KIvd339BgUeQ2GjwEjpirF0jbhwRuWMnxJPYkraz

Selain Ikut UTBK SBMPTN, Inilah 4 Alasan Sebaiknya Ikut UMPTKIN Juga

Udah tau apa itu kepanjangan dari UM-PTKIN? UMPTKIN merupakan kepanjangan dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN, IAIN & STAIN. Ini adalah jalur ujian tulis atau tes tulis, bukan ujian mandiri. Jadi, lolos atau tidaknya kamu di UIN/IAIN/STAIN tergantung pada hasil atau nilai pengerjaan Soal UMPTKIN. Bukan lagi bergantung pada nilai raport dan tidak pula pada sertifikat yang kamu miliki.

Kenapa sih kamu harus ikut UM-PTKIN? Apa sih keuntungan umptkin? Bukan berarti berdosa ya kalau nggak ikut. Tapi sebenarnya ada beberapa alasan mengapa sebaiknya ikut UM-PTKIN 2020.

1. Jurusan UM-PTKIN

Jurusan-jurusan yang tersedia di jalur UM-PTKIN ini mirip-mirip dengan SPAN PTKIN. Ada jurusan kegamaan, IPS, dan IPA. Buat kalian yang penasaran, bisa cek sendiri apa aja jurusan UMPTKIN di sini.

2. Cadangan SBMPTN

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya dulu menempatkan UM-PTKIN sebagai cadangan SBMPTN. Jadi saya daftar SBMPTN dan UM-PTKIN sekaligus. Jadwal tesnya dan pendaftarannya juga nggak terpaut jauh jaraknya. Ini adalah planing saya.

Catet jadwal penting seperti pendaftaran dan waktu tes SBMPTN & UMPTKIN.





Yang sudah daftar sbmptn diperbolehkan daftar umptkin juga. Selama belum ada pengumuman lulus, coba saja semua jalur masuk seperti UM PTKIN juga. Rejeki tidak ada yang tahu yang penting dicoba saja dulu.

Kenapa harus daftar UMPTKIN? Ya buat alternatif kalau seandainya kamu nanti tidak lolos SBMPTN, masih ada harapan di UMPTKIN. Meskipun secara timeline lebih dulu pengumuman UMPTKIN daripada pengumuman SBMPTN. 


Baca juga: Apakah Soal SBMPTN dengan UMPTKIN?

Owh ya, pakaian saat tes SBMPTN/UMPTKIN nanti bebas, rapi, sopan, baju/kaos berkerah, memakai sepatu tertutup jangan sampai jari kaki kelihatan. Tidak boleh pakai kaos oblong tanpa kerah. Pemakaian celana jeans diperbolehkan asalkan tidak robek, tapi untuk lebih amannya mending tidak pakai jeans tapi celana biasa (kain). Khusus peserta perempuan, diperkenankan mengenakan rok yang sopan/usahakan panjang ya.

3. Tempat Tes Dekat

Tidak seperti Tes SBMPTN yang biasanya hanya ada di kota-kota besar, maka UM-PTKIN ini saya rasa lebih tersebar lokasi tesnya. Selama di daerahmu ada IAIN/UIN/STAIN maka kamu dapat memilih tempat tes di situ sekalipun kamu nggak milih jurusan di kampus tersebut.

4. Peluang Lolos Besar

Kenapa dikatakan besar? Karena UM-PTKIN ini adalah jalur-jalur yang agak akhir setelah pengumuman SNMPTN DAN SPAN PTKIN. Otomatis banyak siswa yang sudah keterima di jalur SNMPTN DAN SPAN PTKIN. Dan mungkin lebih banyak ikut SBMPTN (yang tahun ini mencapai 800ribuan) ketimbang UM-PTKIN. Jadi, boleh dibilang peluang lolos lebih besar ada di jalur UM-PTKIN.

Peluang untuk masuk UIN, IAIN dan STAIN paling besar di jalur UM-PTKIN karena persentase kuotanya minimal 40%.

SPAN-PTKIN MINIMAL 20 %
UM-PTKIN MINIMAL 40 %
MANDIRI MINIMAL 30 %
Tambahan 10% sisanya kebijakan perguruan tinggi untuk menambahkan ke masing-masing jalur.

Selama belum ada pengumuman lulus atau kepastian diterima dimana, kamu bisa daftar jalur masuk apapun termasuk daftar UM PTKIN sebagai cadangan/alternaitf. Selagi ada peluang, silahkan dicoba. Tidak ada salahnya mencoba semua jalur masuk yang ada termasuk UM PTKIN. Siapa tau tidak diterima SNMPTN dan ditolak SBMPTN tapi justru Lulus UM PTKIN.

Takdir tidak ada yang tahu. Tugas kita hanya berusaha setiap ada peluang yang ada termasuk ikut UM PTKIN. Ingat ya, ini bukan sebuah paksaan. Namun hanya menawarkan pilihan. Jika minat, silahkan ikut. Jika tidak minat, ya tidak apa-apa. Keputusan ada di tangan kalian

Kesimpulannya, buat kamu yang memang berniat masuk UIN/IAIN/STAIN maka manfaatkan jalur UM-PTKIN ini dengan sebaik-baiknya. Belajarlah mulai dari sekarang untuk mempersiapkan diri secara lebih matang. Kamu juga bisa belajar soal UMPTKIN dari 2015-2018 hingga prediksi 2019 agar punya gambaran gimana bentuk tes dan tipe soalnya. Dan sangat diperbolehkan kamu ikut SBMPTN dan UM-PTKIN sekaligus. Waktu tes tidak bertabrakan.


Ingin belajar UM-PTKIN 2021?
atau pencet tombol di bawah ini:


Jangan takut gagal. Takutlah untuk tidak mau mencoba.


Baca juga tulisan lain di bawah ini: