5 Manfaat dan Khasiat Buah Terap

Manfaat dan Khasiat Buah Terap. Buah terap atau dalam bahasa ilmiahnya disebut artocarpus odoratissimus. Buah terap atau tarap adalah buah hutan dari jenis buah nangka. Buahnya mirip seperti nangka, tapi ukurannya lebih kecil dari buah nangka. Ada juga yang mengatakan bahwa buah terap ini mirip buah sukun. Buah ini juga dikenal sebagai ‘merang’ menurut bahasa Filipina. Buah ini kurang dikenal karena hanya menyebar di daerah Asia Tenggara. Buah terap ini lebih dikenal di Filipina, bahkan telah dibudidayakan secara luas, seperti di Mindoro, Mindanao, Basilan, dan Sulu. Dan buah ini juga menyebar di borneo bagian utara seperti di Brunei, Sabah, Serawak, Thailand, dan juga Kalimantan Timur. Asal-usul buah terap ini diperkirakan berasal dari bagian utara borneo di mana ditemukan jenis liarnya di alam. Ternyata buah terap ini tidak hanya dibudidayakan di Asia Tenggara melainkan juga telah dibudidayakan di Queensland, Australia. Buah terap memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh. Berikut akan dijelaskan 

5 Manfaat dan Khasiat Buah Terap:

Meningkatkan Stamina

Buah terap merupakan buah yang kaya akan mafaat bagi kesehatan tubuh. Buah terap mengandung zat yang dapat menambah energi dalam tubuh yang dapat meningkatkan stamina. Tubuh hendaknya memerlukan pasokan energi yang cukup untuk membantu aktivitas kinerja tubuh dalam beraktivitas. Sama halnya dengan nasi yang mengandung karbohidrat, akan tetapi buah ini lebih rendah kadar kabohidratnya namun kinerjanya mengalahkan energi yang diciptakan oleh kandungan karbohidrat dalam nasi.

Melancarkan Pencernaan

Buah terap juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Buah terap mengandung zat yang mampu menghancurkan gas dalam perut yang mengakibatkan perut kembung, serta dapat melancarkan buang air besar. Bahkan khasiat buah terap ini mampu menyembuhkan penyakit wasir.

Memberikan Nutrisi Pada Tulang

Kandungan zat kalsium yang terdapat pada buah terap ini juga mampu membantu menutrisi tulang. Selain itu juga mampu untuk mencegah dari penyakit pengapuran sendi pada tulang. Sehingga dengan mengkonsumsi buah terap ini secara teratur mampu meningkatkan dan menguatkan kualitas tulang dalam tubuh.

Menyembuhkan Sariawan


Dalam buah terap juga terdapat kandungan Vit C yang mampu membantu mencegah dan mengobati sariawan. Dengan rutin mengkonsumsi buah terap virus yang menyebabkan sariawan akan menjauh dan Anda akan terbebas dari panas dalam dan bau mulut.

Buah Terap - Images buscamanzanillo.com

Mencerahkan Kulit

Buah terap juga dapat dibuat lulur atau pupur untuk membantu mencerahkan kulit. Selain itu, khasiat buah terap ini juga berfungsi mengangkat kulit mati, serta memperkecil pori-pori pada kulit wajah. Gunakan scrub wajah dan taburi pupur buah terap atau oleskan saripati buah terap pada muka dan diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit, kemudian lepaskan dan bilas dengan air bersih, muka Anda akan tampak lebih kencang dan segar.






Itulah sekilas info tentang Manfaat dan Khasiat Buah Terap. Semoga bermanfaat bagi Anda yang menginginkan hidup sehat dengan menggunakan bahan-bahan yang alami dari alam. 

1 Response to "5 Manfaat dan Khasiat Buah Terap"

  1. wah., ternyata buah terap punya banyak manfaat ya, baru tau nih khasiat dan manfaaatnyaaa

    ReplyDelete

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !