Mengatasi Kesulitan BAB dengan Praktis Tanpa Ribet

Mengatasi Kesulitan BAB dengan Praktis - Kesulitan Buang Air Besar merupakan bagian dari gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan sendiri merupakan disfungsi salah satu organ dalam sistem pencernaan yang berakibat pada rasa sakit pada beberapa bagian tubuh. Sebagaimana diketahui bahwa sistem pencernaan merupakan sistem terpanjang di dalam tubuh yang mengatur bagaimana masuknya makanan dan minuman ke dalam tubuh hingga keluarnya dari dalam tubuh. Proses pencernaan meliputi dari pemecahan makanan, pengambilan nutrisi, mencerna sisa zat yang bermanfaat dari makanan, hingga yang terakhir adalah membentuknya menjadi feses untuk dikeluarkan.


Mengatasi Kesulitan BAB dengan Praktis, Mudah, dan Cepat
Mengatasi Kesulitan BAB dengan Praktis

Gangguan pencernaan akan membuat tidak nyaman pada tubuh. Jika dibiarkan maka bisa jadi gangguan tersebut akan mempengaruhi kesehatan secara signifikan dan membuat penderitanya mengalami penyakit yang kronis. Beberapa penyakit yang diakibatkan gangguan pencernaan adalah diare, kesulitan buang air besar, wasir, usus buntu, dan batu empedu. Kesulitan BAB atau bisa disebut sembelit tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, namun juga bayi.


Kesulitan BAB sebagai Salah Satu Gangguan Pencernaan

Salah satu gangguan pencernaan yang sering terjadi pada tubuh manusia adalah kesulitan untuk buang air besar (BAB). Kesulitan BAB atau sembelit terjadi karena feses yang akan dikeluarkan oleh tubuh tersimpan terlalu lama sehingga menyebabkan bentuknya mengeras dan sulit untuk dikeluarkan. Kesulitan dalam buang air besar bisa juga dipengaruhi oleh organ usus yang tidak berfungsi dengan maksimal. Karena usus merupakan bagian penting dari pencernaan maka karena itulah kesulitan buang air besar dianggap sebagai gangguan pencernaan. Berikut ini beberapa keadaan yang menyebabkan terjadinya sembelit atau dalam istilah medis disebut dengan konstipasi.

#1. Menunda buang air besar

Menunda BAB sangat tidak dianjurkan karena bisa menjadikan feses menumpuk dan pada akhirnya sulit untuk dikeluarkan. Menunda-nunda BAB menyebabkan fese menjadi keras sehingga usus menjadi terganggu dan berkontraksi. Kontraksi inilah yang menyebabkan rasa nyeri pada sembelit.

#2. Pola makan yang tidak seimbang

Seperti diketahui bersama bahwa asupan makanan berperan penting pada proses pencernaan. Kesalahan dalam memilih makanan akan berpengaruh besar pada sistem pencernaan dalam tubuh. Pola makan yang tidak seimbang diirngi dengan asupan makanan yang memiliki gizi dan nutrisi yang kurang akan dapat menyebabkan sistem pencernaan terkena konstipasi. Makan makanan kurang serat akan membuat pencernaan kekurangan cairan yang menyebabkan feses tidak bisa berjalan dengan lancar.

#3. Kehamilan

Hampir sebagian besar wanita hamil akan merasakan yang namanya sembelit atau kesulitan BAB. Hal ini dikarenakan tubuh memproduksi hormon progesteron yang melimpah yang berakibat pada lenturnya otot pada bagian perut dan sekitarnya. Hal inilah yang menyebabkan usus terhimpit dan berkontraksi sehingga tidak bisa berfungsi dengan maksimal sebagaimana mestinya.

#4. Pengaruh obat-obatan yang dikonsumsi

Penyebab kesulitan BAB yang terakhir adalah pengaruh dari obat-obatan yang diminum sebagai efek samping dari obat tersebut. Beberapa obat yang bisa menyebabkan kondisi tersebut diantaranya adalah suplemen kesehatan, suplemen zat besi dan kalsium, obat diuretik, dan beberapa obat lainnya. Oleh karena itulah saat membeli obat-obat tersebut terlebih dahulu baca akan efek samping dari obat tersebut.


Cara Mengatasi Kesulitan BAB

Mengatasi kesulitan BAB tidaklah sulit hanya saja membutuhkan kesabaran karena harus menunggu proses dari perbaikan sistem pencernaan. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesulitan BAB dengan tepat.

  • Memperbanyak konsumsi serat
  • Memperbanyak konsumsi air putih
  • Memposisikan lutut di atas pinggang untuk mempermudah BAB
  • Olahraga ringan
  • Jangan menunda keinginan BAK atau BAB dalam waktu yang lama
  • Konsumsi obat-obatan yang telah dianjurkan oleh dokter untuk mengatasi kesulitan BAB

Semoga artikel tips dan cara mengatasi sulit BAB bisa menjadi rujukan terbaik bagi pembaca yang sedang mengalami kesulitan BAB. Yuk, mulai gaya hidup sehat untuk mencegah sulit BAB sejak dini.