Gawat! Penyakit Yang Dialami Bayi Dan Cara Mengantisipasinya

Penyakit Yang Dialami Bayi Dan Cara Mengantisipasinya - Pada saat sang bayi tercinta mengalami keanehan pada kondisi tubuhnya, maka sudah sewajarnya apabila sang ibu merasa khawatir dan gelisah hingga tak mampu beraktivitas sewajarnya. Biasanya, kegelisahan pada para ibu akan semakin meninggi karena ketidakmampuan sang bayi untuk mengungkapkan dan memberitahu rasa sakit apa yang dirasakan olehnya pada orang tua. Jika kondisi seperti ini juga terjadi pada anda, maka cobalah bersikap tenang dan tidak panik. Cobalah untuk berfikir positif dan mengecek kondisi tubuh bayi anda dan mendeteksi gejala-gejala yang terjadi. Mendeteksi dan mengenali gejala-gejala penyakit pada bayi merupakan salah satu hal terpenting yang wajib dilakukan oleh para orang  tua sebagai pengobatan awal paling efektif dan mudah.

Penyakit Yang Dialami Bayi Dan Cara Mengantisipasinya
Penyakit Yang Dialami Bayi Dan Cara Mengantisipasinya

Pentingnya Mengenali Gejala penyakit Pada Bayi

Dengan begitu banyaknya jenis penyakit yang diderita bayi terutama bayi baru lahir, maka tentunya gejala yang ditimbulkan juga akan beragam. Secara garis besar, bayi biasanya akan dicurigai sakit apabila mengalami beberapa perubahan terhadap pola tingkah laku yang berbeda dari yang biasanya. Apalagi bila perubahan tingkah laku juga disertai dengan gejala lainnya, baik gejala demam, sesak, muntah, kejang, batuk, dan lainnya. Contoh dari perubahan tingkah laku yang dimaksud ialah seperti tidak mau minum dan makan, menjadi sangat rewel, muntah, perut kembung, menangis, merintih, tidak mau menyusui, dan lainnya. Selain itu, sang bayi biasanya juga memberikan perubahan pada bagian fisiknya, baik dari kelumpuhan sesaat, gangguan berkemih, kelopak mata yang sembab, kulit kemerahan, tumbuh bisul, lebam tanpa sebab, dan lainnya.

Selain itu, orang tua juga bisa mendeteksi dan mengenali gejala-gejala penyakit dengan memperhatikan keadaan sang bayi dan perbedaannya daru lahir hingga sekarang. Perhatikan dengan jeli dari kepala hingga telapak kakinya, apakah terdapat kelainan pada kondisi bayi anda atau tidak. Beberapa gejala yang biasanya ditemukan pada beberapa kasus ialah seperti ukuran kepala yang bertambah besar, kelainan pada tungkai dan lengan, pada dinding dada, pada perut, dan bagian tubuh lainnya.


Macam Jenis Penyakit Yang Diderita Bayi Dan Cara Mengatasinya

Eksim susu (dermatitis atopi)

Penyakit eksim susu disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya ialah faktor keturunan akibat sang ibu yang mempunyai riwayat alergi, faktor kulit kering, faktor lingkungan yang tidak bersih, dan lainnya. Penyakit eksim susu bisa diatasi dengan cara menjaga lingkungan bersih di sekitar bayi, menjaga kebersihan kulit bayi, dan pastikan memilih dan menggunakan sabun mandi bayi yang mengandung pelembab dan bebas dari kandungan parfume. Selain itu, cobalah untuk selalu menghindar dari tempat dengan udara yang panas. Bila berada di kondisi yang demikian, maka pastikan anda telah memakainya bayi sarung tangan, dan pelindung lainnya. Selalu jaga kebersihan bayi anda, seperti memotong kukunya secara rutin agar bayi tidak menggaruk bagian wajah dan membuatnya luka. Jika wajah bayi anda terlihat merah dan bengkak, maka segera berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Batuk pilek

Batuk pilek merupakan salah satu penyakit bayi yang secara umum diakibatkan oleh virus. Pada bayi yang menderita batuk pilek, sang ibu tetap harus memberikan ASI, hanya saja hindari penggunaan botol susu. Hal ini dikarenakan gerakan sang bayi saat menghisap payudara akan membuat saluran eustachius (penghubung hidung dengan telinga) menjadi tertutup. Selain itu, pastikan anda jeli dan teliti pada saat memilih dan memberikan obat antibiotik kepada sang bayi. Berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis bakteri yang menyerang bayi anda merupakan salah satu cara tepat untuk menyembuhkannya secara maksimal.




Itulah beberapa penyakit yang sering dialami bayi dan tips mengatasinya. Semoga menjadi refrensi terbaik bagi bunda untuk buah hati di rumah. Tetap bersabar dan semangat untuk merawat buah hati tercinta.

0 Response to "Gawat! Penyakit Yang Dialami Bayi Dan Cara Mengantisipasinya"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !