6 Macam Jenis Penyakit Pada Bayi Yang Harus Diwaspadai

Macam Jenis Penyakit Pada Bayi Yang Harus Diwaspadai - Memiliki buah hati merupakan sebuah cita-cita mulia yang hampir diinginkan oleh semua orang tua. Bisa mendapatkan kepercayaan dari Sang Pencipta untuk menjaga dan merawat bayi ialah hal berharga yang tidak bisa dipandang remeh. Setiap orang tua selalu memperhatikan kondisi kesehatan bayinya dan selalu mengkhawatirkan kondisi bayi agar selalu dalam keadaan sehat. Oleh sebab itu, saat bayi anda memperlihatkan gejala-gejala kurang sehat, maka segera ambil tindakan pengobatan secepatnya untuk mengantisipasi hal tersebut. Jangan pernah menyepelekan masalah yang dialami oleh bayi anda, hal ini dikarenakan terdapat beberapa penyakit mematikan yang besar kemungkinan bisa diderita oleh bayi, bahkan berisiko terhadap kematian.

Macam Jenis Penyakit Pada Bayi Yang Harus Diwaspadai
Macam Jenis Penyakit Pada Bayi Yang Harus Diwaspadai

Bayi tidak memiliki kekuatan untuk bertahan sehingga sangat rentan terhadap beberapa penyakit, berbeda dengan orang dewasa. Maka dari itu, menjadi sebuah kewajiban bagi para orang tua untuk mengetahui beberapa penyakit yang sering dialami oleh bayi sehingga tindakan tindakan penanggulangan penyakit bisa dilakukan secepatnya dan kesembuhan maksimal bisa diperoleh. Meskipun terdapat beberapa penyakit yang ringan, anda juga harus tetap mengantisipasinya sehingga penyakit tidak semakin parah dan berakibat fatal. Berikut ini ulasan lengkapnya untuk anda.

Penyakit Apnea (Tidak Bernapas Spontan)

Penyakit Apnea ialah sebuah penyakit yang menyebabkan bayi menjadi sulit bahkan tidak bisa bernapas untuk beberapa detik pada saat tidur. Ternyata hal ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa, namun juga oleh buah hati tercinta. Ketidakmampuan untuk bernapas ini tidak hanya dialami oleh bayi yang lahir secara normal, namun juga dialami oleh bayi yang lahir dalam keadaan prematur.

Penyakit Kuning (Jaundice)

Penyakit kuning ialah penyakit selanjutnya yang sering dialami oleh bayi, penyakit ini biasanya akan membuat kulit dan mata bayi berubah warna menjadi kuning. Pada dasarnya penyakit kuning pada bayi ini tidak tergolong berbahaya, kecuali penyakit kuning tidak kunjung hilang dalam kurun waktu yang lama.

Sesak Napas

Sesak napas juga menjadi salah satu jenis penyakit yang hampir diderita oleh semua bayi, biasanya bayi yang mengalami sesak napas sulit untuk menarik napas, bahkan napas bayi akan mengeluarkan bunyi ‘ngik’ yang disertai batuk. Dalam beberapa kasus, bahkan ditemukan perubahan warna pada kulit bayi yang menjadi biru akibat kurangnya oksigen.

Penyakit Eksim Susu (Dermatitis Atopi)

Eksim susu ialah salah satu jenis penyakit kulit yang paling umum dialami atau diderita oleh bayi. Penyakit ini disebut dengan penyakit eksim susu dikarenakan dipicu oleh ASI yang mengenai kulit di area mulut sang bayi tercinta. Kemudian kulit di area mulut yang terkena ASI akan berubah warna hingga menimbulkan bercak merah yang sangat kentara di sekitar mulut.

Infeksi Saluran Pernapasan

Infeksi saluran pernapasan juga termasuk jenis penyakit yang sering dialami oleh bayi. Bahkan hampir segala bentuk dan jenis infeksi, mulai dari yang menyerang saluran pernapasan atas (ISPA) hingga infeksi yang menyerang saluran pernapasan bawah berpotensi untuk diderita oleh bayi anda. Selain itu, penyakit yang diakibatkan oleh infeksi saluran pernapasan ini biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir.

Batuk Dan Pilek 

Selain beberapa penyakit di atas, virus juga menjadi penyebab utama yang memicu terjadinya penyakit yang bisa menyerang sang bayi. Batuk dan pilek ialah dua jenis penyakit yang disebabkan oleh virus dan sangat sering dialami oleh bayi. Maka dari itu, segera berkonsultasi dengan dokter apabila batuk dan pilek bayi anda tidak kunjung sembuh hingga dalam jangka waktu seminggu.


Itulah beberapa jenis penyakit yang biasanya menyerang bayi. Para Ibu harus waspada sejak dini untuk peka terhadap kesehatan buah hati. Jangan sampai masalah sepele menjadi penyakit serius. Segera lakukan pemeriksaan terhadap ahlinya.

0 Response to "6 Macam Jenis Penyakit Pada Bayi Yang Harus Diwaspadai"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !