Selain Ikut UTBK SNBT, Inilah 4 Alasan Sebaiknya Ikut UMPTKIN Juga - PAGUNPOST -->

Selain Ikut UTBK SNBT, Inilah 4 Alasan Sebaiknya Ikut UMPTKIN Juga

Udah tau apa itu kepanjangan dari UMPTKIN? 

UMPTKIN merupakan kepanjangan dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN, IAIN & STAIN. Ini adalah jalur ujian tulis atau tes tulis, bukan ujian mandiri. 

Jadi, lolos atau tidaknya kamu di UIN/IAIN/STAIN tergantung pada hasil atau nilai pengerjaan Soal UMPTKIN. Bukan dari nilai raport dan bukan karena sertifikat.


Kenapa sih kamu harus ikut UM-PTKIN? 

Memang tidak wajib. 

Menurut saya, ada beberapa alasan mengapa sebaiknya ikut UMPTKIN juga

1. Jurusan UM-PTKIN

Jurusan-jurusan yang tersedia di jalur UM-PTKIN ini mirip-mirip dengan SPAN PTKIN. Buat kalian yang penasaran, bisa cek sendiri apa aja jurusan UMPTKIN.

2. Cadangan SNBT

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya dulu menempatkan UM-PTKIN sebagai cadangan dari SBMPTN (sekarang jadi SNBT). Jadi saya daftar SBMPTN dan UM-PTKIN sekaligus. Jadwal tesnya dan pendaftarannya juga nggak terpaut jauh jaraknya. Ini adalah planing saya.

Catet jadwal penting seperti pendaftaran dan waktu tes SBMPTN & UMPTKIN.

Yang sudah daftar sbmptn diperbolehkan daftar umptkin juga. Selama belum ada pengumuman lulus, coba saja semua jalur masuk seperti UM PTKIN juga. Rejeki tidak ada yang tahu yang penting dicoba saja dulu.

Kenapa harus daftar UMPTKIN? Ya buat alternatif kalau seandainya kamu nanti tidak lolos SBMPTN, masih ada harapan di UMPTKIN. Jadi waktu itu saya daftar 2 jalur itu sekaligus.

3. Tempat Tes

Biasanya Tes SBMPTN memilih kampus yang menjadi panitia lokal tes. Untuk jalur UMPTKIN selama di daerahmu ada IAIN/UIN/STAIN maka kamu dapat memilih tempat tes di situ sekalipun kamu nggak milih jurusan di kampus tersebut.

4. Peluang Lolos Besar

Kenapa dikatakan besar? Karena UM-PTKIN ini adalah jalur-jalur yang agak akhir setelah pengumuman SNMPTN DAN SPAN PTKIN. Otomatis banyak siswa yang sudah keterima di jalur SNMPTN DAN SPAN PTKIN. 


Selama belum ada pengumuman lulus atau kepastian diterima dimana, kamu bisa daftar jalur masuk apapun termasuk daftar UM PTKIN sebagai cadangan/alternaitf.

Selagi ada peluang, silahkan dicoba. Tidak ada salahnya mencoba semua jalur masuk yang ada termasuk UM PTKIN jika kamu tertarik dengan jurusan yang dibuka. Siapa tau tidak diterima SNMPTN dan ditolak SBMPTN tapi justru Lulus UM PTKIN.

Takdir tidak ada yang tahu. Tugas kita hanya berusaha setiap ada peluang yang ada termasuk ikut UM PTKIN. Ingat ya, ini bukan sebuah paksaan. Namun hanya menawarkan pilihan. Jika minat, silahkan ikut. Jika tidak minat, ya tidak apa-apa. Keputusan ada di tangan kalian

Kesimpulannya, buat kamu yang memang berniat masuk UIN/IAIN/STAIN maka manfaatkan jalur UM-PTKIN ini dengan sebaik-baiknya. Belajarlah mulai dari sekarang untuk mempersiapkan diri secara lebih matang. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel