SOAL CATAR POLTEKIP DAN POLTEKIM KEMENKUMHAM KEDINASAN 2018

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2018 telah dibuka sejak tanggal 9 April 2018 sampai 30 April 2018. Bagi kamu yang ingin menjadi bagian Taruna/Taruni Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) dan Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) tidak ada salahnya untuk menyimak syarat pendaftaran sekolah kedinasan online POLTEKIP dan POLTEKIM 2018. Baca informasi dibawah ini dengan seksama dan teliti sampai selesai.

buku soal catar poltekip poltekim kemenkumham kedinasan soal dan pembahasan

Mau PESAN BUKU CATAR POLTEKIP & POLTEKIM 2019?
Silahkan PESAN dengan cara  => klik disini
Hanya yang terdaftar sebagai pemesan yang akan DIHUBUNGI saat buku sudah terbit.
PESAN aja dulu. BAYAR jika sudah TERBIT.

PERSYARATAN POLTEKIP DAN POLTEKIM 2018

  1. Warga Negara Republik lndonesia.
  2. Pria/Wanita.
  3. Pendidikan SLTA sederajat dengan nilai rata-rata yang terdapat dalam ijasah sekurang-kurangnya 7,0 (skala penilaian 1-10) / 70 (skala penilaian 10-100) / 2,85 (skala penilaian 1-4) / B (skala penilaian 1-4 dengan huruf) dan nilai Bahasa lnggris pada raport kelas XII sekurang-kurangnya 7,0 (skala penilaian 1-10) / 70 (skala penilaian 10-100) / 2,85 (skala penilaian 1-4)  / B (skala penilaian 1-4 dengan huruf).
  4. Khusus untuk lulusan SLTA sederajat dari wilayah Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua dan Papua Barat diberikan afirmasi berupa nilai rata-rata yang terdapat dalam ijasah sekurang-kurangnya 6,2 (skala penilaian 1-10) / 62 (skala penilaian 10-100) / 2,51 (skala penilaian 1-4) / B- (skala penilaian 1-4 dengan huruf) dan nilai Bahasa lnggris pada raport kelas XII sekurang-kurangnya 6,2 (skala penilaian 1-10) / 62 (skala penilaian 10- 100) / 2,51 (skala penilaian 1-4) / B- (skala penilaian 1-4 dengan huruf).
  5. Usia pada tanggal 1 April 2018 serendah-rendahnya 17 tahun dan tidak lebih dari 22 tahun (di buktikan dengan akte Kelahiran/surat keterangan lahir).
  6. Tinggi Badan minimal Pria 165 cm, Wanita minimal 158 cm, berat badan seimbang (ideal) berdasarkan hasil pengukuran yang dilaksanakan pada saat verifikasi dokumen asli.
  7. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS, bebas narkoba, tidak memakai kacamata dan/atau softlens, tidak tuli, dan tidak buta warna.
  8. Bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama.
  9. Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindiklbekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 'l pasang (telinga kiri dan kanan)
  10. Belum pemah menikah dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Lurah/ Kepala Desa dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  11. Bersedia ditempatkan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan lmigrasi di seluruh Wilayah lndonesia.
  12. Tidak pernah putus studi/ drop out (DO) dari POLITEKNIK ILMU PEMASYARAKATAN dan POLITEKNIK IMIGRASI dan atau Akademi/Sekolah Kedinasan Pemerintah lainnya;
  13. Membuat dan mengisi formulir pernyataan dan melengkapi surat-surat keterangan lainnya setelah dinyatakan diterima sebagai Calon Taruna/Taruni.
  14. Tidak sedang menjalani ikatan dinas/ pekerjaan dengan instansi/ perusahaan lain.
  15. Bagi pelamar yang telah diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil Kementerian Hukum dan HAM, selain harus memenuhi persyaratan diatas (angka 1 s.d. 13), juga harus memenuhi syarat:
a. Mendapatkan persetujuan untuk mengikuti pendidikan ikatan dinas dengan pangkat/gol. ruang setinggi-tingginya Pengatur Muda Tk.l/ (ll/b) dibuktikan dengan surat pengantar dari Pejabat Pimpinan Tinggi (Pimpinan Unit Eselon I atau Kepala Kantor Wilayah);
b. Umur pada tanggal 1 April 2018 setinggitingginya 25 tahun, yang dibuktikan dengan akte/surat keterangan lahir;
c. Tidak dalam proses pemeriksaan atau sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 201A, dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Satuan Kerja,
d. PPKP tahun 2016 dan PPKP tahun 2O17 minimal bemilai baik dan seluruh komponen /unsur penilaian PPKP minimal baik serta telah membuat SKP tahun 2018 pada sistem informasi manajemen kepegawaian (Sl MPEG);
e. Hanya mendaftar di 1 (satu) program pendidikan yang sesuai dengan formasi asal PNS {PNS di Jajaran Pemasyarakatan hanya boleh mendaftar di Politeknik llmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) dan PNS di jajaran lmigrasi hanya boleh mendaftar di POLTEKTM).

----

Kuota Formasi Sekolah Kedinasan Politeknik llmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) 2018 adalah 300 Taruna/Taruni terdiri dari:
Pria: 225 Taruna
Wanita: 75 Taruni

Kuota Formasi Sekolah Kedinasan Politeknik lmigrasi (POLTEKIM) 2018 adalah 300 Taruna/Taruni terdiri dari:
Pria: 225 Taruna
Wanita: 75 Taruni

Pelamar dari Pegawai untuk Formasi Sekolah Kedinasan Politeknik llmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) dan Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) dengan kriteria Pegawai yang telah diangkat sebagai PNS Kementerian Hukum dan HAM kuota formasi masing-masing paling banyak berjumlah 10 orang (diluar formasi pada angka 1 dan 2 ).

  • Politeknik llmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) merupakan pendidikan sekolah kedinasan Diploma lV di bidang teknis Pemasyarakatan dengan program kuliah selama 4 (empat) tahun setara dengan Strata 1 (S-1), yang akan ditempatkan dalam Jabatan Penelaah Status Warga Binaan Pemasyarakatan atau Analis Pemasyarakatan.
  • Politeknik lmigrasi (POLTEKIM) merupakan pendidikan sekolah kedinasan Diploma lV di bidang teknis Keimigrasian dengan program kuliah selama 4 (empat) tahun setara dengan Strata 1 (S-1), yang akan ditempatkan dalam Jabatan Analis Keimigrasian.
  • Seluruh proses pelaksanaan seleksi berlokasi di Jakarta
  • Bagi calon Taruna/Taruni sekolah kedinasan yang dinyatakan lulus tahapan seleksi akhir (kelulusan akhir) wajib mengikuti pendidikan dan tidak disediakan asrama;
  • Peserta dalam rnengikuti seleksi tidak dipungut biaya.
  • Seluruh peserta pada tahapan Seleksi Kompetensi Dasar, kelulusannya didasarkan pada nilai ambang batas sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.


CARA PENDAFTARAN CATAR POLTEKIP DAN POLTEKIM 2018

  • Buka website https://sscndikdin.bkn.go.id. Kemudian lakukan Registrasi pada bagian kanan atas (https://sscndaftar.bkn.go.id/registrasi)
  • Masukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), KK (Kartu Keluarga), email aktif, Ijazah Sekolah Menengah Atas atau sederajat dan data-data yang dibutuhkan.
  • Setelah berhasil daftar atau registrasi, silahkan login ke https://sscndikdin.bkn.go.id dengan memilih tombol LOGIN yang tertera di sudut kanan atas. Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan.
  • Klik SIMPAN. Dan Cetak Kartu Informasi Akun apabila lupa mencetak kartu saat mendaftar.
  • Selanjutnya pilih menu DAFTAR untuk melanjutkan proses pendaftaran sekolah kedinasan yang dituju.
  • Pilih Sekolah Kedinasan yang dituju. Pelamar diwajibkan membaca serta memahami pengumuman dan persyaratan Sekolah Kedinasan yang akan dipilih. Pelamar hanya dapat memilih 1 (satu) Sekolah Kedinasan saja
  • Setelah Mendaftar lalu memilih lembaga pendidikan yang diminati. Apabila pelamar diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur; kalau kamu minat POLTEKIP silahkan pilih POLTEKIP. Jika kamu ingin masuk POLTEKIM silahkan pilih POLTEKIM. INGAT! hanya bisa memilih 1 saja.

  • Setelah selesai memilih sekolah ikatan dinas, selanjutnya melakukan pengisian formulir formulir pendaftaran online {e-registration) ke http://catar.kemenkumham.go.id/
  • Login/Masuk ke http://catar.kemenkumham.go.id/ menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan melalui portal SSCN untuk melanjutkan proses pendaftaran di portal Sekolah Kedinasan. Bagi pelamar yang tidak melanjutkan proses ke portal Sekolah Kedinasan, maka data tersebut tidak akan diproses ke tahap berikutnya.
  • Melengkapi persyaratan yang tertera di sana.


SELEKSI DENGAN SISTEM GUGUR MELALUI TAHAPAN

  1. Seleksi Administrasi (Verifikasi Berkas Unggah, verifikasi berkas asli dan pengukuran tinggi badan). Setelah lulus pengumuman seleksi administrasi poltekip dan poltekim selanjutnya adalah tahap tes SKD.
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).
  3. Seleksi Lanjutan:
a. Seleksi Kesehatan.
b. Seleksi Kesamaptaan.
c. Seleksi Tulis Psikotes dan Wawancara Psikotes.
d. SeleksiWawancara, Pengamatan Fisik dan Keterampilan (WPFK).

Perlu diingat bahwa sistem seleksi menerapkan sistem GUGUR. Artinya bila kamu gagal dalam satu tahap berarti kamu sudah dinyatakan GAGAL. Untuk itu perlu mempersiapkan mulai dari sekarang terutama Soal Catar Poltekip dan Poltekim pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Ini penting untuk diperhatikan karena banyak pelamar yang tidak belajar soal-soal tahun sebelumnya.

Bagi kamu yang berminat untuk memiliki Soal Catar Poltekip dan Poltekip bisa hubungi Silahkan PESAN dengan cara  => klik disiniHanya yang terdaftar sebagai pemesan yang akan DIHUBUNGI saat buku sudah terbit. PESAN aja dulu. BAYAR jika sudah TERBIT.

. Ini hanya soal untuk latihan yang didasarkan pada soal-soal tahun lalu. Semoga membantu dalam Seleksi Kompetensi Dasar.

buku soal catar poltekip poltekim kemenkumham kedinasan soal dan pembahasan
Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga menambah informasi yang bermanfaat buat kamu yang mau masuk Poltekip dan Poltekim Kemenkumham 2018. Semangat Calon Taruna/Taruni 2018! Semoga kamu Lolos ya!

 Calon Menantu Idaman adalah Lulusan Pendidikan Kedinasan!

Baca juga: Soal IPDN dan Pembahasan

0 Response to "SOAL CATAR POLTEKIP DAN POLTEKIM KEMENKUMHAM KEDINASAN 2018"

Posting Komentar

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel