja terjadi pada anak dan orang tua atau dewasa. Semoga bisa dicegah agar cacingnya tidak semakin berkembangbiak. Salam sehat.

1 Response to "Cacingan? Inilah Bahaya Cacingan Pada Anak dan Orang Dewasa"

  1. bahaya sekali cacingan bayi apalagi orang dewasa, semoga cepat sembuh

    ReplyDelete

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !