5 Cara Cerdas Generasi Penyelamat Lingkungan

GEPENG (Generasi Penyelamat Lingkungan) merupakan generasi yang dielukan bumi Indonesia. Apalagi ditambah kecenderungan kerusakan lingkungan semakin kompleks di seluruh jagat raya ini baik di daerah pedesaan maupun perkotaan. Keadaan ini tentu berpengaruh terhadap dinamika sosial politik dan sosial masyarakat ekonomi baik ditingkat komunitas, regional, nasional, bahkan internasional. Krisis lingkungan yang terjadi berpengaruh langsung terhadap kehidupan warga negara. Kerusakan lingkungan disini menyebabkan berbagai bencana alam seperti banjir saat musim hujan serta kekeringan saat musim kemarau. Dengan keadaan tersebut, bisa disimpulkan bahwa energi akan semakin mahal.

Siapa subjek dalam kerusakan lingkungan kini semakin sulit ditentukan. Karena penyebabnya sendiri saling bertautan antar sektor, antar institusi, antar wilayah, dan bahkan antar negara. Generasi penyelamat lingkungan sangat dibutuhkan dalam dunia internasional, karena generasi mendatang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat. Galakan Generasi Muda Penyelamat Lingkungan.

Ada beberapa hal kecil namun berdampak besar bagi keselamatan lingkungan hidup kita yang perlu dilakukan oleh generasi- generasi sekarang. Antara lain :


Melakukan penghematan listrik

Tanpa kita sadari kegiatan kita sehari- hari banyak menggunakan energi listrik. Menghemat energy listrik mungkin agak sulit dilakukan, namun dengan melakukannya kita bisa turut andil dalam penyelamatan lingkungan. Karena energy listrik itu sendiri berasal dari sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui serta bisa habis saat generasi mendatang jika kita sebagai generasi sekarang tidak mau menghematnya.

Hemat air

Penghematan air yang dimaksud disini bukan berarti mengurangi jatah air yang kita gunakan untuk mandi atau membersihkan badan. Namun, dengan menghindari penggunaan air dalam jumlah besar yang kurang bermanfaat seperti digunakan untuk main- main saja.

Membuang sampah di tempatnya

Hal ini sering diabaikan oleh warga negara  baik di pedesaan maupun di perkotaan. Bahkan di perkotaan, banyak orang- orang yang membuang sampah di sungai atau saluran air lainnya. Membuang sampah di tempat yang tidak selayaknya dapat menimbulkan bencana banjir yang menjadi masalah besar di negara- negara seluruh dunia. Dengan begitu seharusnya dapat menyadarkan seluruh warga negara akan pentingnya membuang sampah ditempatnya.

Mengurangi penggunaan plastik

Sebenarnya banyak yang bisa dilakukan untuk limbah plastik bila ada yang berkenan mengolahnya. Tapi saat ini kebanyakan manusia hanya membuangnya di tanah hingga merusak ekosistem tanah itu sendiri. Oleh sebab itu, kurangilah penggunaan plastik untuk keselamatan lingkungan tanah .

Menanam tanaman (Reboisasi)

Reboisasi adalah salah satu langkah menanam tanaman. Tapi menanam tanaman disini tidak hanya dalam arti sempit melakukan penanaman semata, namun juga merawatnya hingga tumbuh besar dan bermanfaat untuk pelestarian dan salah satu langkah penyelamatan lingkungan.

Beberapa hal kecil diatas tentunya memerlukan subjek sebagai pelaksana kegiatan tersebut. Generasi sekarang adalah subjek yang paling tepat untuk menjalankan dan menerapkan hal- hal kecil namun berpengaruh besar dalam keselamatan lingkungan hidup. Generasi peduli lingkungan sangatlah dibutuhkan pada masa seperti sekarang ini, demi memenuhi hak hidup generasi yang mendatang.

Penulis : Tria Amalina (dengan pengubahan seperlunya)