SOAL SPMB POLSTAT STIS DAN PEMBAHASAN LENGKAP 2018

Pendaftaran STIS 2018 dibuka mulai tanggal 9 April, namun tidak ada salahnya mulai dari sekarang mempersiapkan diri lebih awal STIS SPMB. Bukankah semakin cepat semakin baik? STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) atau sekarang disebut Polstat (Politeknik Statistika) termasuk dalam perguruan tinggi kedinasan program Diploma IV dibawah naungan Badan Pusat Statistik langsung sejak 1958.

buku stis, polstat stis, soal stis dan pembahasan
Pesan Buku di sini atau SMS/WA ke 085785087038 (SMS/WA)

  BAHAYA KARENA STOCK TERBATAS!


Mau dalam bentuk soal STIS PDF yang lebih cepat?
Bisa klik => SOAL STIS PDF DAN PEMBAHASAN
Kemudian isi username, pasword, email, no hp

STIS memberikan kesempatan para lulusan SMA/MA untuk menjadi ahli statistik yang berkualitas di masa mendatang. Perlu diketahui juga, tidak ada syarat masuk STIS tinggi badan. Artinya, semua orang punya kesempatan yang sama untuk Lolos STIS tanpa dipandang dari postur tubuh.


JURUSAN STIS

Jurusan atau prodi STIS terdiri dari Jurusan Statistik dan Jurusan Statistik. 
  • Jurusan Statistika ini terbagi dalam 2 bidang peminatan, yaitu (1) Statistika Ekonomi yang mempelajari statistik terapan bidang ekonomi, misalnya analisis data statistik harga-harga, produk domestik regional bruto, dan lain sebagainya. (2) Statistika Sosial Kependudukan bertujuan mempelajari statistik terapan bidang statistik sosial, kependudukan, dan demografi.
  • Jurusan Komputasi Statistik, bertujuan mempelajari teknik pengolahan data, membuat program, analisis data serta teknik penyusunan sistem informasi statistik.

Politeknik Statistika STIS akan menerima kembali mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 yang berstatus ikatan dinas sebanyak 600 orang dengan rincian:
  • Program Studi Diploma III Statistika (150 orang)
  • Program Studi Diploma IV Statistika ( 300 orang)
  • Program Studi Diploma IV Komputasi Statistik ( 150 orang)
Lulusan Program Diploma III akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) Golongan II/c dan ditugaskan pada wilayah-wilayah di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung, serta semua Provinsi di Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Kalimantan.

Sementara lulusan Program Diploma IV akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) Golongan III/a dan akan ditugaskan sebagai tenaga ahli statistika/komputasi statistik di kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat/Propinsi/Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia.

Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan di STIS dan akan diberikan uang saku (tunjangan ikatan dinas) sesuai ketentuan/peraturan yang berlaku.


SISTEM SELEKSI STIS

Tahun ini, Polstat STIS menerima mahasiswa baru melalui dua:

Jalur Ikatan Dinas merupakan jalur seleksi untuk lulusan SMA/MA. Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan mendapatkan tunjangan ikatan dinas sesuai peraturan yang berlaku. Lulusan Poltstat STIS jalur ikatan dinas wajib bekerja di lingkungan BPS dan kementerian/instansi lain di seluruh Indonesia sesuai penempatannya selama masa ikatan dinas.

Jalur Tugas Belajar (TB) merupakan jalur seleksi bagi mereka yang memiliki status sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN/BUMD, TNI/POLRI, dan/atau instansi lain, serta telah menyelesaikan pendidikan SMA/MA. Ditugasi oleh instansi terkait untuk mengikuti pendidikan di Polstat STIS. Biaya pendidikan ditanggung oleh instansi yang memberi tugas.

Sayangnya banyak yang belum tau kelebihan kuliah di Polstat STIS ini. Selain biayanya gratis, dapat uang saku 1 juta perbulan, dan langsung mendapat pekerjaan sebagai aparatur sipil negara (ASN) di Badan Pusat Statistik.

SYARAT PENDAFTARAN STIS

Untuk dapat mengikuti seleksi PMB Politeknik Statistika STIS, calon mahasiswa harus memenuhi syarat-syarat berikut:
  1. Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba.
  2. Program Diploma IV (450 mahasiswa): Lulusan SMA/MA Jurusan IPA; atau Siswa SMA/MA Jurusan IPA Tahun Ajaran 2017/2018 kelas XII; Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 pada rapor kelas XII semester I;
  3. Program Diploma III (150 mahasiswa): (Khusus Pendaftar yang berdomisili pada Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung, serta semua Provinsi di Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Kalimantan) Lulusan SMA/MA Jurusan IPA; atau Siswa SMA/MA Jurusan IPA/IPS Tahun Ajaran 2017/2018 kelas XII; Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 pada rapor kelas XII semester I;
  4. Umur tidak lebih dari 22 tahun per 1 Oktober 2018.
  5. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS;
  6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
  7. Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS.
  8. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
  9. Setelah lulus pendidikan di STIS, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota.

Cara Pendaftaran STIS

  1. Mendaftar secara online di website (https://sscndikdin.bkn.go.id)
  2. Melengkapi data di website www.stis.ac.id/spmb
  3. Mendapatkan nomor pendaftaran dan kode pembayaran
  4. Membayar biaya seleksi sesuai kode pembayaran
  5. Mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM) di website
Catatan: prosedur pendaftaran bagi calon pendaftar jalur tugas belajar dapat dilihat di website Polstat STIS

Jadwal Pendaftaran Online Jalur Ikatan dinas tanggal 9-30 April 2018
Jadwal Pendafttaran Online Jalur Tugas Belajar tanggal 9-30 April 2018

JADWAL KEGIATAN PMB POLITEKNIK STATISTIKA STIS TAHUN 2018



TAHAP SELEKSI STIS

Ada 4 tahapan yang harus dilalui:
  • Tahap I: Tes Potensi Akademik meliputi: Matematika 
  • Tahap II: Tes Kemampuan Dasar (TKD)/Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  • Tahap III: Tes Psikotes
  • Tahap IV: Tes Kesehatan
Lokasi ujian di 33 provinsi di seluruh Indonesia.

Setiap tahapan seleksi dilaksanakan di seluruh Ibukota Propinsi dan beberapa Ibukota Kabupaten secara serentak dan berlaku sistem gugur. Tes tahap I (potensi akademik) dilakukan sendiri oleh Politeknik Statistika STIS. Tes Tahap II (Tes Kemampuan Dasar) dilakukan bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Tes tahap IV (Tes Kesehatan dan Kebugaran) dilaksanakan bekerjasama dengan Rumah Sakit TNI/Polri di masing-masing propinsi.

Jadi persiapkan bekal tes masuk STIS seawal dan sebaik mungkin. Bisa dimulai dengan belajar Soal STIS agar tidak kaget dengan tipe soal yang diujikan. 


buku stis, polstat stis, soal stis dan pembahasan


Buku Soal POLSTAT STIS ini bisa dibilang langka ya
bisa Pesan Buku di sini atau SMS/WA ke 085785087038 (SMS/WA)
stok buku terbatas dan gratis ongkos kirim

AWAS! BUKU INI BISA MENYEBABKANMU LOLOS STIS dengan izin Tuhan

Kalau bukan sekarang? kapan lagi?

Sekian informasi tentang STIS. Semoga kamu menjadi bagian dari POLSTAT STIS 2018. Jangan tunda-tunda untuk mulai mempersiapkan diri demi masuk sekolah kedinasan. Kamu pasti bisa!

sumber informasi: http://stis.ac.id/admission/adm-umum-overview.html

Baca juga: SOAL STSN

0 Response to "SOAL SPMB POLSTAT STIS DAN PEMBAHASAN LENGKAP 2018"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel