Rahasia Tetap Fit dan Bugar Saat Puasa

Rahasia Tetap Fit dan Bugar Saat Puasa - Saat puasa kita tentang akan mengalami gaya hidup yang berubah. Biasanya saat pagi sarapan namun saat puasa hal tersebut dilarang. Namun, menjalankan ibadah puasa bukan menjadi alasan untuk malas-malasan apalagi cuma tidur-tiduran. Oleh karena itu penting untuk menjaga kesehatan agar tetap fit dan bugar meskipun saat puasa.

Rahasia Tetap Fit dan Bugar Saat Puasa

Cara Menjaga Kesehatan Saat Puasa

Pilih Makan Sahur dan Berbuka Yang Sehat

Makanan dan minuman yang sehat tidak harus mahal. Yang terpenting adalah kandungan gizi tercukupi sekalipun menu sederhana. Asupan makanan merupakan sumber tenaga dan energi bagi kita untuk menjalani puasa seharian penuh. Saat berbuka bisa makan kurma yang sangat baik bagi kesehatan sekaligus sunnah Nabi Muhammad SAW. Hindari makanan instan (cepat saji) seperti mie karena memiliki kandungan gizi yang rendah.

Istirahat Yang Cukup

Istirahat dengan tidur seharian itu berbeda ya. Istirahat cukup artinya juga boleh untuk sekedar tidur siang hari dalam rentang waktu yang sewajarnya. Jangan sampai hari-hari puasa dihabiskan dengan tidur-tiduran. Sangat disayangkan apabila melewatkan berkah ibadah di ramadhan. Dengan tidur siang saat sholat tarawih juga tidak ngantuk, dan bangun sahur juga menjadi semangat


Tetap Olahraga

Meskipun puasa olahraga jangan sampai kendor. Olahragalah yang ringan-ringan untuk menjaga kesehatan sekaligus refreshing agar badan tetap segar saat berpuasa. Sederhana, misalnya ke kampus jalan kaki atau ke masjid jalan kaki itu sudah termasuk olahraga. Tidak perlu memaksakan diri melakukan olahraga berat yang justru menyebabkan sakit tubuh bahkan sampai tidak kuat alias membatalkan puasa.


Itulah beberapa tips atau cara agar puasa kalian anti loyo dan mager. Semoga ibadah puasa kali ini semakin berkah dan kita menjadi pribadi yang semakin baik. Apabila kalian punya tips lainnya silahkan tulis dikomentar.

1 Response to "Rahasia Tetap Fit dan Bugar Saat Puasa"

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !