4 Kafe di Malang Ini Membuktikan Ada Kota Kembang Lain di Timur Jawa

Untuk perjalanan jarak menengah dan jauh yang tidak diburu waktu, kereta api menjadi akomodasi pilihan masyarakat yang semakin digemari. Alasan yang utama tentu saja dari segi biaya dan kenyamanan. 

Salah satu destinasi favorit untuk perjalanan kereta api jarak jauh adalah Malang. Kota yang berada di sebelah timur Pulau Jawa ini bahkan boleh dibilang Bandung-nya Jawa Timur. 


Refleksi Kota Kembang di Sisi Timur Jawa

Refleksi Kota Kembang di Sisi Timur Jawa - Trsipcanvas Indonesia

Setidaknya, ada tiga hal utama yang menjadi kemiripan antara dua kota ini. Pertama, Bandung dan Malang memiliki iklim dan suhu yang tidak jauh berbeda. Mandi pagi di Bandung dan Malang tanpa air panas akan membuat siapa saja langsung membuka mata lebar-lebar.

Kedua, Malang dan Bandung sama-sama didatangi oleh banyak perantau yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi. Beragam perguruan tinggi negeri dan swasta di Malang menjadi incaran para calon mahasiswa khususnya kawasan Jawa Timur. Hal ini tidak jauh berbeda dengan Bandung yang juga menjadi destinasi edukasi.

Ketiga, modernitas dan kreativitas di Malang juga sebanding dengan modernitas dan kreativitas di Bandung. Malang kini dipenuhi oleh factory outlet, kafe kekinian, hingga tempat-tempat hits lainnya yang banyak dikunjungi untuk kebutuhan mengisi feed Instagram atau blog.


Kafe Nyaman dan Terbaik di Kota Apel

Kafe Nyaman dan Terbaik di Kota Apel - Ngetripyuk

Arek-arek Malang tidak kalah kreatif dengan barudak Bandung. Salah satunya adalah melalui kuliner yang dikemas dengan begitu apik di samping menjaga cita rasanya. Sebagai bukti, berikut adalah lima kafe nyaman dan terbaik di Malang yang wajib Anda kunjungi.

Java Dancer Coffee 

Java Dancer Coffee - eastjavatraveler.com
Bila Anda pencinta kopi, lelah akibat perjalanan panjang menggunakan kereta api ke Malang akan terobati di Java Dancer Coffee. Tempat nongkrong yang semakin malam semakin ramai ini merupakan salah satu pelopor lahirnya kedai-kedai kopi kontemporer lainnya di Malang. 

Lokasi Java Dancer Coffee tidak terlalu jauh dari stasiun kota, tepatnya di Jalan Jakarta. Kawasan ini memang dipenuhi oleh tempat-tempat serupa dan menjadi salah satu pusat keramaian. Berdampingan dengan kawasan Ijen Boulevard yang populer, Java Dancer Coffee ramai dikunjungi mulai generasi remaja hingga dewasa.

Bangunan Java Dancer Coffee bernuansa kayu dengan dominasi sentuhan arsitektur Jawa. Di samping kopi yang menjadi andalan, Anda juga bisa menikmati beragam menu lainnya, mulai lokal hingga western. Untuk mengunjungi bangunan dua lantai ini, Anda bisa datang di antara pukul 11.00-24.00 WIB.

Bataputi Coffee House


Bataputi Coffee House - Tripcanvas Indonesia


Bila Anda penduduk Jakarta yang sering bepergian ke Bandung, cobalah sedikit bergeser ke replika Kota Kembang di sisi timur. Kerinduan suasana alam terbuka yang sejuk sembari menikmati secangkir kopi nikmat di kedai kopi nyaman bisa Anda temukan di Butaputi Coffee House.

Coffee house ini berada di kawasan Araya, salah satu kawasan elite di Malang yang dipenuhi rumah-rumah besar dan mentereng. Meski dikelilingi oleh kemewahan modern, Butaputi Coffe House justru hadir menawarkan kemewahan dengan cara yang berbeda. Kedai kopi yang dibuka pada tahun 2015 ini menyuguhkan konsep tradisional ala pedesaan dengan sentuhan gaya modern di beberapa bagiannya.

Stasiun kereta terdekat dari kawasan Araya adalah Stasiun Blimbing. Namun bila Anda menaiki kereta api Jakarta Malang kelas eksekutif (Gajayana, tidak ada pilihan tiket jurusan Jakarta-Blimbing Malang yang ditemukan. Anda tetap bisa mengambil tiket kereta api rute Jakarta-Malang Kota Lama dan menggunakan kendaraan lokal mencapai Butaputi Coffee House.

Taman Indie River View

Taman Indie River View - TripAdvisor
Masih di kawasan Araya, Taman Indie River View sangat cocok bagi Anda yang datang untuk menikmati quality time bersama keluarga. Taman Indie River View memang bukan tempat berkonsep kafe, melainkan restoran. Menawarkan pemandangan utama berupa sungai dengan gemercik khasnya yang menenangkan, tempat ini menyuguhkan kombinasi sendu dan hangat yang berpadu sempurna.

Taman Indie River View menyajikan kembali suasana masa lalu yang belum tersentuh pengaruh globalisasi. Lantai bangunan utama menggunakan tegel, dindingnya dibuat dari gedek, bantal-bantal dilapisi sarung batik, foto-foto dari kehidupan berpuluh-puluh tahun lalu, hingga tampah menyatu dengan hijaunya alam terbuka. Ambience menenangkan dengan sentuhan sentimental seperti ini tentu tidak mudah ditemukan di kota-kota besar masa kini.

Karena itu, pastikan Anda tidak melewatkan kunjungan ke Taman Indie River View. Apalagi jika jauh-jauh datang ke ibu kota, buat pikiran dan tubuh menjadi relaks di sini. Agar lebih nyaman, pilih akomodasi menginap terdekat melalui agen perjalanan online resmi seperti Traveloka. Anda juga bisa sekaligus pesan kereta api ke Malang di situs Traveloka untuk reservasi yang lebih praktis dan efisien.


Roemah Coffee Loe Min Toe

Roemah Coffee Loe Min Toe - Ulinlin

Bila Anda tidak familier dengan jalanan Kota Malang, menemukan Roemah Coffee Loe Min Toe bisa memakan waktu yang agak lama. Pasalnya, kafe ini memang terletak di dalam perumahan di daerah Dinoyo. Alamat lengkapnya berada di Jalan Tata Surya, Dinoyo, Malang.

Hal yang paling menononjol dari Roemah Coffee Loe Min Toe adalah desain bangunannya. Rumah yang berada di atas sungai ini ditata sedemikian cantik dengan sentuhan budaya Tiongkok yang sangat kental. Tak hanya sebatas hiasan dinding dengan tulisan dalam aksara Cina, ornamen lengkap mulai dari lampion hingga dua buah patung berukuran manusia yang berada di depan pintu juga disusun sedemikian detail.

Begitu memasuki ruangan, Anda juga akan merasa hawa patriotisme yang kuat. Kafe yang kerap dijadikan sebagai lokasi untuk pre wedding dan foto-foto kekinian ini memuat banyak gambar Bung Karno. Tak hanya itu, foto-foto dari masa perjuangan pun juga banyak terpajang di dinding.
Tentu saja, masih banyak tempat menarik di Malang lainnya yang patut Anda kunjungi. Apalagi dengan kemudahan transportasi Jakarta-Malang, kini saatnya Anda yang sudah terlampau sering berkunjung ke Bandung di Jawa Barat beralih mencicipi suasana Kota Kembang di timur Jawa.

8 Responses to "4 Kafe di Malang Ini Membuktikan Ada Kota Kembang Lain di Timur Jawa"

  1. Apik2 bgt cafenyaa
    Pingin k malang deh akhir thn ini
    -bukanbocahbiasa(dot)com-

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik kereta atau naik apa mbak? saya sarankan kalau dari Surabaya naik kereta sih hehe

      Delete
  2. Udah lama gak ke malang. Baca ini jadi kangen Malang

    ReplyDelete
  3. iya mbak, surabaya yang hujan aja dingin apalagi malang hujan ya?

    ReplyDelete
  4. بسم الله الرحمن الرحيم
    Kangen suasana kumpul dengan para blogger Malang di coklat clasik...hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, kopdar paling mantap kalau di kafe

      Delete
  5. jadi pengen nyobain kafe2nya.. cakep tempatnya

    ReplyDelete

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !