Tidak Lulus SNBP ? Cek 4 Jalur Lain Selain SNBP - PAGUNPOST -->

Tidak Lulus SNBP ? Cek 4 Jalur Lain Selain SNBP

Bagi yang Lolos SNBP 2024 tentu sangat berbangga karena mereka tidak perlu lagi berjuang di jalur lain. Jika sudah Lulus SNBP otomatis tidak bisa ikut SNBP ya..

Namun, bagaimana nasib mereka yang tidak lolos SNBP? Lebih sakit mana tidak eligible dari awal daripada tidak lolos SNBP sekarang? Sabar ya, memang belum rejeki.


Bagi Anda yang tidak lulus SNBP, semoga termasuk dalam tipe orang yang tidak mudah menyerah untuk berjuang di jalur selain SNBP.
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah: 216)
Yang Tidak Lulus SNBP, yakinkan dalam hati "Kalau seadainya saya lulus di sana, mungkin tidak berkah, saya nggak bakal betah, dapat teman yang tidak baik, atau sering sakit. 

Terima saja takdir hasil SNBP ini. Terima dengan ikhlas dan yakin rencana Allah lebih baik. Ini saatnya saya berjuang di jalur selain SNMPTN. 

Saya yakin Tuhan akan membalas usaha saya dengan setimpal.

Jalur Selain SNBP

Pepatah mengatakan, mati satu tumbuh seribu: tidak lulus SNBP masih terbuka jalur lain yang tersedia. Kali ini saya akan memberikan informasi tentu jalur-jalur masuk perguruan tinggi yang sedang dibuka dan akan dibuka setelah pengumuman SNBP. 

Saya berharap, kalian tetap semangat untuk mengejar jalur lain ini. Manfaatkan sisa waktu sebaik-baiknya. Tak ada gunannya untuk larut dalam kesedihan. Usap air mata, dan lekas cari info tentang pendaftaran jalur lain.

1. SBMPTN / SNBT

Jangan lupa untuk buat akun SNPMB dulu ya. Ada jadwalnya dan bisa cek di website resminya.

2. UM PTKIN

UM-PTKIN nampaknya terdengar asing bagi sebagian orang. UMPTKIN adalah Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN/IAIN/STAIN melalui pengerjaan soal. Sistem seleksinya serentak nasional seperti SNBT. Namun, soal umptkin agak berbeda dengan SNBT karena jurusan yang ditawarkan cenderung beda. Ada soal Literasi Keislaman dan biasanya ada Bahasa Arab juga.

Boleh banget kok ikut SNBT dan UMPTKIN sekaligus. 

Saya dulu mendaftar SBMPTN dan UMPTKIN dengan rencana apabila tidak lolos SBMPTN masih punya harapan di UM PTKIN. Jadi, mulai sekarang kalian juga bisa mendaftar kedua jalur ini (SBMPTN & UMPTKIN). 
Baca juga: Jurusan-jurusan yang ada di UM PTKIN
Seandainya tidak lolos SBMPTN, masih ada harapan di UMPTKIN jika ikut um ptkin. Optimis harus, tapi planning juga penting. Intinya, siapkan jalur cadangan yang kamu suka. Cadangan tidak harus UMPTKIN.

***
Mau Soal UM PTKIN?
***

3. Sekolah Kedinasan

Biasanya pendaftaran Sekolah Kedinasan sekitar bulan April. 

Jika pendaftaran dibuka dan syarat ketentuan sudah tersedia, manfaatkan waktu pendaftaran sebaik-baiknya karena persyaratan berkas-berkas cukup merepotkan. Nggak apa-apa susah-susah diawal jika akhirnya bakal jadi CPNS atau ASN. Setiap dari kamu hanya boleh memilih salah satu Sekolah Kedinasan saja ya! 


4. Ujian Mandiri

Jalur Mandiri ini bisa dibilang jalur masuk terakhir untuk ke PTN maupun PTKIN. Setiap universitas biasanya berbeda-beda dalam menetapkan jadwal seleksi jalur mandiri. Ada beberapa kampus yang biasanya menggunakan UTBK untuk mendaftar jalur mandiri juga. Jadi, mungkin nanti tidak perlu ikut tes lagi. Setiap kampus punya kebijakan masing-masing.

Namun, masih ada universitas lain yang menerapkan jalur mandiri dengan cara mengerjakan soal lagi. Pendaftaran jalur mandiri tiap univ tadi beda-beda. Jadi kalian harus aktif dalam mencari informasi kapan pendaftaran jalur mandiri. Mau jadi mahasiswa harus berusaha sendiri mencari informasi.

Selain jalur mandiri PTN dan PTKIN (UIN/IAIN/STAIN), masih ada beberapa pendaftaran universitas swasta, sipenmaru poltekkes, politeknik negeri juga bisa jadi pertimbangan bila kamu berminat.


Di sini saya juga memberikan tips kepada kalian. Bila ada kesalahan silahkan dikoreksi. Dan saran ini tidak wajib kalian taati. Kalian sendiri yang memilih karena diri kalian sendiri yang bakal menentukan jalan hidup di masa mendatang.
  • Punya banyak cadangan. Misalnya, nanti kalau nggak lulus SNBT mau daftar di mana aja. Kalau nggak lulus di universitas ini bakal daftar ke mana. Itu harus kalian pikirkan baik-baik.
  • Cek jadwal pendaftaran, jadwal tes, jadwal pengumuman dan jadwal daftar ulang pada masing-masing jalur. Jangan sampai ada jadwal yang tabrakan. Dan usahakan menghemat biaya pendaftaran seirit mungkin dengan mengecek durasi pendaftaran. Misalnya durasi pendaftaran lama dan masih dibuka setelah pengumuman maka tunggu dulu pengumuman jalur saat ini. Namun kalau menunggu pengumuman jalur ini tapi jalur lain sudah tutup pendaftaran maka bisa daftar aja sekaligus sekarang. Seperti: kalian bisa mendaftar SBMPTN dan UMPTKIN bersamaan. Karena kalau menunggu pengumuman SBMPTN sudah tutup pendaftaran UMPTKIN. klik => Gratis Latihan UMPTKIN
  • Perhatian Uang Pangkal jalur mandiri. Beberapa universitas mematok uang gedung yang cukup tinggi untuk jalur mandiri meski ada juga yang bisa pakai KIP Kuliah. Ini bukan jalur belakang atau lewat orang dalam. Jalur Mandiri ini jalur resmi dan biasanya di website universitas sudah tertera nominal uang pangkal. Sehingga jangan pakai soggok menyogok karena biaya uang pangkal sudah resmi dari pihak kampus. 
  • Produktif. Mungkin ada yang menanggap "ah ujiannya masih lama mending liburan aja dulu masih capek habis ujian sekolah". Padahal kalian harus sadar bahwa ada yang mencuri start belajar jauh lebih dulu dari kalian. Perlu diingat juga bahwa jalur SNBT saingannya bukan hanya teman seangkatan namun juga para alumni. Namun, tidak ada kata terlambat. Manfaatkan sisa waktu dengan sebaik-baikknya. 

Sekian informasi yang dapat saya berikan. Saya doakan, kamu mendapatkan universitas terbaik yang sesuai dengan dirimu. Jangan menyerah sebelum berjuang sekuat tenaga demi mendapatkan bangku universitas yang kamu idamkan. Iringi usaha dengan doa supaya hasilnya maksimal. Yakinlah dengan setiap rencana Tuhan yang Maha Kuasa.

SNBP bukan akhir segalanya.
Bangkitlah, rencana Tuhan adalah yang terbaik. 

Semangat berjuang, para calon mahasiswa dimana pun kampus kalian!

“Setiap orang memiliki jatah gagal. Habiskan jatah gagalmu ketika kamu masih muda.”  (Dahlan Iskan)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel