Jangan Terlalu Berharap SPAN-PTKIN, Bersiaplah Jalur UM-PTKIN Sekarang Juga - PAGUNPOST -->

Jangan Terlalu Berharap SPAN-PTKIN, Bersiaplah Jalur UM-PTKIN Sekarang Juga

Jalur SPAN PTKIN adalah kepanjangan dari Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) menjadi salah satu jalur untuk masuk PTKIN seperti UIN, IAIN dan STAIN. 

Jalur ini menggunakan nilai raport dan sertifikat (bila ada) yang pengisian PDSS span-ptkin dikoordinir oleh pihak sekolah. Tidak semua sekolah mendaftarkan siswanya untuk mengikuti SPAN-PTKIN karena ada beberapa sekolah yang mungkin tidak ikut SPAN-PTKIN dengan berbagai alasan. Tergantung kebijakan sekolah. Saran saya, jika kamu berminat ikut span-ptkin, coba minta ke pihak sekolah agar didaftarkan.

Lantas, kenapa judulnya jangan berharap banyak SPAN-PTKIN?

Ibaratkan jalur SPAN-PTKIN adalah jalur bonus. Karena nilai yang bagus belum menjamin kamu pasti akan lolos.

Penilaian SPAN-PTKIN juga melibatkan BEBERAPA FAKTOR. Dan sejauh ini tidak ada data yang pasti dan resmi berapa nilai rata-rata SPAN-PTKIN yang lolos.

Perlu diketahui jika jumlah peminat SPAN-PTKIN juga banyak. 



Tips memilih jurusan kuliah adalah pilihlah prodi/jurusan yang bener-bener sesuai dengan bakat dan minatmu. Cek tugas/mata kuliahnya, biaya hidup, prospek masa depan, akreditasi dan lainnya.

Abaikan saja prodi sepi peminat atau banyak peminat, jika itu adalah prodi yang kamu suka maka perjuangkan dengan maksimal. Jangan sampai kamu salah memilih jurusan.

Baca juga: Jurusan-jurusan SPAN-PTKIN

Bila kita hanya berharap pada salah satu jalur saja, misalnya SPAN-PTKIN aja, maka menurut saya kurang tepat. Kita harus siapkan banyak planing (rencana). 

Tidak diterima jalur ini, masih punya cadangan jalur lain. 

Oleh karena itu, sebaiknya kamu juga mempersiapkan jalur lain untuk bisa masuk UIN, IAIN atau STAIN misalnya seperti jalur UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri).

UM-PTKIN adalah jalur tes soal (bukan jalur mandiridengan jurusan yang sama dengan SPAN-PTKIN hanya beda jumlah kuota yang diterima. 

Persiapkan jalur umptkin jauh-jauh hari untuk belajar materi umptkinTidak perlu nunggu pengumuman SPAN-PTKIN kemudian baru belajar UM-PTKIN. 

Jangan telat karena sudah banyak sainganmu yang belajar materi UM-PTKIN lebih awal. Bahkan alumni juga jadi pesaingmu di jalur umptkin.

Sebelum semakin tertinggal, sekarang masih ada waktu buatmu untuk mempersiapkan UM-PTKIN bisa dengan belajar SOAL UM PTKIN.

Ingin belajar UM-PTKIN?


Agar tidak terlalu berharap pada SPAN-PTKIN, lebih baik anggap saja sekarang sudah nggak lolos SPAN-PTKIN. Jika pengumuman SPAN-PTKIN dinyatakan TIDAK LOLOS, setidaknya kamu sudah siap tempur di jalur UM-PTKIN tanpa perlu panik lagi karena sudah dipersiapkan sebelumnya. 

Jika nanti lolos SPAN-PTKIN, Alhamdulillah, berarti itu sudah rezekimu. Yang jelas, persiapkan UM-PTKIN secara matang mulai dari sekarang. Jangan berharap pada jalur SPAN-PTKIN yang tidak pasti dan sering bikin PHP.


Pesan Buku UMPTKIN 2024

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel