Mendeteksi Penyakit Serius Pada Sang Bayi Sejak Dini

Mendeteksi Penyakit Serius Pada Sang Bayi Sejak Dini - Mewaspadai penyakit serius pada bayi merupakan suatu keharusan yang wajib dilakukan oleh seorang ibu. Maka dari itu, penting bagi para ibu untuk mengetahui dan mengenali beberapa jenis penyakit yang sering dialami dan menyerang bayi sehingga para ibu tidak  mudah panik dan secepatnya mengambil tindakan penanganan penyakit dengan tepat dan cermat. Penyakit yang sering dialami oleh bayi bisa saja terjadi pada bayi sejak ia lahir bahkan hingga mencapai bayi mencapai usia tertentu.

Dan ingat, bagi para orang tua jangan pernah panik dan selalu menjadi orang tua yang cermat dan pintar dalam semua kondisi. Simak ulasan selangkapnya mengenai beberapa jenis penyakit yang sering menyerang bayi yang wajib diwaspadai oleh para ibu.


Mendeteksi Penyakit Serius Pada Sang Bayi Sejak Dini
Mendeteksi Penyakit Serius Pada Sang Bayi Sejak Dini

Mewaspadai Penyakit Ruam Popok Pada Bayi

Ruam popok merupakan sebuah penyakit yang mengakibatkan kulit sang bayi menjadi kemerahan akibat iritasi karena penggunaan popok bayi. Maka dari itu, penting bagi para orang tua untuk selalu cermat dalam memilih produk popok bayi sehingga kulit bayi tetap sehat dan membuat nyaman sepanjang hari.


Mewaspadai Telinga Merah Pada Bayi

Warna telinga yang mengalami perubahan menjadi merah pada bayi merupakan sebuah pertanda dari infeksi telinga tengah, dan tentunya hal ini wajib diwaspadai oleh para orang tua. Infeksi yang menyerang bagian telinga tengah hanya menyerang bagian tengah telinga saja atau lebih tepatnya hanya menyerang area sekitar gendang telinga. Dan bagi orang tua yang melihat kejanggalan ini terjadi pada sang bayi, maka segera lakukan tindakan penanganan yang tepat dengan secepatnya.


Mewaspadai Sembelit Pada Bayi

Penyakit lainnya yang sering menyerang bayi-bayi ialah sembelit. Sembelit pada bayi biasanya disebabkan karena bayi yang kekurangan cairan. Penyebab lainnya ialah dikarenakan terjadinya perubahan pada asupan makanan, seperti dimulainya pemberian makanan padat untuk pertama kalinya pada sang bayi. Sembelit yang terjadi hingga waktu yang lebih dari satu bulan wajib diwaspadai oleh para orang tua dan harus segera diatasi secepatnya.


Mewaspadai Muntah Pada Bayi

Muntah-muntah ialah sebuah kondisi kesehatan yang bisa menjadi pertanda dari beberapa keadaan, mulai dari akibat bayi yang terlalu kekenyangan, banyak udara di dalam lambung, hingga beberapa penyebab lainnya. Segera melakukan konsultasi dengan dokter apabila muntah-muntah pada bayi tak kunjung berhenti.


Mewaspadai Diare Pada Bayi

Diare ialah jenis penyakit berikutnya yang juga sangat sering dialami oleh bayi. Pada dasarnya diare disebabkan oleh virus yang sering disebut rotavirus, meskipun terdapat beberapa penyebab lainnya yang juga memicu masalah pencernaan pada bayi. Salah satu kondisi dari diare yang wajib diwaspadai ole para orang tua ialah apabila diare pada bayi disertai dengan darah, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter.


Penyakit Hemolitik Pada Bayi

Penyakit hemolitik merupakan salah satu jenis penyakit bayi yang berbahaya, dan biasanya diakibatkan karena permasalahan darah antara ibu dan sang bayi sejak dalam kandungan. Penyebab utama dari penyakit ini ialah karena adanya perbedaan rhesus golongan darah antara sang ibu dan bayinya. Perbedaan golongan darah ini mengakibatkan antibodi sang ibu yang masuk ke dalam plasenta bisa menyerang sel-sel darah merah si cabang bayi yang baru lahir.


Mewaspadai Penyakit Hipotiroid Pada Bayi

Penyakit hipotiroid pada bayi yang baru lahir hampir sebagian besar tidak disadari oleh para orang tua. Perlu para orang tua sadari, penyakit hipotiroid yang dibiarkan dan tidak segera diatasi akan mengakibatkan masalah yang lebih pelik, yaitu mengganggu perkembangan sang bayi nantinya. Salah satu tanda dari penyakit ini ialah sembelit yang dialami oleh si kecil.




Demikian artikel tentang cara mengetahui gejala penyakit pada bayi sejak dini. Semoga semakin waspada tentang penyakit yang dialami anak agar tidak terlambat. 

0 Response to "Mendeteksi Penyakit Serius Pada Sang Bayi Sejak Dini"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !