CARA PENDAFTARAN BIDIKMISI SPAN-UM PTKIN DAN UMPTKIN 2018: BISA NGGAK SIH?

Cara Pendaftaran Bidikmisi SPAN-UM PTKIN - Perguruan Tinggi Keislaman Negeri (PTKIN) seperti STAIN, IAIN dan UIN umumnya masih membuka Pendaftaran Bidikmisi Jalur SPAN-UM PTKIN dibawah naungan Kementerian Agama RI. Bidikmisi sendiri adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan berprestasi berupa UKT 0 (gratis) dan biaya hidup bulanan. 
cara pendaftaran bidikmisi span ptkin, bidikmisi umptkin, bidikmisi jalur uin, iain, stain

Banyak dari mereka bertanya-tanya: apakah bidikmisi jalur mandiri itu tidak ada? Terkait itu, sebenarnya kebijakan masing-masing kampus berbeda. Ada kampus yang tetap membolehkan mahasiswanya mendaftar bidikmisi sekalipun masuk dari jalur mandiri dan ada pula yang tidak membolehkan. Lebih tepatnya silahkan cek website kampus yang kalian inginkan atau bertanya pada alumni yang sudah mahasiswa di kampus tersebut.

SNMPTN Bidikmisi tidak berlaku untuk pilihan program studi di Universitas Islam Negeri

Nah, jika kamu ikut daftar SNMPTN maka tidak bisa memilih Bidikmisi ke UIN. Kenapa? Bidikmisi SNMPTN itu dibawah naungan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) sedangkan UIN itu dibawah naungan Kementerian Agama. Jadi jelas, meskipun kamu bisa daftar SNMPTN dengan memilih UIN, tapi tidak bisa daftar SNMPTN bidikmisi ke UIN.

Pendaftaran Bidikmisi UIN, IAIN DAN STAIN dilakukan setelah Anda dinyatakan DITERIMA menjadi MAHASISWA UIN/IAIN/STAIN, informasi ini saya dapatkan setelah mendapatkan balasan dari panitia SPAN PTKIN bahwa dalam SPAN PTKIN tidak ada seleksi bidikmisi. Dapat disimpulkan, apapun jalur kamu masuk UIN (SNMPTN, SBMPTN, SPAN PTKIN atau UMPTKIN) maka daftar bidikmisinya setelah diterima jadi mahasiswa yaitu saat semester 1.

NAMUN, UNTUK INFO LEBIH JELAS BIDIKMISI SPAN PTKIN & UMPTKIN TIAP KAMPUS BEDA-BEDA, TANYAKAN PADA GURU BK/KAKAK TINGKAT/ALUMNI/BACA DI WEBSITE KAMPUS

Jadi, pastikan setelah dinyatakan Lolos SNMPTN, SBMPTN atau SPAN-UM PTKIN ke UIN untuk mencari informasi di website atau kemahasiswaan kampus terkait pendaftaran dan syarat pendaftaran bidikmisi. Jadilah mahasiswa yang aktif mencari informasi bila tidak ingin ketinggalan informasi. Pun juga beberapa PTKIN membuka banding UKT atau keringanan UKT juga bilamana tidak bisa mendaftar bidikmisi.

SARAN SAYA: coba tanyalah GURU BK yang mendaftarkanmu SPAN PTKIN. Jika memang bisa SPAN PTKIN BIDIKMISI, maka kamu bisa daftar diawal jika memang kamu memenuhi persyaratan bidikmisi.

Secara umum Syarat Pendaftaran Bidikmisi cenderung sama, meskipun demikian terkadang ada kampus yang memiliki syarat yang berbeda. Kurang lebih syaratnya:
a. Surat keterangan lulus yang memuat rata-rata nilai raport dan ijazah atau Ijazah dan transkrip
nilai asli.
b. Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN).
c. Bukti pendukung/sertifikat prestasi lain dalam bidang ko-kurikuler dan ekstra-kurikuler yang
disahkan (legalisasi) oleh pejabat yang berwenang (jika ada).
d. Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/Wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu dan dapat
dibuktikan kebenarannya yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/instansi tempat orangtua bekerja.
e. Kartu keluarga.
f. Bukti pembayaran rekening listrik bulan terakhir (jika tersedia aliran listrik).
g. Bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun terakhir (apabila mempunyai bukti
pembayaran).
h. Kartu tanda pendaftaran SPAN-PTKIN atau kartu peserta UM-PTKIN.
i. Surat pernyataan keaslian dokumen yang ditandatangani di atas materai 6000. (format
terlampir)

Untuk alur seleksinya juga setiap kampus beda-beda. Selain verifikasi berkas, juga ada tes mengerjakan soal dan survei langsung.

NAMUN, UNTUK INFO LEBIH JELAS BIDIKMISI SPAN PTKIN & UMPTKIN TIAP KAMPUS BEDA-BEDA, TANYAKAN PADA GURU BK/KAKAK TINGKAT/ALUMNI/BACA DI WEBSITE KAMPUS

Kadang kebijakan tiap tahun beda-beda.

---

Sekarang saatnya kalian berjuang di jalur UM PTKIN yang merupakan jalur tes ujian mengerjakan SOAL UM PTKIN. Jangan terlalu berharap pada SPAN PTKIN karena itu jalur raport dan belum pasti lolos (banyak yang di-PHP). Sebaiknya mulai sekarang sudah mulai belajar SOAL UMPTKIN agar lebih matang saat mengerjakan soalnya.

Baca juga=> Buku UM PTKIN
Sebenarnya, kampus Indonesia saat ini begitu memudahkan semua kalangan untuk menempuh pendidikan tinggi. Tinggal bagaimana siswanya itu sendiri mencari jalannya sendiri. Sudah begitu banyak beasiswa yang tersedia, tinggal kita mau nggak berusaha untuk mendapatnya.

"Gerbang Masa Depan Insan Paripurna"

Ayo kuliah di PTKIN~

0 Response to "CARA PENDAFTARAN BIDIKMISI SPAN-UM PTKIN DAN UMPTKIN 2018: BISA NGGAK SIH?"

Posting Komentar

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel