Terbaik, Ternyata Begini Cara Menulis Esai Beasiswa Yang Baik dan Benar

Ketika ingin mengajukan atau apply beasiswa pada umumnya disyaratkan harus membuat esai. Esai adalah salah satu syarat utama dalam aplikasi di berbagai penyedia beasiswa seperti LPDP, Beasiswa Mahaghora, Dataprint dan Djarum. Istilah menulis esai beasiswa juga bisa Statement of Purpose untuk syarat mendaftar beasiswa diluar negeri. Terkadang, para calon beswan kesulitan bagaimana sih sebenarnya menulis esai beasiswa yang bisa menggugah pembaca untuk tertarik. Apalagi contoh essay beasiswa sulit ditemukan diinternet. Tentu jika esai yang ditulis berbobot maka peluang diterima menjadi semakin besar. Penting diperhatikan bagaimana cara menulis esai beasiswa yang baik dan benar.

contoh esai beasiswa lengkap contoh essay beasiswa luar negeri alasan mengapa layak mendapatkan beasiswa contoh essay beasiswa lpdp contoh essay beasiswa 2011 pengumuman beasiswa dataprint cara mendapatkan kupon beasiswa dataprint contoh essay beasiswa kse, contoh essay beasiswa mahaghora, djarum, beasiswa kuliah 2016/2017 beasiswa s1 bca finance beasiswa s1 djarum beasiswa s1 2016 luar negeri beasiswa untuk mahasiswa s1 beasiswa 2016 untuk mahasiswa beasiswa s1 luar negeri 2017 info beasiswa 2017, contoh essay beasiswa dalam negeri contoh essay beasiswa luar negeri alasan mengapa layak mendapatkan beasiswa contoh esai beasiswa lengkap contoh essay untuk beasiswa s1 contoh essay beasiswa lpdp contoh essay beasiswa s2 bappenas contoh essay pribadi untuk beasiswa, Statement of Purpose,  lolos beasiswa S1 di Thailand
Cara Menulis Esai Beasiswa Yang Baik dan Benar

1. Kalimat Pertama Harus Menyakinkan

Tidak hanya dalam presentasi keberhasilannya ditentukan dalam detik-detik pertama, dalam esai pun maka kalimat pembuka atau istilahnya dalam dunia jurnalistik "lead" harus mengesankan. Bukan arti lebay atau sangat sastrawi atau bahkan menggunakan bahasa dewa. Namun ada beberapa hal yang bisa digunakan untuk membuka sebuah esai yang baik. Seperti menyertakan kutipan (quote), keunikan dirimu yang jarang ada di orang lain, atau bahkan tokoh idola yang begitu menginspirasi.

Mengutip salah satu teman saya, Abdul Aziz, penerima beasiswa kuliah di Thailand ia menuliskan kalimat berikut dalam pembuka statement of purpose nya:

“Educate, entertain, inform.”Those are the words that always inspiring me, because John Reith the founder of BBC used it to encapsulate the BBC. My interest on Media Studies particularly Digital Media began..."

Tentu saya yakin, kalian juga bisa membuat demikian, bahkan harus justru lebih baik. Intinya, kreatif dan berani tampil beda.

2. Fokus atau Konsisten

Dibeberapa penyedia beasiswa biasanya menetapkan tema khusus dalam esainya, misalkan LPDP. Apa yang ditulis usahakan terfokus pada tema tersebut. Artinya, tidak menyimpang atau bahkan terlalu melebar dari topik pembicaraan. Disinilah, kualitas calon beswan diuji. Bagaimana konsistensi untuk mendukung argumen sesuai dengan tema. Maka jangan heran banyak yang masih kesulitan dalam hal fokus pada esai yang dibuat.

Jika pihak penyedia beasiswa menginginkan gambar diri, maka tulislah dengan baik dan benar. Tulislah poin-poin yang sekiranya human interest membuat unik dan kagum pada diri Anda. Ceritakan apa ambisi terbesarmu juga dan mengapa kamu layak menerima beasiswa tersebut.

3. Perhatikan Struktur Penulisan Esai

Esai yang baik selalu taat pada kaidah penulisan. Secara sederhana terdiri dari pendahuluan, isi, dan penutup. Begitu simpel namun masih banyak yang mengabaikan pedoman tersebut. Masih banyak yang menguraikan gagasan-gagasan yang seharusnya diletakkan di isi justru ditaruh di awal. Sebaliknya pendahuluan justru diletakkan diakhir. Oleh karena itu, sedini mungkin harus dikonsep apa-apa saja yang akan ditulis di pendahuluan, isi, dan penutup agar sistematis.

4. Akhiri Dengan Kalimat Mengesankan

Jika diawal sudah dibuka dengan kalian yang memukau, maka diakhir harus ditutup dengan memukau juga. Namun sekali lagi, tidak perlu terlalu bersastra cukup gunakan kata-kata yang menyakinkan itu jauh lebih cukup. Buat semenarik mungkin yang menggoda dan terkesan "wah" yang akan membentuk cintra positif pada juri penyeleksi beasiswa.

Kurang puas? Lihat video Maudy Ayunda tentang tips menulis essay beasiswa:

Sekian artikel ini ditulis, semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang sedang mau mendaftar beasiswa dalam negeri maupun luar negeri secara umum. Besar harapan semoga bisa mendapatkan beasiswa tersebut. 

Subscribe to receive free email updates: