Cara Membuat Judul PKM Kreatif, Unik dan Memikat Juri Agar Lolos Didanai & PIMNAS

Cara Membuat Judul PKM Kreatif, Unik dan Memikat Juri - Setelah beredar surat Penerimaan Proposal PKM 2016 untuk pendanaan 2017, maka pasti kalian langsung ingin membuat atau menyusun Proposal pekan kreatifitas mahasiswa tahun ini. Menurut saya, unsur yang paling berpengaruh dalam seleksi awal untuk lolos pendanaan adalah menyusun atau menentukan JUDUL PKM.

Cara Membuat Judul PKM Kreatif, Unik dan Memikat Juri

Mengapa judul begitu penting ?

Pertama kali juri melihat apa dari proposal kita ? Daftar Pusataka kah ? Latar Belakang kah ? Bukan !. Judul adalah yang pertama kali dilirik dewan juri. Dengan jutaan proposal yang masuk dari berbagai Jenis PKM tentu juri tidak mungkin mengecek secara mendetail satu per satu. Apabila judulnya kurang menarik maka juri pun sudah tidak mood membaca seluruh bagian proposal Anda. Meskipun isi proposalnya luar biasa lengkap, detail dan sistematis namun kalau judul tidak menjual semua akan percuma.

Lantas, bagaimana tips membuat judul PKM yang menarik sehingga memikat dewan juri ?

Dari hasil melihat beberapa pengumuman yang lolos pendanaan dari tahun ke tahun saya dapat menyimpulkan beberapa hal. namun dalam hal ini saya tidak mungkin menyarankan substansi (isi) proposal karena saya tidak tahu proposalnya. Saya tegaskan kembali. Saya hanya menyarankan penggunaan judul saja, bukan pokok kajian atau pun isinya.

Setidaknya ada 5 tips membuat judul menarik, kreatif dengan judul proposal kalian:

1. SINGKATAN JUDUL PKM

Untuk masalah singkatan program atau produk menurut saya ini mempunyai daya tarik terbesar bagi juri. Terkadang beberapa  pkm dengan judul pkm penelitian yang menarik
KEPO BGT (Kereta Pengikut Otomatis Berbasis Gestur Tubuh)

Mr. Romuser ( Multirotor Robot B0mb Defuser )

"SI ABAS"- Sistem Pengaman ATM Berbasis Alarm dan SMS sebagai System Pengamanan Dini dalam Kriminalitas Pembobolan ATM

2. PENGGUNAAN ISTILAH ASING DALAM JUDUL PKM

Ada yang bilang jika judul kalian ada bahasa inggrisnya (tidak harus semua) maka akan lebih menjual. Hal tersebut karena terkesan lebih intelektual. Meskipun belum tentu merupakan suatu yang kreatif atau isinya bagus. Beberapa judul pkm memang sering menggunakan istilah bahasa inggris bahkan dipadukan dengan singkatan seperti:

“Exmos De Human” (Exterminator of Mosquitos with Detector of Human) Pemanfaatan Sinar untuk Membasmi Nyamuk Terintegrasi Dengan Pendeteksi Manusia

Battle Drone: UAV Jet with Subsonic Cruise Missile using Camera System to Reinforce Indonesian Aerospace Military

Werkudara Assistive Device: Robot Walker Berbasis Smart Computer Untuk Meningkatkan Quality of Life (QoL) Penderita Stroke


Beberapa judul tadi saya ambil dari pengumuman penerima dana hibah PKM tahun 2014. 

3. GALI ISU TERBARU



Pertimbangkan apa yang lagi menyeruak akhir-akhir ini sehingga membuat banyak orang membahasnya? Barangkali ini bisa menjadi modal dalam membuat PKM. Tentu dengan sedikit pendekatan dan perspektif yang menarik akan semakin membuat konsepmu matang. Pertimbangkan juga data-datanya apakah memang mudah dicari atau tidak.

4. BERTANYA ALUMNI PIMNAS

Mereka yang merupakan jebolan atau lolos pimnas sudah pasti membawa banyak sekali pengalaman dan pengetahuan yang dapat kalian miliki juga. kalian bisa tanya bagaimana bikin anggaran PKM yang benar dan realistis, cara membuat latar belakang pkm hingga metode penelitian pkm selain pada dosen pembimbing.

So, lakukan pendekatan secara halus dan jangan terkesan ada maunya saja. Pun dalam PKM juga ada syaratnya harus beda angkatan, jadi bisa jadi alasan buat deketin para senior pimnas. hehe

Baca juga:
Cara Membuat Makalah Ilmiah Al Quran Karya Tulis Ilmiah Alquran

5. BACA JUDUL-JUDUL YANG DIDANAI DAN LOLOS PIMNAS

Ide PKM tidak selamanya baru, karena banyak diantara yang lolos PKM merupakan pengembangan dari karya-karya yang sudah ada. contoh judul pkm gt tentang lingkungan biasanya memang banyak diangkat karena konteksnya yang urgent. ide pkm pengabdian masyarakat juga harus ada kebaharuan jangan hanya sekedar beda lokasi saja.Selain itu, kalian juga dapat membaca beberapa contoh judul pkm kewirausahaan makanan yang dapat menjadi referensi karena mungkin ini yang paling mudah. judul pkm kewirausahaan yang lolos biasanya simpel, unik, kreatif, bermanfaat dan out of the box.



Cobalah untuk membuat sebuah ide pkm yang unik dengan melihat kumpulan judul pkm atau contoh judul PKM yang lolos PIMNAS atau judul pkm yang didanai

Jangan lupa untuk baca panduan PKM 2017 untuk pendanaan 2018 disini

Sekian tips dan trik membuat judul PKM yang kreatif, unik, dan memikat juri. Semangat buat kalian yang mengikuti PKM dengan ide yang belum ada alias baru. Semoga mendapatkan hasil yang maksimal dan penelitian yang dilakukan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Salam sukses !

Punya pertanyaan, ide atau judul PKM yang unik dan menarik? Boleh tulis di kolom komentar, guys!

Sampai jumpa di PIMNAS! 

2 Responses to "Cara Membuat Judul PKM Kreatif, Unik dan Memikat Juri Agar Lolos Didanai & PIMNAS"

  1. semoga tahun ini ikut pkm didanai dan lolos pimnas dapat emas deh, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, udh ada judul pkm belum? semoga pkmnya didanai dan lolos pimnas ya,

      Delete

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !