Cara Praktis Mengatasi Cegukan Pada Bayi 30 detik

Cara Mengatasi Bayi Cegukan - Cegukan terlihat sepele karena umumnya terjadi pada orang dewasa. Bagaimana jika cegukan terjadi pada bayi atau bahkan bayi baru lahir? Tentu bisa saja. Bagi para bunda biasanya bingung dan khawatir bagaimana mengatasi cegukan yang cepat, tepat, dan aman bagi bayi. Selama ini cegukan dimitoskan dengan kurang minum air, namun sebenarnya penyebab cegukan pada bayi karena sedang disusui (apabila jika teknis menyusui salah) dan perubahan emosi seperti marah dan menangis.

Cara Praktis Mengatasi Cegukan Pada Bayi
Cara Praktis Mengatasi Cegukan Pada Bayi 


Meskipun cegukan bukan termasuk penyakit yang serius dan bisa sembuh dengan sendirinya apalagi seiring dengan bertambahnya, namun tetap saja perlu membaca cara mengobati cegukan pada bayi. Apabila cegukan sampai menyebabkan bayi batuk, muntah, sangat rewel atau sangat tidak terkendali hingga bayi berusia lebih dari setahun, sebaiknya orang tua segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Berikut ada cara-cara yang dapat para ibu lakukan untuk mengatasi cegukan pada bayi:

Cara Praktis Mengatasi Cegukan Pada Bayi 

Mengubah Posisi Menyusui Bayi

Seperti yang telah disebutkan diawal, salah satu penyebab dari bayi cegukan adalah teknik menyusui yang salah. Ketika posisi menyusui salah maka udara yang masuk ke bayi menjadi berlebih sehingga menimbulkan cegukan. Oleh karena itu, sebaiknya membatasi jumlah udara yang masuk ke bayi dengan ubah posisi menyusui terus sampai cegukan bayi hilang. Jika bayi Ibu terus cegukan sebaiknya berhenti dulu menyusui karena khawatir bayi tersedak.


Tenangkan Bayi

Terlalu bersemangat saat si bayi menyusui justru tidak baik. Karena udara menjadi masuk ke diafragma. Tidak hanya bayi yang harus ditenangkan, sang Ibu juga harus menenangkan diri dan tidak terlalu bersemangat saat menyusui. Cara menenangkan bayi bisa dengan cara menggosok punggung bayi secara halus dan lembut sehingga membuat bayi menjadi rileks dan cegukan berangsur reda.


Sendawakan Bayi

Bersendawa ternyata menjadi cara yang efektif dalam mengentikan cegukan pada bayi. Cara sendawakan bayi juga tergolong mudah, cukup dengan menepuk punggung bayi setelah selesai memberikan susu atau ASI. Cara lain agar bayi bersendawa bisa dengan mengubah posisi bayi menjadi berdiri kemudian posisikan badan bayi anda berada dibagian pundak, sehingga badan bayi anda sejajar dengan pundak anda.


Atur Jadwal Makan Bayi Secara Teratur

Dengan mengatur jadwal makan dengan tepat akan berdampak pada mengurangi cegukan bayi. Yang dimaksud memberikan makanan teratur pada bayi adalah ketika bayi sudah mencapai usia enak bulan atau lebih maka pemberian ASI disesuaikan dengan konsisi si buah hati. Berikan ASI sebelum lapar dan berhentikan sebelum kenyang. Bagi yang muslim, itu merupakan salah satu teladan yang diberikan Nabi Muhammad SAW untuk makan sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang.


Demikian tips dan cara mengatasi cegukan pada bayi. Para ibu diharapkan tidak panik. Tetap tenang semoga cegukan pada bayi berangsur menghilang. Perlu juga ibu mendeteksi penyakit serius pada bayi sejak dini.

2 Responses to "Cara Praktis Mengatasi Cegukan Pada Bayi 30 detik"

  1. adik saya sering cegukan pada bayi, makasih tipsnya bermanfaat

    ReplyDelete
  2. cegukan pada bayi bikin khawatir nih hehe

    ReplyDelete

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !