Khasiat dan Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan


Lada Hitam - Images pixabay.com
Lada Hitam - Images pixabay.com
Khasiat dan Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan. Lada sering digunakan oleh ibu rumah tangga sebagai bumbu penyedap rasa makanan dapur dengan sensasi pedasnya. Lada sering juga disebut merica. Lada atau merica ini ada dua jenis, yaitu lada putih dan lada hitam. Lada tidak hanya sebagai bumbu penyedap rasa melainkan dalam kandungan lada ternyata memiliki khasiat bagi kesehatan, khususnya lada hitam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.



Berikut adalah khasiat dan manfaat lada hitam bagi kesehatan:


Mencegah Pertumbuhan Kanker

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Machigan  Cancer Center, lada hitam terbukti dapat mencegah perkembangan dan pertumbuhan sel kanker. Dalam hal ini ditemukan kandungan piperin yang ada dalam lada hitam mampu mematikan pertumbuhan kanker payudara. Akan lebih efektif lagi jika lada hitam ini dikombinasikan dengan kunyit, maka sifat anti kankernya akan semakin tinggi. Terlepas dari pepirin lada hitam juga mengandung antioksidan yang kaya akan vitamin C, vitamin A, flavonoid, dan karoten yang membantu tubuh dari radikal bebas.


Melancarkan Pencernaan

Kandungan pepirin dalam lada hitam akan membuat pencernaan menjadi lebih baik. Kandungan pepirin ini dapat merangsang perut untuk memproduksi asam hydrochloric untuk dapat mencerna protein dan makanan lain dalam perut, yang jika tidak tercerna dengan baik akan menyebabkan perut kembung, gangguan pencernaan, diare, dan sembelit.  


Menurunkan Berat Badan

Lada hitam membantu meleburkan dan menghancurkan sel-sel lemak dalam tubuh. Sehingga merangsang tubuh untuk berkeringat dan buang air kecil untuk mengatasi kelebihan air dan toksin dalam tubuh. Kegiatan semacam ini secara cepat dapat menurunkan berat badan dengan efektif, taburi makanan Anda dengan bubuk lada hitam di atas makanan, namun jangan mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak, hanya secukupnya saja, karena jika digunakan secara berlebihan akan menimbulkan dampak yang tidak diinginkan.


Menyembuhkan Perut Kembung

Lada juga dikenal dengan kandungan karminatifnya. Yang mana kandungan ini dapat mencegah pembentukan gas. Lada hitam bisa dapat meringankan ketidaknyamanan perut yang diakibatkan oleh perut kembung. Taburi secukupnya lada hitam dalam makanan Anda agar dapat meringankan perut kembung Anda.

Nutrisi Kesehatan Kulit Wajah

Pasti Anda bertanya-tanya tentang apa hubungan lada hitam dengan kulit. Selain membantu mengeluarkan keringat dan membuang semua racun dari kulit Anda, lada hitam juga bertindak sebagai oxfoliant yang baik. Lada hitam yang dihaluskan dan ditambahkan ke scrub wajah berfungsi untuk mematikan dan mengangkat sel-sel kulit mati, merangsang sirkulasi dan memberikan pasokan oksigen yang cukup pada nutrisi kulit.

Membasmi Ketombe

Khasiat dan manfaat lada hitam tidak hanya untuk mencerahkan kulit, melainkan juga dapat mengatasi ketombe pada rambut. Campurkan satu sendok lada hitam yang dilembutkan ke dalam secangkir air mendidih. Kemudian aduk merata, dan dinginkan sejenak, kemudian oleskan pada kulit kepala. Kemudian tunggu sekitar setengah jam (tiga puluh menit). Bilas rambut Anda sampai bersih dan jangan gunakan shampo pada tahap ini, namun keesokan harinya barulah membilas kepala Anda dengan shampo. Perhatian: Tetap gunakan lada hitam secukupnya saja dan jangan berlebihan.


Menyembuhkan Batuk dan Hidung Tersumbat

Degan sifat anti bakterinya lada hitam mampu menekan virus yang dapat membuat hidung tersumbat dan batuk. Rasa hangat dan pedas lada hitam mampu melonggarkan dahak dan hidung tersumbat. Coba taburkan lada hitam pada sup panas, bakso, soto, atau makanan berkuah lainnya, ini kakan segera melonggarkan dahak sehingga Anda mudah untuk bernafas.


Merangsang Selera Makan

Lada hitam banyak dikenal dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Karena khasiat ini lada hitam baik juga untuk merangsang selera makan. Taburkan merica dalam makanan Anda secukupnya guna memberikan goyangan pada lidah agar bisa menggungah selera makan Anda kembali.

Itulah ulasan singkat dari Khasiat dan Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda, dan sebagai rujukan referensi untuk dapat memperoleh kesehatan yang diharapkan.

0 Response to "Khasiat dan Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !