Mudah ! Cara Alami Mengobati Biang Keringat Pada Bayi

Mudah ! Cara Alami Mengobati Biang Keringat Pada Bayi - Kesehatan itu sungguh amatlah mahal. Saking mahalnya mereka rela melakukan berbagai macam cara agar kesehatan mereka pulih kembali. Apalagi jika ini menyangkut kesehatan buah hati, tentunya setiap orangtua akan merasa bimbang dan khawatir. Gangguan kesehatan kulit pada bayi merupakan hal yang paling umum dan sering terjadi adalah biang keringat. Biang keringat muncul pada kulit berbentuk bintil-bintil kecil dan kemerahan serta berisi air. Biang keringat ini biasanya muncul pada lipatan-lipatan kulit seperti leher, ketiak, siku, paha, lutut, dan terkadang juga bisa berada pada kulit datar bagian perut dan punggung. Apa sih penyebab terjadinya biang keringat?  Biang kerigat terjadi karena adanya penyumbatan kalenjar keringat pada permukaan kulit. Biang keringat ini akan terasa gatal dan panas, makanya ketika biang keringat ini muncul, biasanya bayi akan rewel dan selalu menangis. Tentunya Anda tidak menginginkan itu terjadi bukan pada anak Anda. Nah, untuk dapat mengobati biang keringat ini lebih baik kita mencegahnya jangan sampai terjadi. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati atau mengatasi biang keringat.

Ilustrasi Biang Keringat

Cara Mencegah Terjadinya Biang Keringat


1. Gunakan pakaian yang menyerap keringat


Untuk mencegah adanya iritasi kulit akibat berkeringat maka ada baiknya gunakan pakaian yang mampu menyerap keringat. Bahan kain yang bisa Anda gunakan adalah kain katun. Kain katun sangat cocok digunakan bagi anak-anak yang mudah berkeringat. Karena kain katun mampu untuk menyerap keringat sehingga tidak sampai terjadi penumpukan keringat berlebih yang menempel pada kain baju yang menyebabkan iritasi ataupun lecet.

2. Hindari pakaian yang terlalu ketat

Menggunakan pakaian yang terlalu ketat bagi anak bayi tentunya membuat bayi tersebut tidak merasa nyaman. Apalagi jika bayi tersebut terserang biang keringat. Hal ini dapat memicu keringat dan menyebabkan bentolan-bentolan kecil biang keringat menjadi semakin merah dan gatal. Ketika pada kondisi ini, biasanya anak akan merasa tidak nyaman dan kepanasan. Maka dari itu, pakaikanlah anak Anda pakaian yang longgar, sehingga tidak ada penekanan akibat penggunaan pakaian yang sempit. Hal ini juga merupakan pencegahan terhadap munculnya biang keringat.

3. Perhatikan sirkulasi udara pada ruangan

Saat udara dalam keadaan panas menjadi salah satu pemicu biang keringat. Karena bagi bayi yang sehat dan gemuk, biasanya sangat mudah sekali berkeringat. Sehingga saat berkeringat makaterkadang biang keringat dapat muncul disebabkan kurangnya sirkulasi udara. Sirkulasi udara pada ruangan seharusnya dioptimalkan demi kesejukan ruangan. Sehingga anak merasa nyaman berada dalam ruangan. Apalagi kalau ruangan itu pengap dan tanpa AC tentunya menjadi persoalan serius yang perlu para orangtua perhatikan. 

4. Mandikan bayi secara teratur

Untuk mencegah munculnya biang keringat, para ibu seharusnya dapat memandikan anaknya secara teratur. Kenapa? Karena bila anak sering dimandikan secara teratur , badannya akan terasa lebih segar dan kotoran tubuh pun dapat bersih bersama air. Dan kalau bisa mandikan anak Anda dengan menggunakan air hangat. Hal ini bertujuan untuk mematikan kuman atau bakteri pada tubuh. Mandikan anak Anda secara teratur minimlal 2 kali sehari atau maksimal 3 kali sehari.

Cara Mengobati Biang Keringat


1. Taburkan bedak dingin pada kulit

Biang keringat memang bukan masalah yang tidak bisa dianggap sepele namun juga jangan terlalu cemas. InsyaAllah semua ada obatnya, seperti menaburkan bedak dingin pada tubuh anak yang terkenan biang keringat. Biasanya yang sering terkena biang keringat adalah pada lipatan kulit, seperti leher, ketiak, siku, paha, dan lutut. Bedak dingin yang direkomendasikan adalah bedak dingin yang berbahan salicyl.

2. Madu

Madu juga merupakan obat yang sering digunakan sejak zaman dahulu. Madu memili khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Ketika anak Anda terkenan biang keringat,oleskanlah madu pada tubuh yang terkenan biang keringat. Karena kandungan madu bisa menyembuhkan dan membunuh bakteri yang menyebabkan penyumbatan kalenjar keringat pada kulit. Dan madu juga mampu meredakan iritasi pada kulit.

3. Minyak Telon/Jarak

Minyak telon atau minyak jarak sering digunakan untuk mengobati gatal-gatal pada kulit. Oleh karena itu, minyak telon ataupun minyak jarak dapat dijadikan alternatif mengatasi biang keringat. Caranya cukup mudah, hanya dengan oleskan minyak telon atau minyak jarak pada kulit yang terkena biang keringat. Sehingga, biang keringat dapat segera reda gatalnya. Karena minyak telon atau jarak mengandung bahan yang mampu memberikan efek sejuk dan nyaman pada kulit.



4. Lidah Buaya


Lidah buaya juga sering direkomendasikan oleh pakar kesehatan dalam mengatasi permasalahan kulit. Lidah buaya mengandung bahan gel yang mampu meringankan peradangan dan gatal-gatal.Oleskan saja gel lidah buaya pada kulit yang terkenan biang keringat, seperti ketiak, lipatan leher, paha, siku, serta kulit lainnya. Biarkan selama 20 menit. Dan lihatlah hasilnya. Dan bersihkan ketika anak akan madi pada sore hari. Dan setelah itu berikan lagi hingga malam hari.

5. Daun Kecamba

Daun kecamba ternyata mampu untuk mengobati biang keringat. Daun kecamba yang dimaksudkan bukanlah daun kecamba toge, melainkan daun kecamba yang jenisnya seperti daun jambu yang biasa digunakan masyarakat didaerah kami di Kalimantan Utara sebagai obat panu dan kurap. Ampuhnya, Daun kecamba ini bisa digunakan untuk mengobati biang keringat. Caranya; tumbuk halus daun kecamba tersebut, setelah itu oleskan pada kulit yang terkena biang keringat.

6. Tepung Tapioka

Tepung tapioka atau sering disebut dengan tepung kanji ternyata juga punya khasiat. Tepung tapioka ternyata mampu untuk meredakan peradangan pada kulit yang terkena biang keringat. Kandungan dingin yang terdapat pada tepung tapioka ini bisa memberikan efek dingin pada kulit. Tidak hanya itu, juga dapat mengeringkan biang keringat. Caranya cukup mudah, taburkan tepung tapioka pada kulit yang terkena biang keringat, seperti  pada lipatan leher, ketiak, siku, paha, dan kulit lainnya secara merata.

Inilah beberapa Cara Alami Mengobati Biang Keringat Pada Bayi, It's Work. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda khususnya bagi para orangtua yang mengalami biang keringat pada buah hati tercintanya. Dan jangan lupa membaca tulisan-tulisan lainnya. Terimakasih.

0 Response to "Mudah ! Cara Alami Mengobati Biang Keringat Pada Bayi"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !