Bau Mulut Tidak Sedap Saat Puasa? PD aja...

Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa - Masalah bau mulut dialami kebanyakan orang apalagi saat puasa ramadhan. Banyak orang mencari cara menghilangkan bau mulut saat puasa secara alami (obat gerbal) dan permanen agar ibadah puasa bukan menjadi penghalang untuk berekspresi dan tetap percaya diri. Bau mulut semakin kuat apalagi jika punya gigi berlubang dan gigi kuning. Pada artikel kali ini, saya sajikan beberapa cara-cara efektif agar terhindar dari bau mulut saat bulan puasa lengkap dengan penyebab bau mulut dan cara mengatasi bau mulut atau nafas tidak segar (halitosis).

Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa
Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa


Bau mulut orang saat puasa menurut Islam sungguh istimewa. Mengapa istimewa, meskipun ketika bau mulut itu dicium orang lain menimbulkan ketidaksukaan namun di akhirat kelak, bau mulut orang berpuasa dibalas dengan bau minyak misk yang begitu wangi. Hal ini diabadikan dalam Hadist yang diriwayatkan Bukhori (no. 1894) dan Muslim (no. 1151) yang artinya:

"Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk."

Oleh karena itu, janganlah mengeluh kepada Allah ketika susah dan capek saat menjalankan ketaatan demi mendekatkan diri kepada-Nya. InshaAllah semua akan berbuah manis selama dijalani dengan ikhlas dan istiqomah. 


Penyebab Bau Mulut

#1. Bakteri Bau Mulut

Dalam mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur ada peran bakteri dalam mulut. Ketika sisa makanan itu menjadi gas sulfur maka menyebabkan bau pada mulut. Selain itu, ketika kita makan mulut akan memproduksi saliva, namun ketika puasa produksi saliva otomatis berkurang yang menyebabkan bakteri berkembang dengan cepat sehingga bau mulut tidak sedap terjadi.


#2. Punya Penyakit Diabetes dan Maag

Jika anda mengidap diabetes atau maag maka itulah yang menyumbang penyebab bau mulut pada Anda. Namun tidak usah khawatir karena ada tips mencegah bau mulut saat puasa agar ibadah puasa tetap lancar tanpa terhalang bau mulut yang tidak sedap. Selain itu, gigi berlubang juga menjadi pemicu bau mulut tidak enak.


Tips Mengatasi/Mencegah Bau Mulut Saat Puasa


#1. Mengonsumsi Air Putih

Cara yang paling mudah untuk mengatasi bau mulut saat puasa adalah mengonsumsi air putih saat sahur dan berbuka dengan tepat yakni 8 hingga 10 gelas saat sahur dan berbuka. Dengan demikian akan membantu mencegah bau dari mulut disiang hari. Air putih punya khasiat meningkatkan produksi air liur atau saliva sehingga kebersihan mulut tetap terjaga.



#2. Konsumsi teh hijau

Cara alami (herbal) bisa ditempuh dengan mengkonsumsi teh hijau. Adapun khasiat dari teh hijau berguna untuk menetralisir bau mulut. Minumlah saat berbuka dan sahur bulan ramadhan. Sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsinya jangan hanya seminggu sekali, karena hasilnya kurang optimal. Cara ini lumayan ampuh untuk mengatasi bau mulut terlebih saat puasa ramadhan.


#3. Menggosok gigi dengan rutin

Cara cepat menghilangkan bau mulut adalah dengan rajin menyikat gigi saat sebelum tidur, sahur atau pun setelah berbuka. Namun tidak sarankan menyikat gigi saat puasa siang hari karena dikhawatirkan tertelan dan dihukumi makruh. Dianjurkan juga membersihkan plak-plak yang menempel di gigi. Baca juga rahasia kesehatan gigi dan mulut.



#4. Hindari makanan berbau tajam dan Lengket

Saat bulan puasa sebaiknya hindari mengonsumsi menu makanan yang punya bau tajam seperti durian, petai (pete), jengkol dan juga merok0k. Makanan-makanan tersebut sangat memicu terjadinya bau mulut saat puasa disiang hari. Jadi sebaiknya dijauhi dulu makanan yang berbau tajam saat puasa dan berbuka. Selain itu, makanan yang lengket seringkali tertinggal di sela-sela gigi yang pada akhirnya menjadi tumbuh kembang bakteri. Seperti permen, coklat, kue-kue sebaiknya dihindari dan bisa diatasi dengan menyikat gigi secara tuntas diiringi obat kumur (mouthwash) dan benang gigi (dental floss).



#5. Bertanyalah ke dokter

Jika cara-cara alami dan tradisional telah dilakukan namun bau mulut tak kunjung hilang, maka sangat disarankan untuk berkunjung ke dokter spesialis mulut. Hal ini penting untuk mendiagnosis bau mulut Anda dan tentu akan mendapatkan tips-tips yang sesuai dengan tubuh Anda.


Baca: 5 Cara Ampuh Memutihkan Gigi Secara Alami



Itulah artikel tentang cara mengatasi bau mulut tidak sedap saat puasa. Semoga semakin meningkatkan percaya diri dan tidak perlu malu dengan bau mulut orang berpuasa karena diakhirat kelak baunya itu seperti minyak misk (kasturi). SubhanAlloh...

1 Response to "Bau Mulut Tidak Sedap Saat Puasa? PD aja..."

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !