Ingin Bayi Sehat? Perhatikan 7 Hal Sederhana ini !

Ingin Bayi Sehat, Perhatikan 7 Hal Ini - Ketika Anda ingin bayi sehat dan lincah, Anda perlu ekstra hati-hati selama merawatnya. Anda harus memperhatikan semua tingkah laku maupun nutrisi, agar sang buah hati bisa tumbuh sempurna. Berikut adalah beragam hal yang perlu Anda perhatikan selama masa tumbuh kembangnya.


Cara Menjaga Kesehatan Bayi
Cara Menjaga Kesehatan Bayi

Jangan sampai lepas pengawasan

Anda tidak akan bisa membayangkan bahaya apa yang mengintai buah hati Anda ketika sedetik saja lepas dari pengawasan, terlebih ketika Anda dan sang buah hati ada di area publik. Itulah sebabnya, apapun aktivitas yang sedang dilakukan buah hati Anda, pastikan Anda selalu ada di dekatnya. Jika karena sebab tertentu, Anda tidak bisa bersamanya, pastikan ada anggota keluarga terdekat yang bisa menjaganya.


Jangan pernah sepelekan gejala penyakit anak

Ketika Anda bukan orang yang berkarier di bidang kesehatan, pastikan Anda menjaga kesehatan sang buah hati dengan memberikan nutrisi yang baik. Jika bayi Anda menunjukkan gejala demam tinggi, memar, atau gejala lainnya lakukan pertolongan pertama yang memungkinkan dan segera membawanya ke rumah sakit. Mencegah dan mengobati gejala penyakit lebih cepat, akan terasa lebih baik daripada hanya mengobati penyakit bayi dengan obat tradisional yang Anda sendiri tidakj tahu takarannya.

Ketahui arti bayi menangis

Bayi baru lahir maupun bayi di bawah usia 2 tahun belum memiliki kemampuan untuk melafalkan beragam kata dengan jelas. Itu sebabnya komunikasi yang bisa dijalin dengan orang yang ada disekitarnya adalah dengan tangisan. Sebagai orangt ua, Anda harus paham benar arti tangisan yang dikeluarkan sang buah hati untuk memberikan penanganan yang tepat. Jika Anda tidak tahu cara membedakan bayi yang menangis karena lapar, sakit, atau moody, berkonsultasilah pada ahlinya terlebih dahulu.

Pelajari dan perhatikan semua ekspresi bayi

Bayi yang baru lahir memberikan ekspresi berbeda-beda dalam perkembangannya, hal inilah yang perlu diperhatikan oleh ayah maupun ibu sang bayi untuk menjalin kedekatan emosional. Dengan perhatian yang diberikan oleh orang tua, bayi akan selalu merasa aman dan nyaman selama bergerak.


Perhatikan keamanannya saat membawa bayi keluar rumah

Ketika Anda membawa bayi keluar rumah untuk rekreasi maupun berkunjung ke tempat saudara, tentu akan ada bahaya polusi udara maupun bahaya lain yang mengancam. Namun demikian, bukan berarti Anda kemudian hanya membuat bayi berdiam dalam rumah terlalu lama. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa melakukan beberapa hal, seperti:

  • Memastikan alat safety untuk bayi yang terpasang di kendaraan sudah cukup lengkap. Jika menggunakan motor, Anda bisa menggunakan gendongan yang tali perekatnya kuat. Jika menggunakan mobil, Anda bisa memasang baby seat yang empuk dan memiliki seatbelt lengkap.
  • Memastikan pakaian yang dikenakan bayi nyaman dan melengkapi pakaian bayi dengan topi untuk menghindarkannya dari panas.


Perhatikan kenyamanan bayi saat waktu tidurnya tiba

Ketika Anda memiliki lingkungan tempat tinggal yang cukup ramai, pastikan bayi tetap bisa tidur nyenyak. Hal ini karena suasana yang terlalu ramai akan memicu peningkatan hormon kortisol pada bayi dan berakibat pada kacaunya jam istirahat biologis sang bayi. Akibat lain dari hal ini adalah situasi bayi yang mudah rewel dan kurang nafsu makan.


Perhatikan asupan makanannya

Jika Anda ingin bayi sehat, jangan lupa untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi yang dimakan sang buah hati. Saat memasuki masa MPASI, Anda bisa mencoba beragam alternatif menu yang mampu meningkatkan nafsu makannya tanpa menggunakan msg, garam, atau gula berlebihan. Dengan memperhatikan asupan nutrisinya, perkembangan sel saraf otak, tulang, maupun regenerasi sel darah bisa berlangsung lebih cepat.

Baca juga: Waspada! Penyakit yang sering dialami bayi

Bagi yang ingin mendapatkan tips merawat bayi, silahkan simak video ini:



1 Response to "Ingin Bayi Sehat? Perhatikan 7 Hal Sederhana ini !"

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !