Eksotisme Pinka (Pinggir Kali) Tulungagung

Tulungagung, the best place of caffe. Bagaimana tidak? Di setiap sudut kota agan-agan bisa menemukan warung kopi. Dari yang berbentuk caffe modern, caffe rumahan, caffe kongkow, angkringan, sampai caffe pinka, semua ada di Tulungagung. 

What is PINKA? Yup, jika agan baru datang ke Tulungagung, jangan panik jika ada yang mengajak agan ke caffe Pinka. Sebenarnya Pinka itu adalah sebuah singkatan, nah kepanjangannya ya Pinggir Kali (Pinka). Jadi letak caffe ini di pinggiran sungai, di kawasan Lembupeteng-Tulungagung.

Pinka tulungagung
Pinka saat malam hari


Lokasi ini diresmikan langsung oleh Bapak Bupati Tulungagung Heru Cahyono sebagai bentuk apresiasi sang Bupati terhadap pecinta kuliner maupun coffe lovers. Para caffe owner dulunya berlokasi di alun-alun kota Tulungagung. Namun, demi menciptakan suasana alun-alun yang bersih, sejuk, indah dan nyaman seperti sekarang ini, semua pedagang (caffe owner) direlokasi ke daerah Ngemplak dengan nama Pujasera (pusat jajanan selera rakyat). 

Melihat perkembangan yang kurang signifikan, akhirnya Pak Bupati memutar otak kembali dan kemudian mencarikan lokasi yang santai dan syarat akan suasana malam untuk para coffe lovers. Ide untuk menempatkan para caffe owner di pinka ini patut diacungi jempol. Pembangunannya dilakukan secara berkala, mulai dari perbaikan jalan, perbaikan tempat untuk para caffe owner, sampai pada pengadaan lampu tata kota yang unik. Jika agan berkunjung ke Pinka, agan akan menemukan sesuatu yang khas dari Tulungagung. The secret of Tulungagung.

Baca juga: Ranugumbolo Tulungagung

Jangan dulu mengaku pecinta kopi kalau belum merasakan asyik dan hebohnya nongkrong di Pinka, apalagi pas malam Minggu, pinka ini nggak akan kalah deh sama wisata angkringan di Jogja. Agan juga nggak usah hawatir nggak kebagian tempat, cause caffe pinka ini berderet di sepanjang aliran sungai Lembupeteng yang panjangnya lebih dari 2 km. So, agan tinggal pilih mau nongkrong di mana agan suka. Suguhannya pun jangan ditanya lagi, pasti memanjakan lidah. Mau kuliner atau ngopi semua bisa. Dijamin bikin nagih deh kalau sudah kenal sama Pinka. So, ayo ajak teman/sahabat, pacar atau keluarga buat kongkow di Pinka. See you coffe lovers. Bentengi hati dengan keimanan ya jangan mudah terpengaruh !

Penulis: Atik Hasanah.

0 Response to "Eksotisme Pinka (Pinggir Kali) Tulungagung"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !