6 Tips Membangun Rumah Sederhana Nan Unik

Rumah merupakan salah satu kebutuhkan yang mutlak dimiliki setiap manusia. Rumah menjadi tempat kita tinggal, menetap, serta berlindung dari pengaruh alam sekitar. Selain itu, rumah juga menjadi tempat untuk kita beristirahat setelah melakukan rutinitas seperti pekerjaan. Berdasarkan fungsinya, tentu rumah tidak harus selalu dibangun dengan megah. Rumah yang sederhanapun dapat menjadi tempat yang nyaman dihuni. Simaklah 6 tips di bawah ini untuk membangun rumah sederhana nan unik.


1. Lokasi Tanah dan Bangunan


Tips pertama untuk membangun rumah sederhana ialah menyiapkan lokasi tanah dan bangunan. Kita harus menentukan dimana kita akan membangun rumah sederhana kita. Rumah yang akan kita tempati wajib dibangun di lokasi dan tanah yang tepat. Hal ini berguna untuk menghindari resiko pembangunan ‚rumah tusuk sate‘. Istilah ‚rumah tusuk sate‘ digunakan untuk rumah yang berada di jalur T. Jalur ini merupakan jalur yang berada di antara dua cabang jalanan. Lokasi yang tidak strategis akan membuat penghuni rumah ‚tusuk sate‘ mudah terusik oleh lingkungan luar. Selain itu, rumah ini juga tidak memiliki lahan parkir yang memadai.

Sebelum membuat rumah, ada tiga syarat yang harus kita penuhi. Yang pertama, kita harus mengetahui cara pembuatan sertifikat tanah dan bangunan. Kedua, kita harus mengetahui prosedur pembuatan sertifikat rumah dari AJB. Terakhir, kita juga harus menentukan lokasi dan tanah untuk membangun rumah kita.



2. Menentukan Desain


Hal kedua yang harus diperhatikan untuk membangun rumah sederhana ialah desain rumah. Rumah sederhana dapat dibangun satu atau dua lantai. Untuk modelnya, kita dapat mengaplikasikan berbagai macam model seperti model minimalis. Model ini memberikan kesan sederhana namun tetap nyaman. Selain itu, model rumah minimalis juga memiliki beberapa keuntungan lain. Pertama, terdapat banyak inspirasi rumah minimalis sederhana yang bisa kita pilih. Selain itu, pembuatan rumah minimalis tidak memerlukan dana yang terlalu banyak. Waktu untuk membangunnya juga relatif lebih cepat daripada model rumah yang rumit. Bagi kita yang sibuk, rumah minimalis cocok untuk kita karena mudah dibersihkan.

3. Menentukan Pintu


Setelah lokasi dan desain, kita harus menentukan pintu rumah yang akan digunakan. Sekarang ini, terdapat banyak jenis pintu rumah yang cocok untuk rumah sederhana. Mulai dari pintu geser tripleks hingga pintu aluminium kaca minimalis. Kita dapat menyesuaikannya dengan bangunan rumah kita. Pintu rumah berfungsi sebagai pembatas antar ruangan, akses keluar masuk rumah, serta tempat masuknya udara dan cahaya.


4. Menentukan Jendela


Setelah menentukan pintu, tentu kita juga harus menentukan jendela. Seperti pintu rumah, terdapat banyak model jendela untuk rumah sederhana. Misalnya seperti jendela minimalis berwarna putih yang terdapat pada gambar di atas. Selain itu, kita juga dapat menggunakan jendela aluminium yang praktis dan modern. Jendela rumah dapat berfungsi sebagai ventilasi rumah karena memiliki banyak fungsi. Misalnya seperti tempat masuknya cahaya dan sirkulasi udara. Selain itu, jendela juga membuat pandangan ke luar rumah menjadi lebih luas. Pada segi estetika, jendela dapat mempermanis tampilan rumah.


5. Menentukan Kusen


Hal lain yang juga harus kita tentukan untuk membuat rumah minimalis ialah kusen. Pada sebuah rumah, kusen menjadi hal yang penting karena kusen dipasang sebelum jendela dan pintu dipasang. Aa banyak jenis kusen yang tersedia. Untuk kesan artistik dan elegan, kita dapat memilih kusen kayu jati. Untuk kesan modern dan praktis, kita dapat menggunakan kusen alumunium. Seperti pintu, kusen juga menjadi penghubung antar ruangan. Selain itu, kusen dapat menjadi sirkulator udara dan sinar matahari serta membuat rumah terlihat lebih menarik.


6. Memperhatikan Lingkungan


Tips terakhir untuk membangun rumah sederhana yang unik ialah memperhatikan lingkungan. Bila memahami lingkungan sekitar, kita akan mudah menjaga kebersihan di rumah dan lingkungan. Rumah kitapun menjadi rumah yang sehat dan terbebas dari serangan serangga.

Itulah 6 tips yang harus diperhatikan untuk membangun rumah sederhana. Selain keenam tips tersebut, ada beberapa hal lain yang juga harus diperhatikan. Kita harus mempertimbangkan harga bahan bangunan, tukang bangunan, serta jasa konsultan.

5 Responses to "6 Tips Membangun Rumah Sederhana Nan Unik"

  1. Saya kapan bisa punya rumah sendiri hihi
    masih tahap menabung tapi blum terkumpul dananya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga disegerakan punya rumah sendiri ya, dilancarkan rejeki dan sehat selalu :)

      Delete
  2. gak perlu mewah-mewah, sederhana tapi nyaman sih kalau saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat. Kenyamanan tetap yg utama, desain nomor dua

      Delete
  3. pas banget, kebetulan lagi butuh inspirasi buat bangun rumah

    ReplyDelete

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !