Info Pendaftaran Bidikmisi UIN, IAIN dan STAIN (KIP-K UIN, IAIN dan STAIN)

BIDIKMISI PTKIN 2020 - Perguruan Tinggi Keislaman Negeri  atau disingkat PTKIN yang terdiri dari UIN, IAIN dan STAIN yang tersebar di berbagai wilayah di INDONESIA.

Kampus ISLAM NEGERI tersebut berada dibawah naungan Kementerian Agama RIBidikmisi sendiri adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan berprestasi berupa UKT 0 (gratis) dan biaya hidup bulanan. 
cara pendaftaran bidikmisi span ptkin, bidikmisi umptkin, bidikmisi jalur uin, iain, stain


Nah, sekarang bidikmisi yang berganti menjadi KIP KULIAH. 

Apakah KIP Kuliah berlaku juga untuk PTKIN (UIN, IAIN dan STAIN) ?


Setelah saya cek di situs http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/#profil di sana tidak ada profil perguruan tinggi islam negeri. Artinya, tidak ada UIN, IAIN dan STAIN di website http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Oleh karena, saya pribadi berkesimpulan jika pendaftaran bidikmisi untuk PTKIN (UIN, IAIN dan STAIN) tidak sama dengan KIP Kuliah. Hal ini disebabkan karena PTKIN dibawah naungan KEMENAG sedangkan KIP Kuliah dibawah naungan KEMDIKBUD sehingga KIP Kuliah khusus untuk PTN umum (seperti UI, UGM, ITB, UB, ITS dan sebagainya). 

Jika ada yang bingung kenapa UIN masih tetap ikut SNMPTN dan SBMPTN karena di UIN ada beberapa jurusan UMUM. Jurusan UMUM tersebut yang membuat UIN bisa ikut jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Adapun jurusan UIN yang berbasis keislaman dan keguruan biasanya masuk jalur SPAN PTKIN, UMPTKIN dan MANDIRI.

Sehingga ada 5 jalur masuk UIN:
SNMPTN
SBMPTN
SPAN PTKIN
UMPTKIN
Ujian Mandiri

Jurusan yang ditawarkan berbeda:
SNMPTN & SBMPTN =  jurusan UMUM
SPAN PTKIN & UMPTKIN = untuk jurusan KEISLAMAN/Keguruan (untuk UIN Alaudin dan Raden Fatah ada jurusan UMUM)
Ujian Mandiri = bisa semua jurusan


Sedangkan IAIN dan STAIN mayoritas masih prodi keislaman dan keguruan sehingga hanya bisa SPAN PTKIN, UMPTKIN dan MANDIRI.

Adapun untuk pendaftaran Bidikmisi UIN, IAIN, dan STAIN kebanyakan dilakukan setelah Anda dinyatakan diterima menjadi mahasiswa, informasi ini saya dapatkan setelah mendapatkan balasan dari panitia SPAN PTKIN bahwa dalam seleksi SPAN PTKIN hanya sebagai jalur masuk saja. tidak ada seleksi bidikmisi.

Dapat disimpulkan, apapun jalur yang kamu masuki (SNMPTN, SBMPTN, SPAN PTKIN, UM PTKIN dan Mandiri) jika memilih UIN, IAIN dan STAIN maka daftar bidikmisinya setelah diterima jadi mahasiswa. Biasanya ada informasi terkait bidikmisi pada website resmi kampus setelah pengumuman kelulusan jalur tersebut. 

Rajin-rajin mengecek informasi di website kampus dan media sosial resmi kampus yang menerima kamu.

Seperti contoh berikut:
Pengumuman pendaftaran bidikmisi SPAN-PTKIN di UIN Lampung


Informasi jadwal pendaftaran bidikmisi dan syarat pendaftaran bidikmisi UIN, IAIN dan STAIN bisa langsung melihat website resmi kampus karena barangkali persyaratan bidikmisi berbeda-beda. Informasi paling update terdapat di website resmi kampus masing-masing. Jika ada kesulitan atau bingung bisa tanyakan pada Guru BK/kakak tingkat/alumni/baca di website kampus.


Update:
Khusus untuk UIN Malang, ternyata pendaftaran bidikmisi UIN Malang dibuka dan ditutup sebelum pengumuman kelulusan diterima jadi mahasiswa. Sehingga berbeda dengan UIN lainnya yang mayoritas daftarnya setelah diterima, maka bidikmisi UIN Malang harus mendaftar dan mengumpulkan berkas bidikmisi ke pihak UIN Malang sebelum penutupan pendaftaran bidikmisi meskipun pengumuman diterima jadi mahasiswa atau tidak diterima belum muncul.

Buat Anda yang telah mendaftar dan memilih jurusan di UIN Malang, apapun jalurnya masuknya, maka daftar dan uruslah syarat ketentuan bidikmisi sesuai dengan jadwal pendaftaran masing-masing jalur.


Bukan lagi daftar setelah jadi mahasiswa karena jadwal pendaftaran bidikmisi UIN Malang ditutup sebelum pengumuman kelulusan jadi mahasiswa. Info selengkapnya tentang bidikmisi UIN Malang bisa dicek di websitenya klik => https://kip.uin-malang.ac.id/ agar lebih jelas. Khusus KIP Kuliah UIN malang sudah dibuka sampe 10 Juli.


Untuk KIP Kuliah IAIN Pekalongan 2020 klik => Kip Kuliah IAIN pekalongan

Informasi KIP-K UIN MAKASAR dibawah ini:


dan kampus lain bisa dicek sendiri di masing-masing WEBSITE KAMPUS UIN/IAIN/STAIN atau MEDIA SOSIAL KAMPUS karena jadwal pendaftaran dan syarat pendaftaran berbeda-berbeda
.
***

Jadi, setiap PTKIN (UIN, IAIN dan STAIN) mempunyai kebijakan yang berbeda-beda dalam seleksi bidikmisinya. Oleh karena itu pastikan rajin mencari informasi bidikmisi UIN / IAIN / STAIN pada website kampus dan media sosial (facebook, instagram atau twitter) kampus yang kamu incar.

Belum tentu pendaftaran bidikmisi setelah dinyatakan Lolos SNMPTN, SBMPTN, SPAN-UM PTKIN. Bisa jadi sebelum pengumuman sebagaimana yang diterapkan UIN Malang. Jadilah mahasiswa yang aktif mencari informasi sendiri bila tidak ingin ketinggalan informasi. Pun juga beberapa PTKIN membuka banding UKT atau keringanan UKT juga bilamana tidak bisa mendaftar bidikmisi. Dan masih ada beasiswa lain seperti Beasiswa Santri Berprestasi dan beasiswa TELADAN, dan beasiswa lain baik dari swasta atau perusahaan.

Banyak dari mereka bertanya-tanya: apakah bidikmisi jalur mandiri itu tidak ada? Terkait itu, sebenarnya kebijakan masing-masing kampus berbeda. Ada kampus yang tetap membolehkan mahasiswanya mendaftar bidikmisi sekalipun masuk dari jalur mandiri dan ada pula yang tidak membolehkan. Lebih tepatnya silahkan cek website kampus yang kalian inginkan atau bertanya pada alumni yang sudah mahasiswa di kampus tersebut.

Buat kalian kalian berjuang di jalur UM-PTKIN yang merupakan jalur tes ujian mengerjakan SOAL UM PTKIN. Jangan terlalu berharap SPAN PTKIN karena itu jalur raport dan belum pasti lolos (banyak yang di-PHP). Sebaiknya mulai sekarang sudah mulai belajar SOAL UMPTKIN agar lebih matang saat mengerjakan soalnya.
Baca juga=> Buku UM PTKIN
buku umptkin ips 2020 buku umptkin 2020 ips contoh soal umptkin ips materi umptkin ips kisi kisi umptkin buku umptkin recommended
Mau punya Soal UMPTKIN 2020?
klik => UMPTKIN 2020

Bisa juga klik gambar dibawah ini:


Sebenarnya, kampus Indonesia saat ini begitu memudahkan semua kalangan untuk menempuh pendidikan tinggi. Tinggal bagaimana siswanya itu sendiri mencari jalannya sendiri. Sudah begitu banyak beasiswa yang tersedia, tinggal kita mau nggak berusaha untuk mendapatnya.

"Gerbang Masa Depan Insan Paripurna"
#AyoKuliahdiPTKIN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel