Prediksi Soal UMPTKIN 2024 Gratis + Materi Ujian - PAGUNPOST -->

Prediksi Soal UMPTKIN 2024 Gratis + Materi Ujian

Menghitung hari menuju tes umptkin 2024. 

Sudah belajar soal umptkin apa saja? Memang perlu memperbanyak latihan soal umptkin agar punya terlalu kaget dengan soal ujian yang asli.

Materi UMPTKIN 2024 terdiri dari 4 subtes. Penalaran Akademik (Verbal, Gambar & Kuantitatif), Penalaran Matematika, Literasi Membaca (Indo, Inggris & Arab), dan Literasi Ajaran Islam.


Belajar dan persiapan dari sekarang dengan rajin mengerjakan latihan soal umptkin dan pembahasan agar makin banyak pengalaman menjawab soal. Tes UMPTKIN sekarang sudah tidak ada IPS atau IPA. 

Jadi tidak dibedakan berdasarkan kuliah yang diambil. Misalnya, peserta yang mengambil jurusan Pendidikan Biologi akan mendapatkan model soal yang sama dengan peserta yang mengambil jurusan Hukum Keluarga Islam.

Sedangkan pelaksanaan tes UMPTKIN 2024 dilakukan dengan SSE UMPTKIN atau menggunakan komputer yang disediakan oleh kampus lokasi ujian. 


Untuk bisa lolos UMPTKIN kamu perlu mendapatkan nilai lebih tinggi dibanding peserta umptkin lain. Misal yang daftar 500 orang tapi jika kuota yang diterima umptkin hanya 50 orang, maka 50 orang yang peringkat tertinggi yang lolos umptkin. 

Dulu ketika saya ikut UMPTKIN 2016 masih menggunakan naskah soal umptkin berbasis kertas. Namun, sekarang UMPTKIN dilaksanakan berbasis komputer di lokasi ujian / kampus. 

UMPTKIN tidak menggunakan akun SNPMB. Jadi bisa langsung daftar.

Pemilihan lokasi tes umptkin juga bebas selama kuota tempat ujian masih ada. 

Misalnya, kamu mau berkuliah memilih jurusan di UIN Jakarta sedangkan rumahmu dekat dengan UIN Tulungagung maka ujian umptkin-nya bisa memilih lokasi UIN Tulungagung saja. 

Soal UMPTKIN Gratis

Ada beberapa cara belajar umptkin yang bisa dilakukan. 

Jika mencari soal umptkin pdf yang asli 2023/2024 tentu akan cukup sulit karena ujiannya kan sudah secara komputer. Bukan kertas lagi.

Jadi, kamu bisa latihan soal umptkin salah satunya dengan tryout umptkin. 

Kamu bisa ikut tryout umptkin 2024 gratis untuk mengetahui prediksi soal umptkin, bisa klik link dibawah ini:



Dengan ikut tryout soal umptkin setidaknya punya gambaran bagaimana model soalnya yang kemungkinan akan muncul. Meskipun tidak ada jaminan akan muncul sama persis.  

Yuk latihan soal umptkin dari sekarang karena jadwal tes semakin dekat.

Belajarnya dicicil dari sekarang apalagi ada banyak jenis mapelnya. Sesering mungkin berlatih mengerjakan latihan Soal umptkin dan pembahasan dari sekarang.

Semoga, semakin matang persiapanmaka peluang LULUS UMPTKIN juga semakin BESAR.

Tips lulus umptkin tidak cukup hanya doa tetapi butuh usaha. 

1. Penalaran Akademik UMPTKIN

Seperti namanya "penalaran" maka pada subtes ini menguji kemampunan penalaran peserta umptkin. Penalaran Akademik ini sebagai bagian dari cara untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam menyelesaikan kuliah S1 (Sarjana). Intinya, seberapa pontesial atau sanggup ketika menjadi mahasiswa.

Penalaran akademik bisa dikatakan bersifat kemampuan mendasar yang jika calon mahasiswa bisa mengerjakan soalnya dengan benar maka harapannya mampu menyelesaikan kuliah dengan lancar. 

Penalaran akademik dalam umptkin ini dibagi dalam 3 jenis :

#1 Penalaran Verbal UMPTKIN

Pemahaman bahasa sesuai struktur dan aturan bahasa.

#2 Penalaran Gambar UMPTKIN 

Logika gambar/objek/simbol.

#3 Penalaran Kuantitatif UMPTKIN 

Soal hitungan dasar / logika angka. 

Dalam menjawab soal umptkin bagian penalaran akademik ini harus fokus agar tidak kehabisan waktu menjawab. Cobalah cari trik menjawab soal.

2. Penalaran Matematika UMPTKIN

Penalaran matematika umptkin levelnya lebih sulit dibandingkan penalaran kuantitatif umptkin. 

Soal hitungannya lebih rumit apalagi kadang muncul soal dalam bentuk tabel / grafik.

Yang terpenting paham maksud soal, konsep mengerjakan, dan teliti dalam menghitung.

3. Literasi Membaca UMPTKIN

Literasi membaca terkesan sepele tapi bisa jadi boros waktu jika tidak bisa paham maksud dari yang ditanyakan. Soalnya biasanya dibuat agak rumit dengan pilihan jawaban yang mirip-mirip.

Apalagi literasi membaca umptkin dibagi 3 jenis, yaitu literasi Bahasa Indonesia, literasi Bahasa Inggris, dan literasi Bahasa Arab.

Bagi yang dari sekolah umum (SMK/SMA) jangan nyerah dengan literasi Bahasa Arab umptkin. Bisa dipelajari juga. 

4. Literasi Ajaran Islam UMPTKIN

Literasi Ajaran Islam UMPTKIN ini terdiri dari mapel Alqur'an, Hadis, Fikih dan SKI. Nah, seperti namanya "literasi ajaran Islam" maka soalnya ya literasi akan banyak bacaan / studi kasus / cerita. 

Sehingga penekanannya tidak lagi hafalan, tetapi lebih ke aspek implementasi atau kepribadian.

Jawaban soal sekilas bisa benar semua atau beda tipis-tipis sehingga butuh ketelitian dalam memahami bacaan. Carilah yang paling benar. Awas terkecoh dengan opsi pilihan jawaban.


Semoga contoh soalnya bermanfaat.

Testimoni Lulus UMPTKIN

Syukur Alhamdulillah berdasarkan pengalaman membimbing bertahun-tahun banyak sekali peserta UMPTKIN berhasil lolos.

Yang dari SMK bisa berpeluang lolos.

Yang dari SMA juga berpeluang lolos.

Berikut beberapa peserta UMPTKIN beberapa tahun sebelumnya yang sudah lulus umptkin:

    


   

testimoni umptkn
dan masih banyak lagi....


Saya berharap, kamu yang baca tulisan ini juga bisa Lolos UMPTKIN seperti mereka. Aamiin.



Jadwal UMPTKIN 2024

Saya jelaskan sedikit tentang Jadwal UMPTKIN 2024.

JADWAL UMPTKIN 2024

Maksud dari Finalisasi pendaftaran adalah batas untuk menyelesaikan seluruh tahapan pendaftaran hingga muncul kartu ujian. Jadi, setelah bayar pendaftaran UMPTKIN kamu perlu login lagi untuk menyelesaikan pendaftaran seperti memilih jurusan kuliah, lokasi ujian dan lainnya. 

Jika nanti sudah muncul tombol cetak kartu umptkin berarti tandanya kamu sudah finalisasi umptkin. Setelah download kartu peserta umptkin, selanjutnya kamu print di kertas A4 / folio (bebas). Tidak perlu dilaminating.
Kok itu Pelaksanaan Ujiannya 24 Juni sampai 4 Juli 2024?
Nah, setiap peserta hanya akan mendapatkan jadwal 1 hari saja diantara tanggal itu. Kenapa kok itu jadwalnya beberapa hari karena sistemnya bergantian tiap peserta umptkin. Sehingga peserta umptkin bisa mendapatkan jadwal tes umptkin yang berbeda dengan yang lain. 

Patokannya adalah tanggal ujian yang tertera di kartu ujian. Sekali lagi, wajib cetak kartu umptkin ya.

Strategi Belajar UMPTKIN 2024

Tanggal tes UMPTKIN 2024 makin dekat, atur strategi belajar dari sekarang.

Sudah paham materi apa saja?
Sudah dapat skor tryout berapa?


Dari hasil survei yang pernah saya lakukan beberapa tahun lalu, mapel bahasa arab menjadi yang bagian tes UMPTKIN yang tersulit.

Meskipun dianggap sulit, bukan mustahil untuk dipelajari. Justru akan menjadi sebuah lumbung nilai jika kamu bisa mengerjakan soal tersebut dengan baik disaat sainganmu tidak belajar/banyak salah

Saran saya, buat jadwal belajar sesuai mapel selama seminggu. Misalnya, minggu ini belajar bahasa Arab. Minggu depan belajar soal keislaman. Dan seterusnya.. 

Hal ini lebih memudahkan dari pada harus setiap hari berganti mapel. Jika semua mapel sudah, maka belajar umptkinnya digabung semua mapel. Berlatihlah contoh soal umptkin sebanyak mungkin agar terlatih dalam mengerjakan dan menambah pengalaman.
 
Sudah banyak yang belajar dari sekarang apalagi alumni tahun sebelumnya. 

Kamu pilih diam saja atau segera memulai persiapan sekarang agar bisa maksimal?







Memilih Jurusan

Jurusan atau program studi (studi) maksimal yang dapat dipilih di UMPTKIN sebanyak 3 prodi pilihan (minimal 1 PTKIN atau 3 PTKIN). 

Intinya akan diberikan maksimal 3 pilihan jurusan dan minimal 1. Terserah apakah kampusnya sama semua atau kampus beda semua yang penting totalnya 3 prodi umptkin.


Untuk penentukan pilihan 1,2,3 disesuikan dengan keinginanmu sendiri. Taruhlah prodi yang paling kamu sukai pada pilihan 1. 

Berdasarkan data dari yang lolos, kebanyakan lolos di pilihan 1. Bukan pilihan 1 selalu lolos tetapi dari peserta yang lolos UMPTKIN itu kebanyakan lolosnya di pilihan 1.
Oleh karena itu, pilihan 1 harus yang benar benar kamu inginkan. Pilihan kedua dan ketiga juga tidak boleh sembarang. Harus dipertimbangkan dengan baik. 

Minimal bisa memilih 1 jurusan dan maksimal 3 jurusan. Kalau minatnya 1 ya bisa pilih 1 jurusan saja. Tidak perlu harus 3 jurusan.

Jumlah Soal UMPTKIN

Berapa sih jumlah soal umptkin? Untuk jumlah SOAL UMPTKIN 2023 adalah 99 soal dengan waktu mengerjakan total selama 110 menit. Namun, untuk jumlah soal umptkin tahun 2024 belum tahu pastinya. Kemungkinan sama jumlahnya.

Tips lulus um ptkin adalah belajar dari berbagai contoh soal umptkin dan pembahasan. Setelah ikhtiar belajar, disempurnakan dengan berdoa dan restu orang tua. 

Perdalam materi atau konsep mengerjakan soal.

Jangan sekadar hafalan tapi paham rumus/konsep materinya.

Usahakan latihan mengerjakan soal umptkin dengan menggunakan timer (waktu) agar terlatih dengan kecepatan menjawab soal karena waktu mengerjakan soal umptkin yang TERBATAS.. 


Persiapan itu penting. Dengan latihan soal UMPTKIN semoga tidak terlalu kaget ketika ujian.

Peluang lolos umptkin akan semakin besar ketika sudah paham materi, tau model soal dan dapat mengerjakan tipe soal umptkin dengan benar sekaligus cepat.

Semangat untuk adik-adik yang ikut pendaftaran UMPTKIN 2024.

Ikhtiar, berdoa dan tawakal apapun hasilnya nanti, itulah yang terbaik menurut Allah.

Belajarlah soal UMPTKIN mulai dari sekarang sebelum jauh tertinggal dari para sainganmu. 

Semakin matang persiapan, InsyaAllah semakin besar untuk Lolos UMPTKIN 2024!

Selamat berjuang mendapatkan kursi di universitas favoritmu. 

Semoga dilancarkan dalam mengerjakan tes UMPTKIN 2024 dan mendapatkan hasil terbaik saat pengumuman UMPTKIN 2024  nanti.

Sambil menunggu pengumuman snbt, tidak ada salahnya mencoba UM PTKIN. Boleh daftar snbt dan daftar UMPTKIN sekaligus. Siapa tahu tidak lulus snbt dan snbt namun justru LULUS UMPTKIN
Rezeki kuliah di mana kan tidak ada yang tahu. Tugas kita hanya berusaha dan mencoba peluang yang ada termasuk ikut UMPTKIN.

4 Responses to "Prediksi Soal UMPTKIN 2024 Gratis + Materi Ujian"

  1. semoga bisa lulus um pkin 2019 dengan belajar soal umpkin 2019

    BalasHapus
  2. Menarik untuk persiapan umptkin 2020. susah nggak ya soal um ptkin 2020?

    BalasHapus
  3. semangat umptkin 2020! perbanyak latihan soal umptkin 2020 agar lulus umptkin

    BalasHapus
  4. tak terasa pendaftaran umptkin 2021 akan segera dibuka.
    yuk persiapkan diri kalian untuk berlatih soal umptkin dan pembahasan dari sekarang..

    semangat pejuang um ptkin 2021!

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan/masukan, silakan tulis di kolom komentar.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel