KENALI KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN TV LCD SEBELUM MEMBELINYA

Setelah bermunculan teknologi terbaru dari perusahaan elektronik untuk produk TV, kini harga TV LCD murah dan bisa terjangkau oleh kalangan menengah kebawah. Pada dasarnya LCD TV bekerja dengan memproduksi gambar hitam dan berwarna dengan melakukan seleksi cahaya yang dipancarkan oleh serangkaian lampu teknologi CCFLs (Cold Cathode Fluorescent Lamps) di belakang layar. Jutaan lampu tersebut akan dinyalakan dan dimatikan melalui LCD shutter dengan melewatkan cahaya putih dengan  intensitas tertentu. Setiap shutter akan digabungkan dengan filter warna yang akan melewatkan warna Red, Green, dan Blue (RGB). Shutter dan Filter yang masing-masing merupakan sub-pixel ini berukuran sangat kecil, dan secara kasat mata membentuk gabungan yang disebut dengan pixel.



Berikut adalah keunggulan TV LCD yang sudah kami rangkum sebelumnya, 

  • Menghasilkan warna yang lebih realistis
  • Teknologi anti glare (tanpa bayangan)
  • Tersedia mulai ukuran kecil hingga besar
  • Tidak ada radiasi yang dipancarkan
  • Dapat digunakan sebagai monitor
  • Kebutuhan sumber daya listrik yang lebih rendah dibanding Plasmar computer

Setelah mengenali keunggulannya berikut adalah kelemahan dari TV LCD:
  • Kualitas gambar akan menurun apabila dilihat pada sudut pandang yang lebar
  • Untuk ukuran yang besar, harganya lebih mahal apabila dibandingkan dengan Plasma TV
  • Refresh Rate dan Response Time yang jauh lebih rendah dibandingkan Plasma, sehingga kadang menghasilkan gambar yang kabur

LCD TV yang di pasaran tampil lebih dulu dari Plasma mengalami penurunan popularitas sejak kemunculan Plasma TV mengingat berbagai kelebihan yang ditawarkan dibandingkan LCD generasi awal. Dengan harga yang jauh lebih mahal untuk ukuran yang lebih kecil, membuat penjualan Plasma meningkat. Kemudian semakin hari para engineer melakukan perkembangan lagi seperti menambahkan fitur Full HD, HDTV dan lain sebagainya di LCD TV. Setelah itu penjualan LCD TV menjadi lebih meningkat dan juga dengan harga yang tidak terllau mahal. Untuk ukuran memang tetap lebih unggul karena tipis dan juga elegan, tidak memakan ruang banyak. 

0 Response to "KENALI KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN TV LCD SEBELUM MEMBELINYA"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel