11 Tempat Wisata Kota Tarakan Yang Wajib Dikunjungi - PAGUNPOST -->

11 Tempat Wisata Kota Tarakan Yang Wajib Dikunjungi

Kota Tarakan merupakan kota terbesar yang berkembang dan maju di Kalimantan Utara. Kota Tarakan memiliki luas wilayah 250,80 km² dan berpenduduk sekitar 239.787 jiwa. Tarakan menurut data yang diluncurkan oleh pusat penelitian kota terkaya  se-Indonesia menempati posisi peringakat kota terkaya ke-17 di Indonesia.
Tempat Wisata Kota Tarakan Yang Wajib DIkunjungi Pesta Rakyat Iraw Tengkayu
Pesta Rakyat Iraw Tengkayu
Sebagai kota yang berada dibagian utara kalimantan Kota Tarakan memiliki berbagai objek wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi mulai dari wisata budaya hingga wisata alam yang sangat memikat para wisatawan untuk berkunjung ke kota ini.

Namun sayangnya beberapa tempat wisata yang ada di kota tarkan belum terkenal seperti kota kota yang ada di Indonesia sehingga menjadi PR tersendiri bagi pemerintah kota Tarakan untk meningkatkan potensi wisata di Kota Tarakan.
Baca juga: Oleh-oleh Khas Tarakan
Nah berikut ada beberapa tempat wisata tarakan yang ada di Kota Tarakan seperti dikutip dari wikipedia.org, mau tahu apa saja lihat berikut ini:

  1. Pesta Rakyat Iraw Tengkayu, merupakan peristiwa bersejarah bagi masyarakat bumi paguntaka biasa diperingati setiap 2 tahun sekali. 
  2. Pantai Amal, terdiri dari 2 buah pantai, yaitu pantai amal baru dan pantai amal lama, pantai ini terletak di Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur. Menariknya diisi masih ditemukan pohon kelapa yang membuat suasana pantai menjadi semakin instagramable. dan airnya yang berwarna biru. (Baca juga: 5 Pantai Terindah Kalimantan Utara Yang Mempesona)
  3. Gusher Plaza, terletak disamping Hutan Mangrove, didalam Gusher Plaza terdapat Ramayana Department Store, Robinson Supermarket, KFC, EMI dan sebagainya. Kebanyakan merupakan Ruko (rumah toko) yang sebagian besar bergerak di bidang usaha retail alat rumah tangga, handphone, pakaian dan lain-lain.
  4. THM Plaza, berada di depan Grand Tarakan Mall, terdapat banyak kios, salah satunya KFC, toko buku Karisma.
  5. Museum Rumah Bundar, merupakan museum dengan bentuk atap bundar atau setengah lingkaran, museum ini berisi peninggalan sejarah milik Belanda dan Jepang
  6. Baloy Adat Tidung, adalah museum peninggalan sejarah kerajaan Tidung .
  7. Islamic Center Baitul Izzah, Kampung Empat, Tarakan Timur adalah masjid terbesar di Kalimantan Utara. Islamic Center ini terletak sekitar 5 km dari pusat kota.
  8. Penangkaran Buaya Juwata, berada di Kelurahan Karang Harapan, Tarakan Barat . Obyek ini adalah salah satu obyek wisata unggulan di Kota Tarakan dan memiliki koleksi buaya dari beberapa wilayah di Kalimantan. Dengan luas sekitar 5 hektar, kegiatan penangkaran buaya telah dimulai sejak 1991. Ada tiga jenis buaya ditangkarkan di sini. Mereka adalah Buaya Muara (crocodylus porosus), Buaya Supit (tamistoma scheillius), dan Buaya Air Tawar (crocodylus siamlisus)
  9. Tarakan Expo, diadakan setiap ulang tahun Kota Tarakan mulai tanggal 15 Desember sampai Tahun Baru
  10. Wana Wisata Persemaian, sebuah Wana Wisata yang jaraknya kurang lebih 30 menit dari pusat kota ini merupakan sebuah tempat persemaian beberapa tumbuhan. Wana Wisata ini di miliki oleh badan Inhutani kota Tarakan. Tak hanya pepohonan atau tumbuhan saja yang dapat anda lihat disana, tetapi juga dapat ditemukan beberapa fauna yang hidup bebas ditempat tersebut. Wana Wisata ini terletak di Kelurahan Karang Harapan, Tarakan Barat. Banyak yang berkunjung sebagai sarana piknik keluarga di samping itu tersedia juga sarana latihan Golf bagi pemula  Update 2012 : Wahana wisata ini kurang terawat dan sering dijadikan sebagai lokasi Bumi perkemahan Pramuka.
  11. Taman Oval Ladang; Seperti namannya, taman ini berbentuk oval. Meskipun tak banyak yang bisa dilakukan, pada tempat ini menjadi ruang hijau yang sangat baik untuk mencari inspirasi dan kedamaian. Bersama keluarga, teman atau kolega adalah pilihan tepat.

Baca juga: Makanan Khas Tarakan Yang Wajib Dicoba Saat Berwisata


Nah itulah beberapa lokasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi ketika kamu berada di Kota Tarakan Kalimantan Utara. Jika Anda penggemar dan pecinta liburan (traveling) jangan lupa untuk mengunjungi Kota Tarakan. Dan dapatkan Buah Tangan dari Kota Tarakan.
Baca juga: Kopi Mangrove Penambah Vitalitas
sumber atau referensi artikel: palingseru.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel