√ Soal Sipencatar Kemenhub 2021 Terbaru 18 PERGURUAN TINGGI KEMENTERIAN PERHUBUNGAN - PAGUNPOST -->

Soal Sipencatar Kemenhub 2021 Terbaru 18 PERGURUAN TINGGI KEMENTERIAN PERHUBUNGAN

Sudah siap mengerjakan soal sipencatar kemenhub 2021?

Salah satu sekolah kedinasan yang memiliki daya tampung cukup banyak adalah 18 Sekolah Kementerian Perhubungan RI (Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan). Untuk informasi pendaftaran sipencatar kemenhub 2021 atau pendaftaran sekolah kedinasan kementerian perhubungan pola pembibitan kemenhubdan dan pola pembibitan pemda 2021 belum diumumkan.

KLIK => Latihan Soal Sipencatar Kemenhub
Pengumuman Pendaftaran Sipencatar Kemenhub 2020
Perlu diketahui jika kuota diterima Sipencatar Kemenhub 2020 sebanyak 2676 orang yang dibagi dua yaitu 1932 untuk prodi Pola Pembibitan Kemenhub dan 744 untuk prodi Pola Pembibitan Pemda (khusus PTDI - STTD Bekasi). Akankah akan ada namamu diantara 2676 orang di sekolah kedinasan kemenhub?

Tidak hanya SMA/SMU/MA jurusan IPA/IPS yang bisa mendaftar, namun Siswa SMK pun juga bisa mendaftar di sekolah kedinasan dephub ini. Namun, masing-masing prodi ada ketentuan tertentu sehingga belum tentu bisa memilih semua.

Oleh karena itu,jika anda ingin mengikuti tes Sipencatar Kemenhub 2020 maka perlu persiapan karena saingan untuk masuk di salah satu sekolah tinggi kemenhub juga cukup ketat. Perbanyaklah berlatih menjawab prediksi soal sipencatar kemenhub 2020 atau contoh soal sipencatar kemenhub 2019 dan pembahasan. Karena usaha yang berbeda akan membuat hasil yang berbeda pula. Perbanyak latihan mengerjakan soal sipencatar kemenhub agar bisa mendapatkan nilai ujian yang maksimal.

KLIK => Latihan Soal Sipencatar Kemenhub


buku sipencatar kemenhub 2020 soal tes sttd soal sttd soal tpa sttd soal tpa sipencatar  soal skd sttd materi tes sttd contoh soal sttd dan pembahasan ikatan dinas perhubungan buku sttd
Testimoni Buku Sipencatar Kemenhub 2020


Sekolah Kedinasan Kemenhub (Sekolah kedinasan Dephub) yang ada dibuka di pola pembibitan ada 18:
  • Politeknik Transportasi Darat Indonesia - STTD (PTDI STTD) Bekasi https://www.ptdisttd.ac.id/
  • Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal https://pktj.ac.id/
  • Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun https://ppi.ac.id/
  • Politeknik Transportasi Sungai Danau Penyeberangan (Poltrans SDP) Palembang http://www.poltektranssdp-palembang.ac.id/
  • Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali https://www.poltradabali.ac.id/
  • Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta https://stipjakarta.ac.id/
  • Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang https://pip-semarang.ac.id/
  • Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar http://pipmakassar.ac.id
  • Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya http://www.poltekpel-sby.ac.id/
  • Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Banten https://poltekpel-banten.ac.id/
  • Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Aceh http://www.poltekpelaceh.ac.id/
  • Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Sumatera Barat http://www.poltekpelsumbar.ac.id/
  • Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug https://ppicurug.ac.id/
  • Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Surabaya https://poltekbangsby.ac.id/
  • Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Makassar https://atkp-makassar.ac.id/poltekbang/
  • Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Medan https://www.poltekbangmedan.ac.id/
  • Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Palembang https://poltekbangplg.ac.id/
  • Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Jayapura


Sekadar mengingatkan jika dari beberapa sekolah kedinasan dibawah naungan Kemenhub ini, ada sekolah kedinasan yang sepi peminat dan ada yang banyak peminat (favorit). Dari data jumlah pendaftar sekolah kedinasan kemenhub yang dibandingkan dengan kuota (daya tampung) kemenhub maka dapat dianalisis tingkat keketatan masing-masing sekolah kedinasan.

(Berdasarkan data 2018)
ATKP Medan adalah sekolah kedinasan kemenhub paling favorit karena memiliki tingkat keketatan paling tinggi. Meskipun jumlah pendaftarnya tidak terlalu banyak namun daya tampung ATKP Medan sangat sedikit sehingga jika dikalkulasikan antara daya tampung (24 orang) dengan jumlah pendaftar (1.110 orang) maka tingkat persaingannya mencapai 1 banding 46. 1 orang yang lulus mengalahkan 46 orang.

Untuk sekolah kedinasan kemenhub dengan jumlah pendaftar terbanyak dan memiliki keketatan tinggi lainnya adalah API Madiun dengan jumlah pendaftar 4,339 orang yang kuotanya hanya 96 orang. Tingkat keketatannya mencapai 1 banding 45 orang.

Sedangkan sekolah kedinasan kementerian perhubungan yang paling favorit karena pendaftar terbanyak adalah STTD Bekasi (politeknik transportasi darat indonesia - sttd (PTDI STTD) yang mencapai 11,584. Namun, karena kuota alias daya tampungnya juga banyak hampir seribu (912 orang) maka tidak terlalu tinggi tingkat keketatan dibanding sekolah kemenhub lainnya yakni 1 banding 13 saja.


Selengkapnya bisa disimak tabel tingkat keketatan sipencatar kemenhub 2018 lalu:
Tingkat Keketatan Sekolah Kedinasan Kemenhub 2018

Tahun 2018 lalu hanya ada 11 Perguruan Tinggi di lingkungan kementerian perhubungan sedangkan Sipencatar Kemenhub 2020 tahun ini ada 18 Perguruan Tinggi Kemenhub (baik Politeknik atau Sekolah Tinggi).
  1. Soal PTDI STTD
  2. Soal PKTJ Tegal
  3. Soal PPI Madiun
  4. Soal Poltrans SDP Palembang 
  5. Soal Poltrada Bali 
  6. Soal STIP Jakarta 
  7. Soal PIP Semarang 
  8. Soal PIP Makassar 
  9. Soal POLTEKPEL Surabaya
  10. Soal POLTEKPEL Banten 
  11. Soal POLTEKPEL Aceh 
  12. Soal POLTEKPEL Sumatera Barat 
  13. Soal PPI Curug 
  14. Soal POLTEKBANG Surabaya 
  15. Soal POLTEKBANG Makassar 
  16. Soal POLTEKBANG Medan 
  17. Soal POLTEKBANG Palembang
  18. Soal POLTEKBANG Jayapura
Sudah menentukan pilihan mau daftar ke sekolah kedinasan kemenhub yang mana dan jurusan apa? Perhatikan baik-baik prodi, persyaratan dan formasi di setia

Berikut adalah penjelasan serta program studi dan Persyaratan Ijazah Kelulusan/Jurusan yang ada dalam 18 Sekolah Tinggi Kementerian Perhubungan.


Untuk Sipencatar Kemenhub terdapat dua jalur yaitu Pola Pembibitan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Pola Pembibitan Pemerintah Daerah (Pemda). Perbedaan Pola Pembibitan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Pola Pembibitan Pemerintah Daerah (Pemda) adalah:
  • Calon peserta pola pembibitan pemda untuk putra/putri yang berasal dari Daerah Pola Pembibitan/yang sudah MOU dengan sekolah dephub. Daftar daerah yang sudah kerjasama dengan dephum bisa cek di websitenya bpsdm.dephub.go.id. Sedangkan pola pembibitan kemenhub semua putra putri seluruh Indonesia bisa mendaftar.
  • Untuk pola pembibitan kemenhub melalui website pendaftaran melalui https://sscasn.bkn.go.id/ kemudian setelah itu di sipencatar.dephub.go.id sedangkan pola pembibitan pemda langsung di sipencatar.dephub.go.id
  • Berdasarkan pengalaman tahun 2017 sebenarnya untuk soalnya sama saja karena jenjang pendidikannya sama. Namun, bedanya adalah jika pola pembibitan pemda adalah dari usulan pemda setempat ke kemenhub, sedangkan jika pola pembibitan kemenhub nanti yang menganggat PNS adalah Kemenhub.

Syarat Pendaftaran SIPENCATAR KEMENHUB 2020

1. WNI

2. Usia maksimal 23 tahun dan minimal 16 tahun pada 1 September 2020 kecuali:

a. D-III LLU dan D-III MLLU minimal 18 tahun pada 1 Juli 2020

b. D-IV LLU minimal 17 tahun pada 1 Juli 2020

3. Persyaratan nilai (bukan pembulatan):a. Untuk lulusan 2019 dan sebelumnya, minimal 7,0b. Untuk lulusan 2020, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahuan pada 5 semester 70,00 dengan ketentuan saat pendaftaran ulang sudah dinyatakan lulus dengan menunjukkan Ijazah SMA/Sederajat(ketentuan nilai lebih lengkap dapat dilihat di sipencatar.dephub.go.id/panduan)

4. Tinggi badan minimal 160 cm (pria) dan 155 cm (wanita), kecuali:a. Program studi D-III PPKP minimal 165 cmb. Program studi D-III OBU pria minimal 165 cm, wanita minimal 160 cm

5. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS dan bebas narkoba

6. Calon Taruna tidak bertato/memiliki bekas tato dan tidak ditindik/memiliki bekas tindik kecuali ketentuan agama/adat (dibuktikan dengan surat keterangan dari pemuka agama/adat). Khusus untuk Taruni, tidak bertindik dan berlubang selain di telinga (kiri dan kanan)

7. Calon Taruni tidak bertato/memiliki bekas tato dan tidak ditindik/memiliki bekas tindik anggota badan lainnya selain teliga dan tidak berlubang tindik di telinga lebih dari 1 pasang (kiri dan kanan).

8. Memiliki penglihatan normal dan tidak buta warna baik parsial maupun total

9. Tidak sedang menjalani atau terancam hukuman pidana karena kejahatan

10. Belum pernah diberhentikan dengan tidak hormat atau mengundurkan diri sebagai taruna/taruni di perguruan tinggi lingkungan Kemenhub

11. Bersedia menaati peraturan Pola Pembibitan

12. Bersedia diberhentikan tidak hormat bila melakukan tindakan kriminal seperti mengkonsumsi dan memperjualbelikan narboka, melakukan tindak kekerasan, melakukan tindakan asusila dan penyimpangan seksual

13. Dinyatakan gugur bila terbukti memalsukan identitas/dokumen

14. Bersedia melakukan pembayaran biaya pendaftaran sesuai dengan perguruan tinggi yang dituju (besara biaya dapat diilihat di sipencatar.dephub.go.id)

15. Bersedia menandatangani Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni bermaterai 6000

16. Khusus program studi D-III PPKP (Penyelamatan Pemadam Kebakaran Penerbangan) hanya menerima pendaftar PRIA

17. Khusus program studi di PTDI-STTD bersedia mengikuti pendidikan di kampus yang ditentukan PTDI-STTD sesuai program studi yang dipilih

18. Memiliki surat elektronik/e-mail dan nomor telepon yang masih aktif dan valid

Lulusan dari sekolah kedinasan kemenhub ini akan diangkat menjadi CPNS atau sekarang disebut ASN (aparatur sipil negara). Tentu untuk bisa masuk menjadi taruna/taruni kemenhub ini ada serangkaian tes yang dilalui. Salah satunya adalah mengerjakan SOAL SIPENCATAR KEMENHUB. Soal-soal ini lumayan langka karena di toko buku jarang sekali tersedia. Bahkan di gramedia pun buku yang yang covernya seperti gambar tersebut tidak ada.

Contoh Soal Sipencatar Kemenhub 2020 ini  berisi : Tes Kemampuan Verbal, Tes Kemampuan Kuantitatif, Tes Kemampuan Penalaran, Tes Matematika, Tes Fisika, Tes Bahasa Inggris, Kunci Jawaban dan Pembahasan dan prediksi Sipencatara KEMENHUB.

KLIK => Latihan Soal Sipencatar Kemenhub

Buku Soal Sipencatar 2020 berisi:
  • Prediksi Soal SKD 2020 dan pembahasan
  • Try SKD 2020 dan pembahasan (3 paket)
  • Prediksi Soal Tes Akademik 2019 & 2020 dan pembahasan
  • Soal Tes Akademik 2017, 2014, 2012 & 2011 dan Pembahasan
  • Kumpulan Tes Psikologi
  • Materi SKD Kemenhub
  • Materi Bahasa Inggris
  • Materi Matematika
  • Materi Fisika
Buku lengkap mulai dari seleksi: Soal SKD, Tes Potensi Akademik & Psikotes dengan tebal sekitar 315 halaman

Daripada download soal sipencatar kemenhub PDF 2018 yang tidak lengkap atau tidak ada pembahasan, lebih baik belajar dari Buku Sipencatar Kemenhub 2020 yang komplit dari tahun ke tahun. Tidak ada tips lulus sipencatar kemenhub selain mempersiapkan diri sejak awal dan punya bahan untuk belajar. Dan berikut ada testimoni lulus sekolah kedinasan kemenhub:
Testimoni Lulus Sipencatar Kemenhub



Segera miliki buku sipencatar kemenhub 2020 terbaru
dengan klik di bawah ini:


INFORMASI SIPENCATAR KEMENHUB 2020

MOHON DIBACA PELAN-PELAN dan TELITI sampai habis agar PAHAM.

























Akhirnya, semoga informasi dan soal-soal tersebut dapat membantumu untuk bisa lolos Sipencatar Kemenhub menjadi taruna/taruni di sekolah ikatan dinas 2020. Selamat berjuang 18 Sekolah Tinggi Kementerian Perhubungan 2020. Mari persiapkan tes sipencatar kemenhub 2020 dengan maksimal. Semoga Anda menjadi taruna/taruni di salah satusekolah ikatan dinas kemenhub 2020.

Soal STTD Bekasi
Soal PKTJ Tegal
Soal API Madiun
Soal STIP Jakarta
Soal PIP Semarang
Soal PIP Makassar
Soal Poltekpel Surabaya
Soal STPI Curug
Soal Politeknik Penerbangan Surabaya
Soal ATKP Makassar
Soal ATKP Medan
dan masih banyak lagi

Semoga sukses tes sipencatar kemenhub 2020 dan lulus sipencatar kemenhub 2020
buku sipencatar kemenhub 2020 11 sekolah kedinasan kemenhub contoh soal sipencatar kemenhub 2020 download soal TPA SKD TKD Psikotes Bahasa Inggris pendaftaran sipencatar ikatan dinas kemenhub 2020 11 sekolah tinggi kementerian perhubungan 11 sekolah kedinasan kemenhub 11 sekolah tinggi kemenhub sekolah tinggi kemenhub sekolah ikatan dinas perhubungan soal tes sttd soal sttd soal tpa sttd soal tpa sipencatar  soal skd sttd materi tes sttd contoh soal sttd dan pembahasan ikatan dinas perhubungan buku sttd ikatan dinas kemenhub download soal sipencatar buku sipencatar 2020 buku kedinasan 2020  Soal STTD Bekasi  Soal PKTJ Tegal  Soal API Madiun  Soal STIP Jakarta  Soal PIP Semarang  Soal PIP Makassar  Soal Poltekpel Surabaya  Soal STPI Curug  Soal Politeknik Penerbangan Surabaya  Soal ATKP Makassar  Soal ATKP Medan
Buku Sipencatar Kemenhub 2020

Pesan buku kemenhub 2020 melalui:
Shopee klik => Buku Kemenhub 2020 <=

atau jika tidak ada SHOPEE
bisa Whatsapp ke 085785087038



Lihat juga soal kedinasan lain klik dibawah ini:

Keyword:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel