Cara Pendaftaran & Soal PKN STAN dari Tahun ke Tahun

PKN STAN yang memiliki kepanjangan Politeknik Keuangan Negara STAN (Sekolah Tinggi Akutansi Negara) adalah salah satu dari sekolah ikatan dinas yang paling favorit diantara sekolah ikatan dinas lainnya. Apalagi kuota PKN STAN tahun 2017 lalu mencapai 6961 orang, kuota STAN 2018 naik jadi 7301 orang dan kuota STAN 2019 belum ada informasi resi. Tentu peluang untuk bisa menjadi mahasiswa STAN semakin bertambah besar seiring dengan kuota yang terus naik. Bisa dibilang persaingan untuk masuk PKN STAN 2019 juga tidak akan mudah. Meskipun peminatnya banyak, bukan berarti mengendurkan semangat untuk mendaftar PKN STAN 2019. Optimis itu harus tapi juga perlu usaha juga.
Sudah siap menjalani tes PKN STAN 2019?

Bagi Anda yang ingin menjadi pakai dari PKN STAN 2019, maka mau tidak mau harus ikut seleksi PKN STAN 2019 mulai tahap awal hingga selesai. Persiapkan bekal dalam menghadapi tes PKN STAN 2019 dengan belajar contoh Soal PKN STAN dan pembahasan 2018, 2017, 2016, 2015 dan prediksi soal STAN 2019 agar mengetahui materi PKN STAN yang sering muncul.
----------------
Download Soal PKN STAN 2018 PDF bisa pesan klik => soal stan pdf

Buku STAN 2019 masih proses produksi, jika minat bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu untuk pendataan awal => pesan disini
----------------

Nah, seperti pendaftaran sekolah ikatan dinas lainnya, maka pendaftaran PKN STAN 2018 dibuka pada 9 April 2018 - 30 April 2018. Untuk Jadwal Pendaftaran PKN STAN 2019 belum ada informasi terbaru.

Cara Pendaftaran PKN STAN 2018

a. Registrasi peserta dan pemilihan sekolah kedinasan: PKN STAN melalui portal http://sscndikdin.bkn.go.id pada tanggal 9-30 April 2018. Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga dan apabila pelamar diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, make yang bersangkutan dinyatakan gugur;

b. Pengisian formulir pendaftaran online {e-registration) melalui portal http://spmb.pknstan.ac.id pada tanggal 9-30 April 2018 yang terdiri dari tahapan sebagai berikut:
  • Login dengan menggunakan username dan password sudah yang didaftarkan pada portal http://sscndikdin.bkn.ac.id:
  • Mengisi data pilihan unit penempatan (Kementerian Keuangan atau Non-Kementerian Keuangan);
  • Mengisi data pilihan spesiaiisasi;
  • Mengisi formulir pendaftaran online dan mengunggah pas foto (berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos), dan dokumen yang dipersyaratkan (ijazah/rapor dan identitas diri). Bagi pendaftar calon lulusan tahun 2018 mengunggah Surat Keterangan Mengikuti Ujian Nasional yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang;
  • Mengunci data dan mendapatkan kode MVA {Mandiri Virtual Account)]
  • Menyetor biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan; dan
  • Mengunduh dan mencetak Bukti Peserta Ujian (BPU).

Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan Non-Kementerian Keuangan akan menerima putra putri Warga Negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan pada Politeknik Keuangan Negara STAN dengan pilihan program studi sebagai berikut:
Program Studi Diploma I Kebendaharaan Negara;
Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai;
Program Studi Diploma I Pajak;
Program Studi Diploma III Akuntansi;
Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara;
Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai;
Program Studi Diploma III Manajemen Aset;
Program Studi Diploma III Pajak;
Program Studi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai.

Ujian Tertulis dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) akan diselenggarakan pada tanggal 27 Juni sampai dengan 7 Jull 2018 di lokasi sebagai berikut: 
Jakarta, Cimahi, Balikpapan, Banda Aceh, Semarang, Manado, Medan, Yogyakarta, Palu,  Padang, Surabaya,  Makassar, Pekanbaru, Malang,  Ambon,  Batam,  Denpasar, Sorong,  Jambi,  Mataram, Jayapura, Bengkulu,  Kupang, Tarempa, Palembang, Pontianak, Ternate, Bandar Lampung,  Banjarmasin, dan Merauke

Ujian Tertulis PKN STAN 2018 terdiri atas:
1) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD PKN STAN) meliputi:
  • Tes Karakteristik Pribadi;
  • Tes Intelegensi Umum; dan
  • Tes Wawasan Kebangsaan.
2) Tes Potensi Akademik (TPA PKN STAN), dan
3) Tes Bahasa Inggrls (TBI PKN STAN).

Peserta dinyatakan lulus Ujian Tertulis apabila:
1) memenuhi nilai ambang batas SKD sesuai PERMENPANRB Nomor 22 Tahun 2018 tentang Penerimaan Mahasiswa-Mahasiswi/Taruna-Taruni Sekolah Kedinasan Pada Kementerian/Lembaga Tahun 2018; memenuhi nilai ambang batas TPA (67) dan TBI (30); peserta berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan yang tersedia.

Pemeringkatan hasil ujian tertulis sebagaimana dimaksud pada poin c nomor 3) dilakukan
berdasarkan:

1) Nilai total yang merupakan penjumlahan dari nilai TPA dan TBI; apabila terdapat peserta dengan jumlah nilai total TPA dan TBI yang sama sehingga mengakibatkan jumlah yang dapat diterima melebihi kebutuhan, nilai peserta tersebut akan diurutkan berdasarkan nilai SKD sesuai dengan PERMENPANRB Nomor 22 Tahun 2018.

Ujian Kesehatan dan Kebugaran hanya diikuti oleh calon mahasiswa Spesialisasi
Diploma I dan Diploma Ill Bea Cukai.

Ujian Kesehatan dan Kebugaran diselenggarakan pada tanggai 23 - 25 Juli 2018. Lokasi, dan jadwal ujian akan diumumkan pada tanggai 13 Juli 2018.


Jadwal Seleksi SPMB PKN STAN 2018


Perbedaan PKN STAN dengan PTN

PTN adalah Perguruan Tinggi Negeri, seperti UI, UGM, ITB, IPB, Unair, UB, Unpad, Undip dan sebagainya.
  • Durasi masa kuliah PKN STAN D1: 1 tahun, D3: 3 tahun dan D4: 2-2,5 tahun. Sedangkan PTN D3: 3 tahun, S1: 3,5-6 tahun, S2: 1,5-3 tahun dan S3: 3-5 tahun.
  • Sistem perkuliahan PKN STAN adalah sistem SKS paket, ada kebijakan DO per semester, mahasiswa wajib mengenakan seragam sesuai ketentuan. Sedangkan PTN sistem SKS paket dan pilihan, DO jika belum lulus pada maksimal studi dan pakaian mahasiswa bebas rapi tanpa ada seragam.
  • Biaya kuliah PKN STAN disubsidi oleh pemerintah (GRATIS). Sedangkan PTN tidak disbusidi alias berbayar tapi banyak beasiswa kuliah.
  • Lapangan kerja PKN STAN bisa menjadi PNS, Kemenkeu, BPK, BPKP, OJK, Kementerian lainnya. Sedangkan PTN bisa jadi PNS dan swasta.
  • Tes / Ujian masuk PKN STAN melalui 1 jalur yakni SPMB PKN STAN dengan 2 tahap seleksi (tes tulis & tes kesehatan kebugaran). Sedangkan jalur masuk PTN lebih dari 1 yakni SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri, dan jalur lainnya.
Baca juga: Apa itu PTKIN

Soal PKN STAN

Buat kamu yang mau mencuri start belajar agar bisa tembus PKN STAN, maka saya sarankan untuk belajar Soal USM PKN STAN mulai dari sekarang. Dengan kalian tahu dan mempelajari soal-soal tahun lalu maka semakin mempermudahmu dalam mengenal tipe-tipe soal PKN STAN 2019 yang sering keluar. Sudah ada persiapan yang matang sebelum mengikuti seleksi PKN STAN 2019.
buku tes stan, buku pkn stan dan pembahasan,
Buku PKN STAN dan Pembahasan
Kapan lagi belajar kalau nggak mulai dari sekarang?

----------------


Download Soal PKN STAN 2018 PDF bisa pesan klik => soal stan pdf

Buku Soal STAN 2019 masih proses produksi, jika minat bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu untuk pendataan awal => pesan disini
----------------
Calon Menantu Idaman adalah Lulusan Pendidikan Kedinasan
Gambaran tes kesehatan dan kebugaran PKN STAN:

Sekian informasi Pendaftaran PKN STAN 2019.
Semoga kamu menjadi salah satu mahasiswa STAN 2019.
Semoga segera tersedia update informasi jadwal pendaftaran online STAN 2019, kapan informasi pendaftaran PKN STAN 2019 dan apa  syarat pendaftaran PKN STAN 2019.

Lihat juga soal kedinasan lain klik dibawah ini:

2 Responses to "Cara Pendaftaran & Soal PKN STAN dari Tahun ke Tahun"

  1. Jadi wajib benar TPA hanya 17 untuk lewati nilai mati?

    BalasHapus
  2. Jadi TPA wajib benar 17 untuk lewat nilai mati?

    BalasHapus

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel