SELAIN DAFTAR SBMPTN, INILAH 4 ALASAN KENAPA HARUS IKUT UM-PTKIN SEKARANG. NO 2 BIKIN SEMANGAT!

Udah tau apa itu kepanjangan dari UM-PTKIN? UMPTKIN merupakan kepanjangan dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN, IAIN & STAIN. Ini adalah jalur ujian tulis atau tes tulis, bukan ujian mandiri. Jadi, lolos atau tidaknya kamu di UIN/IAIN/STAIN tergantung pada hasil atau nilai pengerjaan Soal UMPTKIN. Bukan lagi bergantung pada nilai raport dan tidak pula pada sertifikat yang kamu miliki.


Kenapa sih kamu harus ikut UM-PTKIN? Bukan berarti berdosa ya kalau nggak ikut. Tapi sebenarnya ada beberapa alasan mengapa kamu saya sarankan untuk ikut UM-PTKIN 2018.

PENGUMUMAN PERPANJANGAN WAKTU PENDAFTARAN
- Pengisian biodata diperpanjang hingga Jumat, 11 Mei 2018 | 16:00 WIB
- Pembayaran diperpanjang hingga Jumat, 11 Mei 2018 | 24:00 WIB
- Finalisasi (mendapat kartu ujian) diperpanjang hingga Sabtu, 12 Mei 2018 | 16:00 WIB


1. Jurusan UM-PTKIN

Jurusan-jurusan yang tersedia di jalur UM-PTKIN ini mirip-mirip dengan SPAN PTKIN. Ada jurusan kegamaan, IPS, dan IPA. Buat kalian yang penasaran, bisa cek sendiri apa aja jurusan UM-PTKIN di sini..

2. Cadangan SBMPTN

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya dulu menempatkan UM-PTKIN sebagai cadangan SBMPTN. Jadi saya daftar SBMPTN dan UM-PTKIN sekaligus. Jadwal tesnya dan pendaftarannya juga nggak terpaut jauh jaraknya. Ini adalah planing saya.

Nah, sekarang pendaftaran SBMPTN sudah ditutup. Tapi, buat kamu yang sudah daftar SBMPTN, kamu juga bisa daftar UM-PTKIN sebelum tanggal 8 Mei 2018 (diundur sampai 11 Mei) ini.

Kenapa harus daftar UMPTKIN? Ya buat alternatif kalau seandainya kamu nanti tidak lolos SBMPTN, masih ada harapan di UMPTKIN.


Baca juga: Apakah Soal SBMPTN dengan UMPTKIN?
Owh ya, pakaian saat tes SBMPTN/UMPTKIN nanti bebas, rapi, sopan, baju/kaos berkerah, memakai sepatu tertutup jangan sampai jari kaki kelihatan. Tidak boleh pakai kaos oblong tanpa kerah. Pemakaian celana jeans diperbolehkan asalkan tidak robek, tapi untuk lebih amannya mending tidak pakai jeans tapi celana biasa (kain). Khusus peserta perempuan, diperkenankan mengenakan rok yang sopan/usahakan panjang ya. 

3. Tempat Tes Dekat

Tidak seperti Tes SBMPTN yang biasanya hanya ada di kota-kota besar, maka UM-PTKIN ini saya rasa lebih tersebar lokasi tesnya. Selama di daerahmu ada IAIN/UIN/STAIN maka kamu dapat memilih tempat tes di situ sekalipun kamu nggak milih jurusan di kampus tersebut.

4. Peluang Lolos Besar

Kenapa dikatakan besar? Karena UM-PTKIN ini adalah jalur-jalur yang agak akhir setelah pengumuman SNMPTN DAN SPAN PTKIN. Otomatis banyak siswa yang sudah keterima di jalur SNMPTN DAN SPAN PTKIN. Dan mungkin lebih banyak ikut SBMPTN (yang tahun ini mencapai 800ribuan) ketimbang UM-PTKIN. Jadi, boleh dibilang peluang lolos lebih besar ada di jalur UM-PTKIN.



Kesimpulannya, buat kamu yang memang berniat masuk UIN/IAIN/STAIN maka manfaatkan jalur UM-PTKIN ini dengan sebaik-baiknya. Belajarlah mulai dari sekarang untuk mempersiapkan diri secara lebih matang. Kamu juga bisa belajar soal UMPTKIN dari 2014-2017 hingga prediksi 2018 agar punya gambaran gimana bentuk tes dan tipe soalnya. Dan sangat diperbolehkan kamu ikut SBMPTN dan UM-PTKIN sekaligus. Waktu tes tidak bertabrakan.

Panduan Download SOAL UMPTKIN PDF:
Download Soal UMPTKIN IPS klik=>DI SINI
Download Soal UMPTKIN IPA klik=>DI SINI
Download Soal UMPTKIN IPC klik=>DI SINI

Keterangan:
Setelah klik, silahkan isi formulir yang tersedia di sana
Silahkan isi username (diisi nama+angka tanpa spasi)
pasword bikin sendiri
email bebas, no hp aktif
dan terakhir klik daftarkan diri saya di tombol merah

SOAL UM-PTKIN IPA IPS IPC
CONTOH SOAL UM PTKIN IPA IPS IPC BUKU
 Jangan takut gagal. Takutlah untuk tidak mau mencoba.

0 Response to "SELAIN DAFTAR SBMPTN, INILAH 4 ALASAN KENAPA HARUS IKUT UM-PTKIN SEKARANG. NO 2 BIKIN SEMANGAT!"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel