CARA CEK TAGIHAN LISTRIK BULANAN / BUKTI PEMBAYARAN

Cek Tagihan Listrik Bulanan menjadi sebuah hal yang dibutuhkan untuk beberapa kasus. Misalnya, mau mendaftar beasiswa sehingga yang dibutuhkan ada rincian atau bukti pembayaran tagihan listrik. Yang menjadi persoalan adalah bagaimana ketika seorang itu membayar listrik PLN via pulsa atau struk pembayaran listriknya hilang? Padahal ini menjadi syarat penting yang harus dikumpulkan.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa sekarang ada dua jenis instalasi listrik di rumah yaitu listrik prabayar (menggunakan pulsa atau token) dan listrik pascabayar (menggunakan listrik 1 bulan baru membayar tagihan). Hanya yang pasca bayar yang dapat dicek detail tagihannya, sedangkan untuk listrik prabayar bisa dilakukan dengan screenshot SMS token atau saat membeli pulsa litrik tersebut.

Saya dulu berlangganan email invoice e-billing tagihan listrik. Manfaatnya adalah setiap tanggal 5 akan mendapatkan email berupa detail pembayaran listrik yang harus dibayar. Sayangnya fasilitas cek tagihan listrik via email sudah tidak dapat mendaftar lagi karena layanan tersebut sudah dihapus seiring dengan pembaharuan website pln.co.id.

Meskipun demikian, bagi mereka yang dahulu sudah mendaftar masih tetap mendapatkan layanan pemberitahuan tagihan listrik lewat email sampai sekarang. Ketika butuh bukti tagihan listrik tinggal screenshot saja bukti email. BERES!

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Bulanan Email
Cara Cek Tagihan Listrik

Lantas, bagaimana mereka yang dulunya tidak mendaftar layanan via email ini?

Kemudian saya bertanya ke PLN via twitter @pln_123 berkaitan dengan masalah ini. Admin di twitter PLN menurut saya sangat aktif dan responsive dalam menanggapi pertanyaan atau keluhan. Tanpa menunggu berhari-hari saya langsung mendapatkan balasan bahwa untuk mendapatkan E-billing tagihan rekening listrik, mohon kesediaannya mendatangi kantor PLN terkait.



Saya juga bertanya berkaitan dengan cek daftar bayar listrik bulanan (bulan-bulan sebelumnya) dan hasil jawabannya SAMA. Untuk perihal tsb, mohon kesediaannya datang langsung ke area pelayanan PLN terkait.



Jadi, dapat disimpulan cara cek tagihan listrik bulanan pascabayar adalah dengan datang langsung ke area pelayanan PLN terkait. Ya memang agak terkesan ribet sih, tapi jika itu dibutuhkan untuk persyaratkan suatu beasiswa atau yang lainnya, maka harus diusahakan ya. Semangat mencari kantor are pelayanan PLN terkait. Nah, bila kurang jelas kalian juga bisa bertanya via twiiter ke @pln_123 atau juga bisa call center (123), email pln123@pln.co.id dan website www.pln.co.id. 

Jika ingin melakukan pembayaran listrik PLN atau beli token listrik, bisa dilakukan melalui klik link bukalapak di sini agar bisa mendapatkan bukti pembayaran. Bayar listrik menggunakan bukalapak secara rutin saja karena banyak tersedia cashback dan bukti pembayarannya.

Baca juga: Tukar Poin Telkomsel dengan Voucher Alfamart

Sekian dan semoga bermanfaat!

4 Responses to "CARA CEK TAGIHAN LISTRIK BULANAN / BUKTI PEMBAYARAN"

  1. harus berlangganan terlebih dahulu ya, agar bisa ngecek secara praktis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya berlangganan tagihan ebilling via email, sayangnya layanan ini udah ditutup.. tapi yang dulu sudah berlangganan tetep dapat emailnya

      Hapus
  2. Kl kuitansi pembayaran pln hilang bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung ke area pelayanan PLN terkait ya.

      Hapus

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel