Praktis! Cara Menjaga Kesehatan Telinga Bayi Dengan Mengenali Ciri dan Cara Pencegahannya

Jaga Kesehatan Telinga Bayi Dengan Mengenali Ciri dan Cara Pencegahannya - Kesehatan telinga bayi adalah satu dari kesehatan banyak organ bayi yang harus dijaga benar oleh para orang tua. Namun demikian, saat orang tua yang bersangkutan bukan termasuk orang yang berkarier di bidang medis, pemahaman untuk memelihara kesehatan telinga bayi sering kali tidak sempurna. Oleh karena itu, jika Anda mengalami hal yang sama dan ingin menjauhkan buah hati Anda dari resiko otitis, tak ada salahnya menyimak informasi berikut.

Jaga Kesehatan Telinga Bayi Dengan Mengenali Ciri dan Cara Pencegahannya
Jaga Kesehatan Telinga Bayi Dengan Mengenali Ciri dan Cara Pencegahannya


Definisi dan penyebab

Otitis adalah infeksi yang kebanyakan menyerang bagian telinga tengah pada bayi. Penyebab utama dari penyakit ini adalah infeksi bakteri Streptococcus hemoliticus, Haemophilus influenzae. maupun virus yang menyebabkan adanya penggumpalan dan peradangan di bagian tuba eustachius, antrum mastoid, serta gendang telinga. Ketika penyakit yang satu ini tidak segera diobati dengan baik, ada beragam resiko penyakit lain yang mungkin muncul, yaitu:

  • Meningitis atau radang selaput otak bisa terjadi karena infeksi bakteri yang menyebar ke area meninges.
  • Ketika bayi yang menderita otitis atau gangguan pada telinga tengah tidak segera mendapat pengobatan, reiko yang bisa terjadi adalah labirinitis, dimana infeksi menyebar ke telinga bagian dalam.
  • Tubuh bayi bisa mengalami hilang keseimbangan dan infeksi pada tulang mastoidal ketika infeksi telinga tengah tidak diobati dengan baik.


Gejala penyakit

Ketika bayi Anda mengalami otitis, ada beragam gejala yang ditunjukkan sesuai dengan daya tahan tubuh maupun tingkat keseriusan penyakit.

  • Bayi akan sering mencoba untuk menggaruk dan memasukkan jari tangan ke telinganya. Selain itu, bayi akan semakin mudah marah dan rewel karena demam yang dideritanya.
  • Gejala susah tidur di malam hari dan nafsu makan yang menurun drastis.
  • Pada situasi tertentu, bayi akan merasakan tekanan menyakitkan yang terjadi karena ada penggumpalan cairan di telinga. Hal ini akan membuat bayi yang bersangkutan sering menangis.
  • Pada kondisi infeksi yang serius, ada cairan darah yang keluar dari telinga dan disertai robeknya gendang telinga.



Metode pencegahan

Jika Anda tidak ingin buah hati Anda mengalami penyakit pada bagian telinganya, lakukan beberapa tindakan pencegahan berikut demi menjaga kesehatan telinga bayi.

  • Selalu memberikan ASI eksklusif di awal masa perkembangannya dan tidak memberikannya dengan posisi berbaring atau tertidur.
  • Memberikan vaksin DTP/IPV tepat waktu
  • Jangan membuat anak yang bersangkutan berada di lingkungan penuh asap maupun polusi udara terlalu lama.
  • Menempatkan lokasi istirahatnya di tempat yang memiliki sirkulasi udara baik.
  • Jangan memberikan makanan melalui dot pada bayi usia lebih dari 12 bulan.
  • Memberikan asupan nutrisi buah dan sayur yang digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.
  • Menidurkan bayi di atas sprei atau selimut yang bersih.


Metode pengobatan

Saat telinga tengah bayi Anda terlanjur mengalami infeksi, ada beberapa upaya pengobatan yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Pengobatan medis dengan menggunakan antibiotik dan obat pereda demam yang mengandung senyawa seperti ibuprofen. Namun demikian, sebelum memberikan obat medis ini, pastikan paramedis yang menangani anak Anda mengetahui perkembangan gejala yang terjadi selama 3 hari sebelumnya, riwayat penyakit bawaan yang mungkin dimiliki (seperti gangguan jantung maupun sistem pencernaan), tingkat daya tahan tubuh anak, dan lainnya.
  • Menggunakan obat herbal dengan kandungan karotenoid, flavonoid, dan lutein untuk mengurangi infeksi. Namun demikian, untuk penggunaan obat herbal, Anda harus memperhatikan komposisi obat serta lokasi pembelian obat tersebut.


Itulah cara menjaga kesehatan telinga bayi dengan mengenali ciri dan cara pencegahannya. Semoga para Ibu semakin waspada terhadap penyakit yang sering dialami bayi sehingga bayi dapat terhindar dari penyakit berbahaya.

2 Responses to "Praktis! Cara Menjaga Kesehatan Telinga Bayi Dengan Mengenali Ciri dan Cara Pencegahannya"

  1. emang penting untuk menjaga kesehatan telinga bayi

    ReplyDelete
  2. ampuh nih buat buang kotoran ditelinga bayi

    ReplyDelete

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !