Lulus SPAN PTKIN tapi tidak diambil, apakah ada blacklist? - PAGUNPOST -->

Lulus SPAN PTKIN tapi tidak diambil, apakah ada blacklist?

lulus span ptkin tidak diambil

Biasanya ada 2 kondisi :

Pertama, kamu ikut SNBP dan SPAN PTKIN sekaligus dan ternyata lolos dua-duanya. Ya otomatis harus memilih salah satu, kan? maka ada rencana meskipun kamu lulus span ptkin tapi tidak diambil karena lebih memilih ambil yang SNBP.   

Kedua, kamu tidak ikut SNBP atau tidak lolos SNBP, kamu dalam kondisi lulus span ptkin saja tapi berencana mundur karena beberapa alasan seperti tidak cocok dengan jurusan, diterima dipilihan kedua atau alasan lain. 

Jika Lulus SPAN PTKIN tapi tidak diambil apakah SPAN PTKIN ada Blacklist? 

Secara sanksi/konsekuensi sebenarnya lebih tegas sanksi untuk siswa yang menolak kelulusan SNBP. Jika lulus SNBP tidak diambil maka kamu tidak bisa ikut SNBT atau ikut jalur mandiri yang menggunakan nilai utbk snbt. Untuk saksi pada sekolahnya, hal itu tergantung pada kebijakan masing-masing kampus.

Sedangkan sanksi/konsekuensi bagi siswa yang menolak span ptkin padahal sudah lulus tidak begitu tegas. Artinya, kamu masih bisa ikut jalur lain seperti snbt (jika punya akun), umptkin atau jalur mandiri walaupun lulus span ptkin tapi tidak ambil. 

Tapii ada kemungkinan untuk span ptkin ini berpengaruh ke adik kelas. Jika banyak kakak kelasnya dulu tidak daftar ulang span ptkin atau lulus span ptkin tapi tidak diambil maka berpengaruh kepada kualitas sekolah pada aspek indeks daftar ulang. 

Indeks daftar ulang adalah salah satu faktor saja dalam penilaian span ptkin.

Jadi, nilai kualitas sekolah bisa rendah jika banyak kakak kelas di sekolah itu tidak daftar ulang ketika sudah dinyatakan lolos span ptkin. 

Rendah ini dalam arti nilai kualitas sekolah yang kecil atau juga bisa sekolah tersebut dibatasi/jumlah diterima akan berkurang. Ada dua kemungkinan itu. 

Dan ada faktor dari pihak kampusnya langsung apakah kampusnya menerapkan blacklist pada sekolah tertentu. 

Kondisi ini sebenarnya dapat diminimalisir jika dari awal memang tidak minat dengan jurusan span ptkin maka lebih baik tidak perlu ikut sekalian. Intinya jangan sembarangan asal ikut. 

Lalu bagaimana kalau sudah telanjur, kak?

Bisa konsultasi ke guru BK apakah perlu membuat surat pengunduran diri span ptkin. 

Jadikan sebagai pengalaman untuk bijak dalam mendaftar.

Tapi saya juga memaklumni kondisi peserta span ptkin yang sebenarnya berharapnya di pilihan pertama ternyata diterima dipilihan kedua span ptkin. Kalau kasus ini saya juga tidak bisa memaksakan harus mengambil.

Jika gagal snbp dan tidak jadi span ptkin, bisa coba jalur lain seperti snbt, jalur umptkin atau jalur mandiri.



Sedangkan bagi yang belum SNBP dan SPAN PTKIN bersamaan :
Saran saya, pikirkan dengan matang lebih dulu. 

Coba pertimbangkan dengan matang: apakah akan ikut SPAN-PTKIN dan SNBP sekaligus atau cuma ikut SNBP saja.

Bila dalam hati kecil tidak minat SPAN-PTKIN, saran saya, sebaiknya tidak usah ikut SPAN-PTKIN. Cukup ikut SNBP saja dan cari jalur lain sebagai cadangan (snbt, umptkin, mandiri).

Yang utama sebenarnya jurusan dan kampusnya. 

Memang jurusan span ptkin tidak semuanya ada. Karena pihak UIN juga punya jalur SNBP sehingga tidak sama jurusan kuliah yang ditawarkan.

Seperti kalau mau ambil Kedokteran UIN Jakarta ya tidak bisa lewat span ptkin. Kedokteran UIN Jakarta lewat SNBP, SNBT dan Mandiri.

Sedangkan kalau mau ambil jurusan PAI (Pendidikan Agama Islam) misalnya itu tidak bisa SNBP tapi lewat SPAN PTKIN, UMPTKIN dan Mandiri.

Jadi jalur kuliah menentukan juga jurusan yang bisa diambil.  Jika dari awal sudah tidak minat dengan jurusan yang ada di SPAN-PTKIN misalnya maka lebih baik tidak usah daftar. Pilih kampus dan jurusan yang BENAR-BENAR DIMINATI. 

Pikirkan jurusan yang ditawarkan di SPAN-PTKIN, apakah ada yang membuatmu tertarik?

Jika masing asing dengan jurusan di SPAN-PTKIN cari tahu dari kakak kelas atau web kampus tentang prodinya itu belajar apa saja sih? mata kuliahnya tentang apa saja? magang/PPL gimana saja? akreditasi? lulusannya kerja di mana? dan lainnya.

Sudah ikut/Lulus SPAN PTKIN tapi ingin ikut SNBT?

Perhatikan kapan pengumuman SPAN PTKIN dan kapan penutupan pembuatan akun SNPMB dan pendaftaran SNBT.

Pengumuman SPAN-PTKIN 2 April 2024 sedangkan pendaftaran snbt sampai 5 April 2024 dengan catatan sudah punya akun snpmb.

Jika mau ikut SNBT harus buat Akun SNPMB dulu. Cek kapan terakhir batas pembuatan akun SNPMB.

Jadi, untuk pembuatan akun SNPMB tidak perlu pengumuman SPAN-PTKIN karena keburu telat. Langsung saja bikin. Minimal sudah punya akun SNPMB dulu.

Tapi untuk daftar UTBK dan bayar bisa menunggu hasil span ptkin pengumuman 2 April 2024 karena masih ada waktu pendaftaran snbt sampai 5 April 2024.

Agar jika lulus span ptkin dan kamu ambil maka kamu hemat uang pendaftaran snbt. Daripada duluan bayar utbk tapi akhirnya kamu memilih hasil lulus span ptkin.

--

Dari kasus-kasus di atas, inti sebenarnya adalah pentingnya melihat timeline pendaftaran masing-masing jalur. Tidak mungkin kita hanya berharap SNBP atau hanya berharap SPAN PTKIN saja.

Akan lebih baik jika menyiapkan beberapa jalur lain sebagai cadangan atau alternatif manakala tidak lolos jalur ini masih bisa ikut jalur lain selama masih dibuka.

Cobalah menjadi siswa yang aktif dan inisiatif dalam mencari informasi. Jangan bergantung hanya dari guru saja. 

Sebenarnya, selain SNBP atau SPAN-PTKIN masih banyak sekali jalur masuk kampus yang bisa kalian coba. Tentu dengan catatan melihat timeline (mulai dari pendaftaran, jadwal tes, jadwal pengumuman dan jadwal daftar ulang) agar tidak saling bertabrakan atau muncul kasus baru: terlanjur bayar di jalur ini tapi masih menunggu jalur lain.


Jika kalian dari awal tidak terlalu ingin ikut SPAN-PTKIN maka sebaiknya tidak perlu mendaftar sejak awal daripada nanti sudah diterima SPAN-PTKIN tapi tidak diambil. 

Toh juga masih ada jalur seperti UM-PTKIN yang menawarkan jurusan umptkin hampir mirip seperti dengan prodi SPAN-PTKIN.

Jika tidak lolos SPAN-PTKIN, kamu bisa ikut mendaftar jalur UMPTKIN yang pendaftarannya akan dibuka setelah pengumuman SNBP & SPAN PTKIN. 

klik --> Contoh Soal UMPTKIN


Kesimpulannya... 
  • Jika jurusan yang kamu incar ada di SPAN-PTKIN maka daftarlah SPAN-PTKIN. 
  • Dan jika jika jurusan yang kamu incar ada di SNBP, maka daftarlah SNBP. 
  • Jika jurusan kamu suka ada di SPAN-PTKIN dan SNBP, ya bisa daftar dua duanya selama sekolah mengizinkan dan mendaftarkan kamu.
Selanjutnya siapkan cadangan/alternatif barangkali nanti kamu ditolak jalur SNBP atau SPAN-PTKIN. Jika kamu berminat masuk STAIN, IAIN dan UIN maka ada jalur tes yaitu UMPTKIN dan mandiri.

Baca juga: Soal UMPTKIN

Yang terpenting jangan malas belajar snbt atau belajar umptkin hanya karena terlalu berharap jalur raport yang bisa jadi PHP. 

Yuk persiapkan segala rencana jalur lain sebagai alternatif/cadangan yang akan kamu ikuti dengan matang dan penuh pertimbangan.

Jadilah siswa yang aktif dalam mencari informasi sendiri. Jangan hanya bergantung dari pihak sekolah atau teman. Dan usahakan baca informasi secara teliti dan lengkap agar tidak gagal paham.

Kesimpulan :

Jadi span ptkin boleh ditolak meski dengan beberapa konsekuensi termasuk dapat berdampak pada nilai indeks daftar ulang sekolahmu.

Dan meskipun lolos span ptkin tapi tidak diambil, masih bisa ikut snbt atau jalur lain seperti snbt, umptkin atau jalur mandiri. 

Walaupun span ptkin bisa ditolak, jangan asal daftar. Usahakan memang daftar jika punya kecenderungan untuk kuliah di sana.

Semoga dan semoga, kamu bisa melanjutkan jenjang ke pendidikan yang lebih di kampus yang memang kalian idamkan. Semoga sukses !!! Aamiin

58 Responses to "Lulus SPAN PTKIN tapi tidak diambil, apakah ada blacklist?"

  1. Makasih y kk,, serius sangat membantu saya yg skrg kls 12 kk,, bantu skli,,mksih kk

    BalasHapus
  2. kak kalau kita terlanjur bayar dftar ulang span ptkin dan tidk mengambilnya, karena lolos sb apakaha tdk pp. memang biasa nya berapa biaya daftar ulang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak apa-apa kalau tidak daftar ulang.. cuma biaya daftar ulang itu adalah bayar UKT (uang kuliah 1 semester)

      Hapus
  3. biasanya berapa ka biaya daftar ulang untuk span ptkin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung UKT (biaya kuliah) per semester

      Hapus
  4. Kak apakah bisa ikut umptkin dan utbk berbarengan? Apa harus pilih salah satu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bolehh kok,, semoga jadwalnya ga barengan yaa

      Hapus
  5. Apakah boleh jika saya mendaftar spanptkin sekaligus snmptn di kampus dan prodi yang sama ? Apa akibatnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kampus sama tidak sama.. tapi jurusannya pasti beda.. karena jurusan snmptn berbeda dengan jurusan span ptkin... sehingga tidak mungkin jurusannya sama meskipun ikut dua-duanya

      Hapus
  6. Kak kalau misalnya sudah lulus Span-Ptkin, Dan lulus di pilihan kedua Yang tidak kita inginkan misalnya, terus mau tes Umptkin, apakah boleh kak? Makasih banyak kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh kok.. cuma mungkin adek kelas tahun depan agak susah lulus span ptkin...

      Hapus
  7. kak misal saya daftar snmptn dan kedinasan, kedua-duanya keterima tapi yang saya ambil kedinasan, bolehkah saya mengundurkan diri dari ptn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu daftar ulang snmptn ya berarti?

      biasanya kedinasan agak lama tesnya sehingga otomatis kamu daftar ulang snmptn kalau memang mau ambil... dan daftar ulang bayar ukt..

      kalau misal udah daftar ulang snmptn, trus tiba-tiba keterima kedinasan dan mau ambil kedinasan ya silahkan.. tapi uang daftar ulang snmptn harus diikhlaskan karena tidak bisa ditarik hehe

      Hapus
    2. Maaf kak menyambung, apakah ketika kemudian diterima kedinasan dan meninggalkan ptn tersebut walaupun sudah/belum membayar apakah berlaku pula blacklist sekolah? Atau adakah konsekuensi yang berlaku?

      Hapus
    3. kalau sudah daftar ulang sepertinya tidak masalah,,,

      yaa kalau mengikhlaskan biaya daftar ulang

      Hapus
  8. Permisi kak...
    Klo daftar di spanptkin daftarnya di UIN trus pas di SNMPTN juga daftar di UIN yg sama boleh gk? Trus peluangnya makin besar gk kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh aja.. kan jurusan span ptkin dan snmptn PASTI BEDA.
      peluangnya ya sama aja... bisa lulus dua duanya, lulus salah satu atau tidak lulus semua

      Hapus
  9. Assalamualaikum Kak sekarang kan snmptn kaya menganut sistem blacklist siswa,nah klau snmptn ketrima terus span apa ke blacklist kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, bisa aja diterima SNMPTN dan SPAN PTKIN sekaligus... kalau keterima dua-duanya saya sarankan ambil SNMPTN, tapi kalau lebih minat SPAN PTKIN ya bisa bilang ke guru BK buat lepas SNMPTN

      Hapus
  10. Saya udah daftar tp saya mau cancel apa bisa ka,dan bermasalh gk sama skolah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah finalisasi maka sudah terdaftar jadi PESERTA.
      tunggu pengumuman sajaa

      Hapus
  11. Kakk apa bisa ikut snmptn trus ikut span juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa bisa aja.. makanya ada bisa lolos dua duanya..
      tapi tergantung kebijakan sekola gimana.

      Hapus
  12. Permisi kakk, kalo 2021 ni ikut snmptn trs ikut span bisa ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh. Tergantung sekolahnya mengizinkan atau tidak.

      Hapus
  13. Kak kalau kita pengennya ke IAIN sebaiknya kita nyoba yang SNMPTN atau yang SPAN PTKIN

    BalasHapus
    Balasan
    1. IAIN tidak ikut jalur SNMPTN. IAIN jalur SPAN PTKIN, UMPTKIN dan mandiri.

      kalau UIN ikut SNMPTN.

      Hapus
  14. Kak kalo saya daftar SPAN PTKIN sama SNMPTN apa harus beda jurusan dan kampus. Soalnya saya pernah dengar kalo ambil keduanya harus beda. Misal SNMPTN saya ambil PGPAI sama PBA di UIN Maliki Malang terus yang SPAN PTKIN harus beda ambil fakultas sama kampusnya contoh PGMI sama Sastra Arab di UIN Suka jogja.makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan harus beda jurusan dan kampus. kalau sama kampusnya boleh kok. tapi jurusannya pasti beda. karena jurusan yang ada di spanptkin beda dg jurusan di snmptn.

      PBA UIN Malang itu jalur spanptkin, umptkin dan mandiri. PBA tidak bisa di snmptn.

      Hapus
  15. Kak,apakah sangat berpengaruh terhadap seleksi di masing" univ jika kita mendaftar dua"nya? Span dan snm? Dan berarti kalau lolos span bisa daftar sbm juga ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. panitianya beda. makanya ada yang bisa lolos dua duanya. tapi ada juga yang lolos salah satu.bahkan tidak lolos dua duanya.

      kalau udah lolos span, kenapa daftar sbmptn juga? kurang suka dengan span ptkin? karena setelah lolos span-ptkin tidak lama setelah itu nanti bayar ukt untuk daftar ulang. kalau tidak bayar, dianggap mundur. kalau nunggu pengumuman sbmptn dan tidak daftar ulang span maka span dianggap mundur

      Hapus
  16. Kak mau tanya kalau misalkan yang lulus spanptkin masih bisa daftar SBMPTN tidak?mohon dijelaskan🙏🙏

    BalasHapus
  17. Kak mau tanya kalau misal tahun ini ketrima PTN jalur SNMPTN, tapi tdk diambil karena mau daftar ke PKN-STAN apakah sekolah akan kena blacklist dari PTN kak? Mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. PKN STAN 2021 pakai nilai utbk sbmptn, nah kalau kamu udah lulus snmptn maka nggak bisa ikut utbk sbmptn sehingga otomatis juga nggak bisa ikut PKN STAN karena tidak punya nilai utbk sbmptn,,,

      jadi kamu punya beberapa opsi ketika ingin SNMPTN dan PKN STAN
      1) daftar snmptn, lulus.. maka tidak bisa ikut pkn stan
      2) daftar snmptn, tidak lulus.. bisa ikut utbk sbmptn dan daftar stan
      3) tidak daftar snmptn.. langsung persiapan utbk sbmptn dan stan

      kalau misal yang terjadi poin 1 maka kamu harus ikhlas tidak bisa ikut stan..
      jadi pertimbangkan baik-baik...

      tinggal kamu lebih condong ke mana? SNMPTN atau STAN?

      kalau nggak nyoba snmptn juga agak sayang apalagi jika sekolahnya terkenal banyak lolos snmptn dan punya nilai rapot bagus, tapi kalau lulus snmptn maka tidak bisa ikut stan.

      di satu sisi sebenarnya bisa aja tidak ikut snmptn tapi langsung fokus sbmptn. memang butuh effort lebih buat belajar sbmptn.. tapi nilai utbk sbmptn bisa digunakan untuk daftar sbmptn PTN, stan atau jalur mandiri (beberapa kampus pakai nilai utbk jalur mandiri).

      keputusan ada di tanganmu. saya hanya sebatas memberikan beberapa kemungkinan, jika ada salah silakan dikoreksi yaa

      Hapus
  18. kak kalau udh daftar ke sekolah ngisi pdss gitu buat span ptkin, kalo nanti semisal gajadi daftar dan belum finalisasi data gapapa kan?

    BalasHapus
  19. Kak kalo keterima span ptkin terus nggak diambil karena keterima snmptn atau fokus ke utbk pengaruhnya untuk sekolah apa aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lalu ikut span ptkin untuk apa kalau akhirnya fokus ke utbk?

      masih masuk akal jika ikut span ptkin dan snmptn terus lulus span ptkin tidak ambil karena juga lulus snmptn. itu masih wajar.

      tapi kalau sudah lulus span-ptkin dan tidak diterima snmptn tapi fokus ke utbk itu agak aneh. seperti tidak serius ikut span ptkin

      Hapus
  20. Kak mau tanya klo misal udah dapet kode password buat daftar SPAN PTKIN tapi belum daftar terus gajadi daftar boleh ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh boleh aja...

      span ptkin memang harus melalui sekolah dulu terus nanti sekolah dapat id pendaftaran dan pasword yg dibagikan untuk siswa...

      setelah itu siswanya login pake data tsb untuk daftar memilih jurusan dll..

      Hapus
  21. Assalamualaikum...dek mau tnya anak saya udh lulus di snmptn fkip udh kuliah (semester 2)..tp dia tidak berminat di jurusan itu..mau pindah ke fakultas lain juga tidak bisa...gimana solusi terbaik buat anak saya...trimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam

      1) dicoba dulu kalau memang benar2 tdk minat bisa ikut tes lagi jalur sbmptn, umptkin atau mandiri..

      semoga masih bisa daftar karena kadang ada syarat tahun lulusan, kalau lulusan yg lama kadang sudah tdk bisa

      Hapus
  22. Assalamu'alaikum kak

    Saya ingin bertanya. Saya lolos span-ptkin, dan katanya tetap boleh untuk mengikuti um-ptkin

    Pertanyaan nya adalah, apakah sebaiknya saya daftar ulang di ptkin Tersebut?

    Takutnya setelah saya daftar ulang di ptkin tersebut, saya tidak dapat mengikuti um-ptkin nya dikarenakan telah mendaftar ulang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. daftar ulang boleh tapi butuh biaya bayar ukt.. kalau misalnya km nanti juga lulus umptkin berarti bayar ukt lagi.. jadi bisa bayar dobel ukt..

      kalau tdk daftar ulang berarti dianggap mundur.. kalau misal ternyata udah ga daftar ulang span ptkin ternyata juga tdk lulus umptkin ya berarti nyobba jalur mandiri (selama jalur mandiri masih buka)

      Hapus
  23. Kak saya masih bingung, jadi apabila keterima UM PTKIN trus gak diambil berarti tidak usah bayar daftar ulang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tidak daftar ulang berarti dianggap mundur/hangus

      Hapus
  24. Kk kalau lulus span ptkin dan sudah daftar ulang span ptkin ,tapi ingin ikut jalur umptkin boleh ga ya kk?

    BalasHapus
  25. Kak, kan saya lulus di snbp dan span ptkin. Nah, kalau yg di snbp saya skip ga ikut daftar ulangnya tanpa memberi tahu ke pihak sekolah dan lebih memilih hasil diterima di span ptkin itu boleh kah kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang span-ptkin sudah diumumkan? kalau lulus snbp setau saya tidak bisa ikut snbt dan kalau lulus snbp tidak diambil mungkin bisa berdampak ke adik kelas... memang sebaiknya dari awal jika tidak minat, tidak ikut daftar saja

      Hapus
  26. Selamat malam ka. Sya mau bertanya saya di Terima SNBP tapi itu pilihan ke 2 saya. Dan saya ga mau ambil apakah saya harus memberikan surat atau bagaimna ya ka. Biara sekolah sya tidak di Black list ka.
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau lolos SNBP tidak bisa ikut SNBT, lalu kamu mau daftar jalur apa kalau SNBP ga diambil?

      saya kurang tau tentang agar tidak diblacklist,

      buat pelajaran ke semua bahwa baiknya memang pilih prodi yang hanya diminati saja. kalau minatnya 1 ya pilih 1 aja

      Hapus
  27. permisi kak mau nanya, saya bingung ,, saya tidak lolos snbp dan sudah dftar snbt (kipk), di samping itu ada SPAN PTKIN keterima pilihan ke 2, dan itu kalau saya tidak ambil apa tahun depan saya tdk bisa ikut SNBT? (SAYA DI BLACKLIST)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak lolos SNBP masih bisa ikut SNBT.

      Kalau lolos span-ptkin tapi mau ikut SNBT juga boleh kok. Untuk sanksi tidak ambil span-ptkin tergantung masing-masing kampus. Tapi tidak sekaku SNBP

      Hapus
  28. Permisi, kak saya mau tanya
    Kan di span ptkin diberi kesempatan untuk memilih 4 prodi, dan itu udah saya isi semua tapi saya ingin membatalkan salah satu ptkin nya apakah bisa ? Belum saya finalisasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa diganti kok untuk jurusan kuliah jika belum finalisasi. Coba saja.

      Hapus
    2. kampus/jurusan kuliahnya bisa diganti jika belum finalisasi. tapi tetap harus 2 kampus dan masing-masing 2 jurusan (total 4 jurusan) untuk jalur span ptkin...

      Hapus

Jika ada pertanyaan/masukan, silakan tulis di kolom komentar.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel